Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak

Cakra Alfath

Bila kamu sedang mencari jual rumah Depok, pastikan juga apakah di lingkungannya bisa untuk memelihara hewan. Memiliki hewan peliharaan memang sangat menyenangkan, apalagi untuk anak-anak.

Hewan peliharaan dapat mengajari mereka bagaimana bertanggung jawab sejak dini dan belajar mengenai cinta serta kasih sayang. Tidak jarang orang tua yang mengenalkan anak-anak kepada hewan peliharaan bahkan ketika mereka masih kecil.

Walaupun demikian, peran orang tua sebagai pengawas juga sangat dibutuhkan. Orang tua juga wajib ikut andil dalam mengurus hewan peliharaan agar tetap sehat dan tidak meninggal sia-sia.

Rekomendasi Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak

Hewan Peliharaan yang Aman Unttuk Anak 1024x576

Lantas, kira-kira hewan peliharaan apa yang aman untuk anak-anak? Berikut rekomendasinya:

1. Ikan

Ikan merupakan salah satu hewan yang mudah dipelihara. Perawatannya tidak terlalu sulit sehingga anak-anak juga bisa mengurusnya. Hanya saja, orang tua harus membantu anak-anak dalam membersihkan secara rutin akuarium atau kolam ikan supaya tetap bersih.

Jenis ikan yang bisa dipelihara juga banyak, mulai dari ikan cupang, ikan mas koki, hingga ikan koi.

Bicara masalah kolam ikan, kamu juga bisa membuat kolam sederhana di rumah untuk tempat ikan-ikan yang lebih besar. Selain menambah estetika rumah, harga rumah di Surabaya nantinya juga akan ikut meningkat pula.

2. Kura-Kura

Bila anak-anak menyukai reptil, kamu sebagai orang tua bisa memberikan hewan peliharaan berupa kura-kura untuk mereka. Dibandingkan jenis reptil lainnya, kura-kura tidak terlalu berbahaya.

Kura-kura juga bisa dibilang mudah perawatannya dan mampu berumur panjang. Kura-kura juga tidak terlalu membutuhkan perawatan ekstra yang menguras tenaga dan juga biaya. Kamu bisa pilih jenis kura-kura darat atau kura-kura air untuk anak-anak.

3. Hamster

Beberapa pengembang yang jual rumah Depok tidak membolehkan memelihara binatang besar, seperti anjing atau kucing yang dikhawatirkan akan mengganggu lingkungan sekitar.

Namun, jika kamu ingin mulai mengajari anak-anak rasa tanggung jawab dan kasih sayang melalui hewan peliharaan, kamu bisa memulainya dengan hamster. Binatang kecil ini memang lucu dan bisa diajak bermain oleh anak-anak.

Sediakan kandang dengan ukuran yang cukup serta alasi bagian dasar kandang dengan serbuk kayu. Hamster sangat suka makan biji-bijian, jangan sampai lupa untuk memberinya makan dengan berbagai jenis biji-bijian yang tersedia.

4. Kelinci

Jika memiliki cukup lahan luas di rumah, kamu bisa memberikan kelinci sebagai peliharaan bagi anak-anak. Kelinci memiliki bulu yang halus dan lembut sehingga aman bila disentuh oleh anak-anak.

Meskipun memiliki ruang yang cukup luas, tetapi kamu tetap membutuhkan kandang bagi kelinci. Ajak anak-anak untuk ikut membersihkan kandang kelinci setiap beberapa waktu sekali untuk lebih melatih tanggung jawab mereka.

5. Burung

Harga rumah di Surabaya memang semakin tinggi, apalagi rumah dengan beragam fasilitas menarik. Namun, rumah akan lebih semarak dan hidup bila kamu juga memiliki hewan peliharaan, seperti burung.

Bukan hanya bapak-bapak saja yang hobi memelihara burung, anak-anak juga ternyata senang ketika bermain dengan burung.

Pilih burung yang tidak terlalu mahal untuk dijadikan sebagai peliharaan dan juga sebaiknya adopsi burung yang jinak, seperti jenis Lovebird atau Kenari agar bisa diajak berinteraksi dengan anak-anak.

6. Kucing

Siapa tidak kenal hewan lucu satu ini? Sudah sejak berabad-abad lalu kucing menjadi hewan peliharaan manusia. Tingkahnya yang kadang cuek justru membuatnya semakin gemas.

Anak-anak juga tentu akan menyukai kucing karena jika dilatih, mereka juga akan menjadi pendamping yang setia.

Namun, karena perawatannya sedikit banyak membutuhkan perhatian khusus, orang tua juga wajib untuk ikut bertanggung jawab mengurusnya.

Itulah beberapa jenis hewan peliharaan yang aman untuk anak-anak. Oh iya, sebelum jual rumah Depok, sebaiknya kamu juga memberikan informasi kepada para calon pembeli jika di lingkungan kompleks perumahan boleh memelihara binatang apa saja.

Tinggalkan komentar