Insulasi Atap

Rumah Anda terasa panas? Nah, ini pertanda harus memasang insulasi atap yang bikin rumah sejuk kapan pun. Cek manfaat, jenis, dan info lebih lengkapnya disini.


Untuk meningkatkan kenyamanan pada tempat tinggal banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satu yang kini semakin sering digunakan adalah pemasangan insulasi atap yang berfungsi untuk meredam panas.

Bahkan tidak hanya tempat tinggal, namun kawasan perkantoran, pabrik dan kawasan industri sudah banyak yang menerapkannya.

Adanya insulasi atap berguna untuk membuka sirkulasi udara, insulasi juga mampu meredam panas sehingga membuat ruangan jauh lebih sejuk dibandingkan rumah yang tidak menggunakan insulasi.

Apa manfaat dan jenisnya? Berikut pembahasannya.

Manfaat Insulasi Atap

1. Mengurangi Penggunaan Pendingin & Pemanas Ruangan

Salah satu manfaat dari pemasangan insulasi adalah mengurangi penggunaan sistem pendingin maupun pemanas ruangan.

Keadaan rumah yang jauh lebih sejuk maka AC tidak akan terlalu diperlukan jika tidak dalam keadaan mendesak.

Tentu saja dengan begitu akan mempengaruhi besaran listrik yang dipakai setiap bulannya.

2. Hemat Biaya

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan bahwa penggunaan insulasi mampu membuat ruangan di dalam rumah terasa sejuk dan nyaman.

Dengan begitu maka penggunaan listrik untuk pendingin ruangan lebih bisa diminimalisir sehingga secara otomatis akan menghemat biaya yang dikeluarkan per bulan secara berkala.

3. Meningkatkan Kenyamanan

Suasana rumah yang tidak pengap dan panas tentu akan memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah. Hal inilah yang salah satu faktor seseorang semakin betah untuk berlama-lama di rumah karena suasana rumah yang menyejukkan dan sangat nyaman.

4. Mengurangi Kebisingan

Tidak hanya mampu membuat rumah menjadi sejuk karena panas tidak bisa menerobos masuk, insulasi juga mampu mengurangi kebisingan.

Oleh karena itulah pemasangan ini sudah diterapkan pada studio music maupun industri-industri besar agar suara bising dari luar tidak mengganggu kegiatan di dalam ruangan.

5. Memperlambat & Mencegah Kebocoran Udara

Manfaat lain dari pemasangan insulasi adalah mampu memperlambat dan mencegah kebocoran udara.

Hal ini membuat rumah menjadi awet terutama di bagian atapnya. Rumah yang tidak menggunakan insulasi akan riskan terkena kebocoran udara sehingga membuat atap juga lebih mudah bocor dan berdampak ketika cuaca hujan datang.

6. Membantu Meningkatkan Ketahanan Bangunan Terhadap Api

Rumah dengan atap yang diinsulasi akan lebih tahan terhadap api. Apabila terjadi kebakaran bangunan tidak akan mudah terbakar dan menyebar ke seluruh bangunan karena sudah dilapisi dengan bahan insulasi.


Jenis-Jenis Insulasi Atap

1. Glasswool

Insulasi Glasswool
Sumber Gambar: PublicDomainPictures dari Pixabay.com

Jenis insulasi ini terbuat dari fiberglass yang diambil seratnya dengan pengolahan khusus. Seringkali dijumpai glasswool ini pada studio musik atau pabrik karena memiliki kemampuan meredam suara yang bagus.

Ruangan juga akan jauh lebih sejuk dengan penggunaan insulasi jenis ini. Ruangan selain sejuk karena panas tidak masuk juga akan tetap dalam keadaan kondusif karena bebas dari kebisingan yang berasal dari luar ruangan.

2. Polyester

Insulasi Atap 2019
Sumber Gambar: Pixabay.com

Terbuat dari serat sintesis yang ringan sehingga akan membuat lebih mudah proses pemasangannya. Selain itu juga memiliki usia penggunaan yang cukup panjang dan ramah lingkungan sehingga akan membuat hidup menjadi lebih baik.

Namun harus diperhatikan bahwa jenis ini mudah terbakar sehingga harus berhati-hati dalam penggunaannya.

Agar lebih aman sebaiknya jauhkan dari kabel listrik yang biasa diselipkan pada atap rumah karena akan riskan menyebabkan kebakaran pada bangunan.

3. Polyurethane Foam

Insulasi Atap Polyester
Sumber Gambar: Pixabay.com

Jika jenis lainnya berbentuk lembaran, maka polyurethane foam berupa busa yang disemprotkan.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah yaitu dengan menyemprotkan busa ke area atap yang akan diinsulasi menggunakan mesin spray.

Insulasi ini tidak meninggalkan debu, bau dan tahan lama. Busa yang langsung menempel pada media membuat panas tidak bisa merambat masuk.

4. Bubble Foil

Insulasi Atap Bubble Foil
Sumber Gambar: Pixabay.com

Untuk jenis insulasi atap ini terbuat dari alumunium dengan bubble di lapisan permukaannya.

Bahannya lentur sehingga mudah untuk dibentuk ketika dipasang. Hal ini dikarenakan bubble foil mampu menyesuaikan bentuk atap sehingga lebih maksimal dalam mencegah panas.

Untuk jenis ini biasanya dijual dalam bentuk roll sehingga jumlahnya lebih banyak. Selain mampu mencegah panas masuk ke dalam ruangan, bubble foil ini juga mampu mencegah dari kebocoran udara.


Kriteria Insulasi Atap yang Tepat

Begitu banyak insulasi yang beredar di pasaran, namun ada kriteria untuk peredam panas yang tepat yang perlu diketahui. Kriteria tersebut antara lain:

1. Bahan Produk Peredam Panas

Untuk mendapatkan kenyamanan dalam tempat tinggal tentu hal pertama yang harus diperhatikan dalam pemilihan peredam panas adalah bahannya itu sendiri.

Dalam hal ini seseorang harus memilih produk dengan bahan yang aman, tidak berbau dan tidak mengandung bahan kimia. Dengan begitu tidak akan mengganggu kehidupan di dalam rumah.

2. Performa Peredam Panas

Setelah menentukan bahan apa yang akan dipilih untuk digunakan sebagai insulasi, maka selanjutnya adalah melihat bagaimana performa dari peredam panas atap itu.

Semakin baik ia meredam panas maka kualitas dari produknya juga semakin bagus. Seseorang bisa melihat review produk sebelum memutuskan untuk membeli insulasi.

3. Harga dan Kualitas

Harga tentu mempengaruhi kualitas dari peredam panas itu. Carilah harga yang masih tetap terjangkau namun dengan kualitas yang terjamin sehingga akan menguntungkan pembeli. Jangan segan untuk menanyakan kualitas produk melalui uji lab kepada pihak perusahaan penyedia produk.

Seseorang juga bisa meminta referensi dari orang-orang terdekat yang sekiranya memiliki pengetahuan lebih tentang hal ini.

4. Kemudahan Pemasangan

Kriteria peredam panas yang tepat selanjutnya adalah kemudahan dalam pemasangan. Untuk peredam panas yang baik maka pemasangannya pun mudah begitu juga sebaliknya. Pililhlah insulasi yang mudah dipasang menjadi pilihan yang tepat.

5. Produk Ramah Lingkungan

Banyak produk peredam panas yang kini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Dengan memilih produk yang demikian maka secara tidak langsung seseorang sudah ikut menjaga lingkungan.Perusahaan bahkan kini berlomba-lomba untuk memproduksi produk yang ramah lingkungan demi tetap menjaga lingkungan agar terbebas dari bahan kimia.


Nah itulah ulasan mengenai insulasi atap, manfaat pemasangannya dan kriteria yang tepat untuk tempat tinggal.

Vannia R

a dreamer, designer, and home-decor enthusiast.

Tinggalkan komentar