20 Desain Kamar Tidur Ukuran 2×3 Sederhana & Minimalis (2022)

Vannia Rie

Kamar dengan ukuran 2×3 m secara sekilas cukup sempit dan tampak memanjang. Butuh kejelian dan penataan yang tepat agar tetap nyaman saat digunakan. Baik dari peletakan furniture, pemilihan kasur, dan dekorasinya.

Umumnya area seperti ini ada untuk kamar kost yang biasanya dihuni oleh pelajar, mahasiswa, dan karyawan. Meskipun kecil, berdasarkan temuan kami terdapat berbagai trik dan cara agar kamar 2×3 ini menjadi nyaman untuk beraktivitas.

Bagaimana dan seperti apa, berikut ini inspirasinya.

Inspirasi Area Kasur Kamar 2×3

1. Kamar 2×3 Sederhana dengan Kasur Extra Single

desain kamar 2x3 kasur mini
Sumber Gambar: memphistalentdividend.com

Untuk kamar ukuran ideal, Anda bisa meletakkan kasur ukuran single ukuran standar. Namun jika dirasa kamar 2×3 meter terlalu sempit, pilihlah ukuran kasur extra single yang lebarnya sekitar 90 cm. Dengan kasur ukuran ini, Anda dapat mengolah 110 cm lainnya untuk meja dan furniture lainnya.


2. Kamar dengan Mengoptimalkan Area Bawah Dipan sebagai Alternatif Penyimpanan

ini model kamar ukuran 2x3 compact
Sumber Gambar: pinterest.com

Tips lain untuk menciptakan kamar kecil yang lebih fungsional adalah memilih ranjang multifungsi. Anda bisa menjadikan dipan bagian bawahnya berlaci sebagai pengganti ranjang kasur. Laci-laci ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan barang yang dibutuhkan sehari-hari.


3. Kamar 2×3 dengan Kasur Single Tanpa Furniture

desain kamar tidur tanpa furniture
Sumber Gambar: revistaalmazara.com

Jika Anda menginginkan sebuah kamar yang hanya berfungsi untuk tempat tidur, maka ruang 2×3 bisa diisi dengan kasur ukuran standar, kasur single yang ukuran lebarnya 120 cm. Namun itu artinya tidak akan ada banyak ruang untuk meletakkan furnitur selain kasur sehingga furniur lainnya dapat diletakkan di luar kamar.


4. Kamar dengan Kasur Kecil dan Lemari Dinding

desain kamar tidur 2x3 fungsional
Sumber Gambar: rajile.com

Inspirasi di atas menunjukkan bahwa dengan pengelolaan space ruangan yang tepat, kamar dapat lebih nyaman dan tampak lebih lapang. Menggunakan furniture gabungan dimana kasur, meja, dan rak menjadi satu. Kemudian, pilihan kursi dengan kaki yang ramping membuat ruangan tetap tampak lapang.


6. Menggunakan Sofa Kecil Pengganti Kasur

desain kamar ukuran 2x3 dengan sofa bed
Sumber Gambar: tbmeetdoorjtj.info

Sofa mini yang memanjang pun dapat dialihfungsikan menjadi kasur yang cukup luas bagi anak. Sementara itu ruang sisanya dapat dimanfaatkan untuk meja belajar dan semisalnya. Jika kamar dengan ukuran 2×3 tersebut akan dimanfaatkan sebagai kamar anak maka Anda tidak perlu membeli kasur yang ukurannya besar.


7. Kamar 2×3 dengan Kasur di Lantai, Model ala Jepang

desain kamar mungil ala jepang
Sumber Gambar: buzzfeed.com

Cara sederhana lainnya yang dapat diterapkan dalam desain kamar 2×3 meter adalah meniru gaya hidup masyarakat Jepang atau Korea. Dimana kasur yang digunakan biasanya adalah matras yang bisa dilipat saat tidak diutuhkan. Dengan demikian ruang akan terasa lapang.


Inspirasi Area Pintu Kamar 2×3

1. Untuk Menghemat Ruang, Gunakan Pintu Ramping

desain pintu kamar 2x3
Sumber Gambar: gannett-cdn.com

Jika kamar sangat kecil, ubah ukuran pintu menjadi 60 hingga 70 centimeter. Cara ini akan membuat ruang lebih terasa lapang. Salah satu cara untuk memaksimalkan kamar super kecil adalah membentuk pintu yang juga kecil. Ukuran standar lebar pintu biasanya adalah 80 hingga 90 centimeter.


2. Memanfaatkan Area Belakang Pintu Sebagai Rak Penyimpanan

desain kamar ukuran 2x3
Sumber Gambar: amazinginteriordesign.com

Adanya rak mungil ini tidak menghabiskan banyak space di dalam kamar. Cara lain untuk memanfaatkan area belakang pintu adalah memberi celah antara daun pintu dengan dinding. Misalnya 30 hingga 50 centimeter.


Inspirasi Penyimpanan untuk Kamar 2×3

1. Memanfaatkan Sudut Ruang untuk Rak

desain kamar minimalis 2x3
Sumber Gambar: VIRAL-TWEET.COM

Tak jarang kita membutuhkan area tambahan untuk menyimpan barang tertentu, tapi space sudah sesak. Sebagai solusi dalam mengatasi hal ini, Anda bisa meletakkan rak bertingkat di sudut ruangan. Misalnya di dekat kasur atau bahkan di bawah dan atas jendela. Ruang tidur sempit biasanya tidak banyak memiliki area yang bisa dimanfaatkan untuk rak. Rak ini bisa dijadikan tempat meletakkan barang yang simple.


2. Rak Bentuk Huruf N

desain rak kamar tidur sederhana 2x3
Sumber Gambar: emilyaclark.com

Rak dengan bentuk demikian akan lebih fungsional dan menghemat ruang. Menyiasati kamar 2×3 juga bisa dilakukan dengan meletakkan rak yang membentuk huruf N. Kemudian di bagian tengahnya yang berlubang bisa dijadikan ruang untuk tempat kasur.


3. Meja Nakas Serbaguna

kamar dengan meja nakas
Sumber Gambar: thedebrief.co.uk

Pemilihan meja nakas juga dapat membantu Anda mengoptimalkan fungsi kamar. Pilihlah meja nakas yang memiliki buku-buku di bagian bawahnya sehingga dapat dijadikan tempat penyimpanan. Sementara bagian atasnya dapat dijadikan tempat lampu dan dekorasi lainnya.


4. Wardobe Tanpa Lemari, Gantungan dan Rak Kecil Sudah Mencukupi

kamar dengan wardrobe tanpa lemari
Sumber Gambar: oflifeandlisa.com

Gaya hidup minimalis menghasilkan sebuah wardobe yang juga minimalis. Anda tidak perlu repot-repot memikirkan tentang lemari yang masif dan memiliki pintu karena konsep kamar minimalis style ini bisa diadaptasikan pada kamar yang kecil.


5. Inovasi Rak Tabung untuk Ditaruh di Sudut Ruangan

penyimpanan kreatif di kamar minimalis 2x3
Sumber Gambar: cdn.homesthetics.net

Salah satu cara untuk memaksimalkan tempat penyimpanan jika memiliki rumah sempit adalah dengan membeli rak berbentuk tabung. Rak semacam ini lebih ramping dan fleksibel diletakkan di sudut ruangan. Selain itu kapasitas penyimpanannya akan lebih besar jika dibanding rak biasa.


Inspirasi Furniture Praktis pada Kamar 2×3

1. Kursi Lipat yang Hemat Ruang

kamar dengan kursi lipat yang menghemat ruang
Sumber Gambar: thedebrief.co.uk

Saat tidak digunakan, kursi ini dapat digantung atau ditepikan sehingga area kamar lebih terasa luas. Salah satu furnitur di kamar yang seringkali membuat ruang nampak sempit adalah kursi dan meja rias. Untuk mengatasi hal ini, gunakan kursi lipat kecil.


2. Meja Lipat Cantik

desain kamar mungil 2x3 terbaru
Sumber Gambar: domino.com

Anda juga bisa memasang cermin di dalam kotak meja lipat ini sehingga bisa berfungsi ganda, yaitu sebagai meja rias. Jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk meja kerja atau meja rias bentuk konsep meja lipat yang bisa dibuka tutup secara fleksibel.


3. Kantong Penyimpanan di Samping Kasur

desain kamar minimalis 2x3 fungsional terbaik
Sumber Gambar: decorhomes.info

Anda bisa meletakkan sebuah kantong penyimpanan di samping kasur untuk meletakkan barang-barang ini agar tidak tercecer atau hilang. Kadang, barang-barang kecil seperti remote, kacamata, dan ponsel terlihat berantakan dan mengotori kamar.


4. Menggunakan Kasur Lipat

desain kamar minimalis menggunakan kasur lipat
Sumber Gambar: articulo.mercadolibre.com.pe

Kasur ini bisa dibentangkan saat dibutuhkan dan bisa dilipat ke dinding saat tidak digunakan. Bagian atasnya bisa dijadikan rak kecil untuk meletakkan buku dan benda lainnya. Selain hammock, konsep kasur lipat juga bisa dimanfaatkan untuk kamar mungil.


5. Lemari Portable di Bawah Kasur

desain kamar minimalis dengan lemari portable
Sumber Gambar: 88homedecor.com

Anda bisa meninggikan kasur dan menjadikan area bawahnya menjadi sarang dari lemari portable ini untuk menghemat ruang. Lemari yang sederhana bisa juga diubah menjadi lemari portable yang bisa digeser kemanapun. Caranya adalah dengan memberikan roda di bagian bawahnya.


6. Kamar dengan Konsep Mezanine

desain kamar mungil kreatif
Sumber Gambar: incredibletinyhomes.com

Kasur diletakkan di bawah tanpa ranjang yang tinggi. Sementara area bagian atasnya dimanfaatkan untuk ruang kerja, maupun ruang nonton televisi. Jika konsep sebelumnya adalah meletakkan kasur di atas, maka konsep kali ini adalah sebaliknya.


7. Lemari dan Wardrobe Underground

desain kamar sederhana 2x3 yang praktis
Sumber Gambar: apartmenttherapy.com

Inspirasi kali ini ditujukan bila Anda memiliki space yang sempit namun cukup tinggi. Maka, membuat layaknya ruangan bawah tanah dapat dicoba.

Pintu yang bisa dibuka dan ditutup, ruang bawah lantai ini bisa dijadikan lemari ataupun penyimpanan benda lain seperti sepatu dan semisalnya. Konsep ruang bawah tanah bisa diaplikasikan dalam ruang kamar yang sempit. Anda bisa menciptakan lantai kayu yang seperti bunker.

Dapatkan Inspirasi Kamar Lainnya Disini

Selain inspirasi di atas, Anda juga dapat menemukan berbagai inspirasi lainnya lebih lengkap dan rinci pada artikel kami berikut:

Penutup

Itulah ide desain kamar tidur ukuran 2×3 agar nampak lebih luas dan fungsional. Semoga bisa memberikan inspirasi sehingga dapat diterapkan dalam kamar dan rumah Anda.


Wujudkan interior idaman Anda bersama DekadekoPro. DekadekoPro menyediakan jasa desain interior dengan konsep minimalis, modern, mewah, sederhana, shabby chic, dan konsep lainnya. Temukan berdasarkan kota Anda di link berikut:

Penulis

Vannia Rie

A dreamer, designer, dan home-decor enthusiast.

    Tinggalkan komentar