9 Inspirasi Desain Dapur Industrial yang Cantik (2022)

Vannia Rie

Dapur dengan konsep industrial saat ini juga merupakan salah satu desain yang sedang tren, kekinian. Berbagai elemen dekorasi dan konsepnya bisa dikreasikan dan dibuat secara mandiri.

Begitu pula furniture pendukungnya, sudah tersedia banyak di beberapa toko furniture seperti IKEA, Informa, Fabelio, Dekoruma, dan sebagainya. Namun, bagaimana ya penataan dan kombinasinya yang pas? Nah, berikut beberapa inspirasinya.

1. Desain Dapur Industrial Minimalis ala Cafe

dapur industrial ala cafe
instagram.com / @dekorasimillenial

Kali ini ada inspirasi dapur yang cukup kekinian. Dapur industrial ala cafe atau bar. Ciri khasnya ada pada kursi yang digunakan. Nah, inspirasi dapur ini cocok bagi Anda yang menginginkan dapur industrial ala cafe dengan tampilan nan elegan.

Selain itu, kesan industrial juga dihadirkan dari pemilihan lampu, kursi, plafon, serta dinding bata ekspos berwarna putih.


2. Desain Dapur Industrial Hitam-Pink

dapur industrial lucu 1 1024x1024
instagram.com / @kimi_ira

Inspirasi dapur industrial pertama hadir dengan kesan industrial dapat diciptakan dengan dinding dapur yang dicat dengan warna hitam.

Untuk menambah kesan lucu dan menggemaskan, gambarlah sebuah gambar dengan ukuran yang kecil-kecil dengan cat warna putih. Anda dapat menggambar jenis-jenis makanan seperti kue, ice cream, telor ceplok dan lain-lain.

dapur industrial lucu 2 819x1024
instagram.com / @kimi_ira

Untuk dinding pada sisi yang lain, seseorang dapat menghiasnya dengan memberikan stiker dinding bergambar kayu-kayu yang lucu. Untuk perabotan dapur, pilihlah warna yang lembut seperti pink dan putih.


3. Desain Dapur Industrial Coklat dengan Furniture Kayu

dapur industrial nuansa warna cokelat
instagram.com / @rena_iput

Kemudian, inspirasi dapur industriais berikutnya hadir dengan konsep material kayu dan penggunaan lampu industri guna menerangi dapur.

Adapun untuk pembuatannya, Anda bisa menggunakan kayu tertentu yang diolah dan dirapikan, kemudian dijadikan kitchen set dan meja dapur. Namun, tidak dicat, cukup dicat dengan pernis saja.

Bila memiliki ruangan yang cukup luas, Anda bisa meletakkan meja di tengah dapur. Namun, bila ruangan cukup kecil bisa meniadakan meja ini dengan model layout L, agar dapur tampak luas.


4. Desain Dapur Industrial yang Cukup Luas

dapur industrial modern
instagram.com / @industrial_kayubesi

Tak jauh berbeda dari desain sebelumnya, dapur industrial kali ini juga menggunakan bata ekspos berwarna putih sebagai dinding dan backsplash dapur. Hanya saja, dari sisi pemilihan kursi dan model lampu sedikit berbeda.

Dapur ini menggunakan perpaduan warna yang menghasilkan kesan terang dan hangat. Menggunakan dominan warna putih pada dinding dan plafon. Kemudian warna abu-abu, biru, dan coklat kayu pada furniturenya. Kombinasi yang cukup ciamik.

Adapun kesan industrial lainnya tergambar dari pemilihan kursi bar dan lampu industrial dengan ukuran cukup besar.


5. Desain Dapur Industrial dengan Bata Ekspos

dapur industrial bata ekspos 1024x872
instagram.com / @_ourcastle_

Inspirasi berikutnya adalah dapur industrial dengan konsep unfinished. Jadi, bagian-bagian interior tersebut sengaja tidak dilakukan finishing, seperti cat.

Sebagaimana tergambar pada dinding, meja dapur, dan bata ekspos merah pada dinding dapur. Hanya saja, untuk meja dapur agar tetap aman terdapat tambahan epoxy transparant agar licin dan mengkilap.

Sementara itu, untuk furniture dipilih material dari kayu dengan warna cat coklat atau asli warna dari kayu tersebut. Kombinasi ini semakin memperkuat gaya industrial pada dapur Anda.


6. Desain Dapur Industrial Kecil Satu Sisi Sederhana

Inspirasi dapur industrial berikutnya merupakan dapur dengan letter I atau satu sisi saja. Jadi, kompor dan sink terletak pada sisi yang sama. Model yang biasanya kita temukan di hunian dengan area terbatas.

Meskipun demikian, area bukanlah hambatan untuk berkreasi mewujudkan dapur industrial. Berdasarkan inspirasi di atas, dinding pada dapur ini hanya diplester kasar saja. Kemudian, tanpa plafon dan galvalum terekspos.

Jadi seseorang tidak perlu repot-repot memasang eternit untuk menutupi atap galvalum tersebut. Agar makin menarik, beri aksesoris seperti lampu-lampu gantung dan hiasan dinding yang simple.


7. Desain Dapur Industrial ala Pabrik dengan Dekorasi Pipa

Konsep industrial juga kerap diciptakan dengan menggunakan ekspos pipa pada dinding, sebagaimana gambar di atas. Sementara itu, dari sisi pemilihan kursi dipilih kursi bar berwarna hitam.

Sementara itu, meja dapur menggunakan kayu balok cukup tebal dengan finishing transparan, seperti epoxy bening sehingga kesan anturalnya juga tercipta.


8. Desain Dapur Industrial di Apartment ala Brooklyn

dapur industrial ala brooklyn 1024x1024
instagram.com / @icleanservicess

Berikutnya ada inspirasi dapur industrial dengan kesan yang cukup mewah, ala Brooklyn sebuah kota yang terletak di New York, USA.

Para seniman di Brooklyn sering berkumpul di toko, restoran dan cafe yang sangat stylish dan penuh gaya. Interior dalam tempat tersebut menggunakan furnitur vintage dan suasana dibuat seakan-akan berada di sebuah gudang.

Siapa sangka jika gaya Brooklyn tersebut dapat juga diterapkan di dapur. Gaya Brooklyn tersebut meliputi adanya beberapa furnitur-furnitur vintage dalam ruangan dapur.

Beberapa poin industrial dapat kita lihat pada penggunaan tone warna, konsep jendela, dan dinding dengan bata ekspos merah.


9. Desain Dapur Industrial Unik dengan Bata Ekspos

dapur industrial unik
instagram.com / @rumahku.store

Inspirasi terakhir dapur industrial lebih sederhana, cocok untuk dapur hunian di Indonesia pada umumnya.

Untuk dindingnya, dibuat layaknya dinding bata ekspos. Bagi yang tidak ingin ribet membuat dinding bata ekspos, bisa juga dinding tersebut dipasang keramik model bata ekspos.

Sementara itu, bagian penutup bagian bawah meja dapur, bisa menggunakan kayu yang disusun seperti pallet kayu atau boks kayu untuk pengiriman barang.

Dapatkan Inspirasi Desain atau Model Seputar Dapur Lainnya Disini

Berikut kami rangkum beberapa inspirasi lainnya perihal dapur untuk dapur Anda yang lebih nyaman:

Penutup

Itulah beberapa desain dapur industrial yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan!


Wujudkan dapur idaman dengan kitchen set model terkini bersama DekadekoPro. Kami melayani pembuatan kitchen set dengan berbagai konsep minimalis, modern, mewah, sederhana, shabby chic, atau custom berdasarkan keinginan Anda. Temukan layanan kami berdasarkan kota Anda di link berikut:

Penulis

Vannia Rie

A dreamer, designer, dan home-decor enthusiast.

    Tinggalkan komentar