Desain Kolam Ikan

Yuk, simak ide desain kolam ikan ✓ minimalis ✓ sederhana ✓ koi ✓ ikan hias ✓ depan/belakang/dalam rumah. Cek dan pilih desainnya sekarang!


Selain nyaman, adanya kolam ikan bisa menjadikan rumah Anda makin hommy dan area relaksasi yang cocok banget melepas penat. Apalagi kalau dipadukan dengan taman, makin top!

Minimalis

Minimalis Asri

kolam ikan bergaya kontemporer
Sumber Gambar: matchness.com

Desain ini menunjukkan bahwa menciptakan kolam ikan tak harus memakan banyak ruang. Dengan menggali sedikit tanah di bagian belakang rumah, kolam ikan dapat dibuat dengan penuh gaya.

Sementara itu, bagian atas dari galian tersebut dapat dioptimalkan sebagai fungsi lain, misalnya jalan atau memasang kursi untuk bersantai.


Minimalis Lahan Sempit

kolam ikan minimalis lahan sempit
Sumber Gambar: condoblues.com

Desain 1 – Memiliki area sempit sebenarnya bukanlah masalah yang berarti untuk membangun kolam ikan. Saat ini sudah ada cukup banyak ide untuk memanfaatkan area sempit ini.

Seperti desain di atas, menyisakan sedikit ruang di teras/belakang rumah untuk diisi dengan air. Kemudian, membentuk kolam dengan bentuk selokan.


kolam ikan belakang rumah terbaik
Sumber Gambar: pinterest.com

Desain 2 – Anda tidak perlu memiliki area yang luas. Cukup ambil setidaknya 60-100 centimeter dari area teras atau taman yang Anda miliki.

Lalu manfaatkan ruang sempit tersebut sebagai kolam ikan yang cantik. Walau tidak luas, Anda tetap bisa memilih jenis ikan hias yang kecil untuk mengisi kolam tersebut.


Minimalis Batu Alam

kolam ikan bergaya kontemporer
Sumber Gambar: matchness.com

Desain 1 – Memiliki lahan yang lebih luas? Membangun kolam ikan nan asri dengan batu alam dan tanaman ini menarik dicoba.

Biasanya, desain cocok diaplikasikan pada villa sebagai area santai dan menikmati bunyi gemercik air.


kolam ikan mewah di dalam rumah
Sumber Gambar: thesweethouseofmadness.com

Desain 2 – Batu alam bisa pula dijadikan elemen dekoratif di bagian dinding kolam. Dengan model ini kesan mewah bisa Anda dapatkan.

Hal menarik lainnya dari desain ini, adanya pijakan buatan menghadirkan kesan yang cukup unik. Sama halnya dengan dinding motif horizontal dengan kedalaman dimensi yang berbeda.

Nah, penggunaan sekat kaca yang terhubung dengan ruang keluarga secara langsung bisa Anda “tiru”. Jadi, melepas penat sambil menikmati indahnya kolam ikan.


Sederhana

desain kolam ikan sederhana
Sumber Gambar: wowfyy.com

Kolam ikan di rumah juga bisa dihadirkan dengan bentukan yang sederhana, seperti desain ini mengaplikasikan dekorasi bebatuan di sisinya.

Walau ukurannya tidak begitu besar, kolam ikan sederhana ini tampak tampil cukup berkelas. Apalagi jika disatukan dengan tanaman hijau dan bunga berwarna-warni di sekitarnya.


Mini

kolam berada di belakang rumah
Sumber Gambar: thesweethouseofmadness.com

Desain 1 – Salah satu konsep rumah saat adalah bentukan sederhana dengan ukuran yang tidak begitu besar. Sebuah kolam ikan mini dapat dijadikan ide solutif menghadirkan kolam di lahan yang terbatas.

Agar kolam ikan lebih terlihat cantik, Anda bisa menambahkan tanaman air di kolam mini tersebut.

Walaupun tidak begitu besar, keberadaan kolam ikan ini akan bisa memberikan suasana yang lebih hidup di rumah Anda.


model kolam ikan mini
Sumber Gambar: backyardlivingplans.com

Desain 2 – Lebih kecil dari desain sebelumnya, kali ini cukup menggunakan box kecil. Cara membuatnya cukup mudah, siapkan saja sebuah wadah yang sederhana dengan ukuran yang sesuka Anda.


Depan Rumah

kolam ikan hias depan rumah
Sumber Gambar: designshuffle.com

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kolam ikan di depan rumah yang indah dan berkesan untuk para tamu yang datang.

Salah satunya adalah dengan menempatkan kolam ikan di jalan masuk menuju pintu utama rumah. Kolam ikan tersebut akan menjadi point of interest dari bagian depan rumah Anda.

Tentunya kolam ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika Anda bisa menciptakan sebuah kolam ikan hias di depan rumah dengan desain yang unik 😊😊😊.


Belakang Rumah

kolam ikan belakang rumah
Sumber Gambar: topdoityourself.com

Desain 1 – Area belakang rumah merupakan area terbaik untuk membentuk sebuah kolam ikan.

Hal ini karena area ini bersifat lebih private sehingga membentuk sebuah ruang bersantai di sana akan lebih bebas.


berukuran mungil di halaman belakang
Sumber Gambar: matchness.com

Desain 2 – Gambar ini memperlihatkan hadirnya kolam ikan di belakang rumah dapat menciptakan suasana yang lebih asri di rumah Anda.

Nah, bila areanya cukup luas, sertakan pula teras belakang, lalu berikan akses di atas kolam ikan untuk bisa menyeberang ke taman belakang. Bisa berupa jembatan atau pijakan kaki.


Dalam Rumah

gambar kolam ikan dalam rumah
Sumber Gambar: hemerocallis.com.br

Desain 1 – Ide unik selanjutnya untuk menciptakan sebuah kolam ikan di rumah adalah membuat kolam ikan dalam rumah. Cara ini bisa dilakukan jika Anda menginginkan suasana alami hadir di dalam rumah.


aquarium besar di dalam rumah
Sumber Gambar: thesweethouseofmadness.com

Desain 2 – Kolam ikan dalam rumah akan memberikan sentuhan yang artistik untuk hunian. Namun karena posisinya di dalam rumah, tentu kebersihannya harus selalu diperhatikan.


Dengan Taman

taman dengan kolam ikan
Sumber Gambar: champgardens.com

Desain 1 – Sebuah kolam ikan hias akan menjadi lebih hidup jika disatukan dengan taman rumah yang indah. Kolam ikan dan taman akan saling melengkapi dan saling menyeimbangkan komposisi rumah sehingga keduanya akan menjadi elemen estetika yang indah.


taman dengan kolam ikan
Sumber Gambar: digsdigs.com

Desain 2 – Menggunakan material-material alami akan membentuk proporsi kolam dan taman yang lebih alami. Terlebih lagi bila kolam ikan didesain dengan bentukan yang dinamis.


kolam ikan alami di taman
Sumber Gambar: pinterest.com

Desain 3 – Konsep lainnya cukup dengan membuat galian dengan kedalaman tertentu lalu disekat oleh batuan alam sebagai pembatas airnya. Sekaliling kolam, bisa ditambahkan tanaman dan rerumputan.


Ikan Hias

model kolam ikan hias cantik
Sumber Gambar: oregonlive.com

Desain 1 – Ukuran yang luas seperti halnya gambar di atas memberikan kebebasan pemiliki saat mendesain kolam ikan hias ini. Bentukan kolam lebih dinamis, serta ada gazebo sebagai tempat relaksasi penghuni rumah.

Supaya makin menarik, kolam ikan bisa dibuat menyatu dengan rerumputan dan tanaman hijau yang ada di taman.


kolam ikan bergaya resident
Sumber Gambar: thesweethouseofmadness.com

Desain 2 – Untuk material pembentuk kolam ikan, Anda bisa menggunakan batu alam dan dekorasi beberapa tanaman menjalar.


Ikan Koi

menara kolam ikan
Sumber Gambar: elestanque.com

Konsep menara kolam ikan dapat menjadi sebuah bentuk kolam ikan kois yang unik.

Menara aquarium bisa ditambahkan di tengah kolam ikan. Ikan yang dipelihara di kolam tersebut bisa masuk ke dalam menara dan tentunya hal ini menjadi bagian yang menarik pada kolam.

Untuk membuat kolam jenis menara ini, diperlukan teknik khusus. Tujuannya adalah untuk menghilangkan udara yang ada di menara agar udara tersebut terisi dengan air.


Dari Plastik

kolam ikan dari plastik
Sumber Gambar: koiphen.com

Sebuah kolam ikan tidak harus selalu dibangun dengan bahan-bahan yang mahal. Misalnya bak mandi plastik yang sudah tidak terpakai.

Supaya tampilan kolam lebih cantik, sekeliling dinding bak bisa dihias dengan batu alam atau batu bata yang disusun. Selain itu, area kolam juga bisa diberi tanaman air untuk menambah kesan alami.


Dari Kaca

kolam ikan berbahan kaca
Sumber Gambar: atlanticagardens.com

Desain 1 – Jika Anda menginginkan sebuah desain kolam ikan yang lebih futuristik, pilihan kolam ikan kaca dapat diaplikasikan. Kolam ikan ini memang mirip dengan aquarium, namun penempatannya bisa di luar rumah.


kolam ikan kaca di depan rumah
Sumber Gambar: pinterest.com

Desain 2 – Keunikan kolam ikan kaca, yakni kegiatan ikan yang dapat terlihat langsung sehingga ini mampu merepresentasikan tujuan utama dari adanya kolam ikan tersebut, untuk refreshing pemiliknya.

Selain itu gunakan juga material lain untuk mempercantik kolam tersebut, misalnya batu alam.


kolam ikan kaca minimalis
Sumber Gambar: thesweethouseofmadness.com

Desain 3 – Selain konsep desainnya perhatikan pula material kaca kolamnya. Karena material ini mudah rapuh, Anda bisa memilih jenis kaca yang memiliki ketebalan yang cukup baik, seperti ketebalan 25-30 mm dan material kaca mobil.


Dengan Air Mancur

kolam ikan mungil
Sumber Gambar: homemydesign.com

Kolam dengan air mancur ini akan membuat suara gemericik air yang bisa memberikan efek menenangkan, sejuk, dan tenang bagi penghuni rumah.

Untuk memberikan nuansa alami, Anda bisa menggunakan material yang alami seperti bilah bambu. Selain itu, juga ada desain air mancur yang bisa dibeli sehingga Anda hanya tinggal memilih bentuk air mancur, lalu memasangnya di kolam.


Dengan Air Terjun

kolam dengan air terjun
Sumber Gambar: idecorgram.com

Selain air mancur, desain kolam ikan minimalis lainnya yang bisa diterapkan untuk menciptakan gemericik air yang menenangkan adalah membentuk air terjun mini di kolam ikan.

Air terjun bisa diciptakan dengan menyusun bebatuan dengan sistem terasiring.

Saat dialiri air dari atas, maka sistem terasiring sederhana ini akan dengan sendirinya membentuk air terjun mini yang cantik.


Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk memberikan referensi desain kolam ikan yang Anda inginkan.

Selamat berkreasi.

Vannia R

a dreamer, designer, and home-decor enthusiast.

Tinggalkan komentar