11 Denah & Desain Apartemen yang Nyaman dan Bagus (2022)

Vannia Rie

Berikut kami sajikan ragam inspirasi denah dan desain apartemen dengan konsep minimalis yang cantik dan fungsional. Meskipun berada pada area yang kecil, ruang-ruang esensial rumah dapat tertata dengan baik.

Inspirasi Denah dan Desain Apartemen

Apartemen Minimalis

denah apartemen
Sumber Gambar: hotelroomsearch.net

Apartemen ini yang ukurannya tidak besar namun sudah memiliki berbagai ruang. Ruangan-ruangan ini dipisahkan dengan menggunakan dinding khusus. Tipe apartemen ini bisa memiliki 3 hingga 5 ruangan.

Ruangan-ruangan tersebut terdiri atas ruang tidur, ruang dapur, ruang tamu, ruang makan dan ruang kamar mandi. Apartemen tipe minimalis biasanya hanya memiliki satu kamar tidur saja.


Apartemen Mewah

apartemen mewah
Sumber Gambar: pngdownload.id

Tipe apartemen mewah merupakan jenis apartemen yang dikhususnya untuk masyarakat kelas atas. Biasanya memiliki 4 kamar tidur. Ukuran yang cukup luas memungkinkan Anda untuk menaruh beberapa furniture besar, seperti sofa, dan kulkas.

Lokasi dari apartemen ini biasanya berada di tempat yang strategis, dekat dengan akses jalan, pertokoan dan berbagai tempat penting lainnya.Maka tidak heran jika harga dari apartemen ini juga tidak main-main.


Apartemen Mungil

denah apartemen mungil
Sumber Gambar: freshome.com

Apartemen kecil yang biasanya cocok ditinggali oleh satu orang saja. Sesuai namanya denah apartemen ini kecil dan tidak memiliki banyak sekat.

Oleh sebab itu, dibutuhkan keterampilan khusus untuk mensiasati ruang yang ada di dalam apartemen. Warna cat dari apartemen mungil harus dibuat secerah mungkin, agar ruang terlihat lebar.

Begitu masuk dari pintu depan, maka penghuni apartemen akan langsung bisa melihat kamar tidur. Bagian lemari biasanya juga diletakkan di bagian-bagian yang bisa melekat pada dinding.


Apartemen 1 Kamar

desain apartemen 1 kamar
Sumber Gambar: behance.net/Get3d

Model 1 – Yaps, apartemen ini hanya memiliki 1 kamar tidur saja. Ada berbagai ruangan yang juga berada di dalamnya. Beberapa ruangan ini biasanya tidak jauh lebih besar dari ruangan kamar.

Bagi yang hidup sendiri seperti pelajar atau pekerja yang jauh dari orangtua, tipe apartemen ini merupakan tipe yang ideal.


denah apartemen 1 kamar
Sumber Gambar: behance.net/Get3d

Model 2 – Ini artinya walaupun hanya memiliki satu kamar, namun penghuni apartemen tetap memiliki ruang gerak yang bebas.


Apartemen Tipe 21

desain apartemen tipe 21
Sumber Gambar: pinterest.com/milenamornelas/

Model 1 – Warna cerah biasanya mendominasi apartemen yang satu ini. Hal ini tentu saja membuat apartemen tipe 21 terasa mampu membuat penghuninya merasa selalu semangat.

Tipe apartemen ini biasanya hanya menggunakan tempat tidur jenis single bad (cukup untuk 1 orang). Hal ini dilakukan demi penghematan ruang tidur yang sangat strategis.


apartemen 21 meter
Sumber Gambar: cosedicasa.com

Model 2 – Jika ingin mencari tipe apartemen yang ukurannya standar namun terdiri dari 2 lantai, maka jenis apartemen ini adalah yang paling tepat.

Meskipun ukurannya terbilang kecil, namun apartemen jenis ini bisa dibuat menjadi dua bagian. Bagian pertama yaitu bagian dasar dimana bisa diletakkan kursi tamu yang mini. Sedangkan pada bagian atas, bisa ditempatkan khusus untuk ruang tidur.


Apartemen Tipe 36

desain denah apartemen tipe 36
Sumber Gambar: 36sixty.com

Keberadaan apartemen tipe 36 dianggap sebagai solusi hunian yang praktis dan modern. Jumlah kamar pada apartemen ini hanya ada satu buah. Tentu saja ini bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan pemilik apartemen.

Tipe ini cocok untuk kebutuhan apartemen dengan ukuran kecil dan mini. Sementara itu, antar ruangannya dipisah dengan sekat yang sederhana.


Apartemen Tipe Studio

model apartemen studio
Sumber Gambar: gadinggreenhillapartemen.com

Jenis apartemen seperti ini hanya terdiri dari satu ruangan saja. Jika pun ada ruangan yang lainnya, maka ruangan tersebut hanya ruangan kamar mandi.

Ukuran apartemen studio biasanya relatif kecil dan hanya terdiri dari tempat tidur serta sofa. Sekat antar ruang bisanya hanya dipisah menggunakan pembatas berupa meja..

Jenis apartemen studio ini lebih mirip seperti ruang tidur yang multifungsi. Dikarenakan luasnya yang relatif sempit dan juga hanya berupa satu ruang.


Apartemen Tipe Alcove

denah apartemen alcove
Sumber Gambar: rukamen.com

Satu hal yang membedakan desain dan denah apartemen alcove adalah bentuknya yang seperti huruf  L. Jadi, bagian ruang tamu, dapur, dan bagian ruang lainnya lurus sejajar.

Sedangkan bagian kamar akan dibuat melebar ke sisi sebelah kiri atau sebelah kanan. Dengan bentuk seperti ini, maka apartemen tipe alcove cukup nyaman ditinggali.


Apartemen Tipe Loft

desain apartement loft
Sumber Gambar: rumah.com

Loft merupakan jenis apartemen yang unik. Desain dan denah apartemen yang satu ini bisa dikatakan hampir sama seperti jenis apartemen yang lainnya. Hal mendasar yang membedakan apartemen ini adalah bagian atas atau loteng.

Hal ini yang membuat apartemen ini memiliki tinggi di atas rata-rata tipe apartemen yang lainnya. Uniknya, bagian atas dari apartemen loft ini biasanya dijadikan ruangan pribadi. Ruangan pribadi ini seperti tempat tidur.

Selain tempat tidur, bagian atas ini juga bisa dijadikan tempat membaca buku atau tempat bersantai.

Dapatkan Inspirasi Hunian Lainnya Disini

Penutup

Itulah informasi lengkap seputar desain dan denah apartemen berdasarkan tipe-tipenya. Semoga ulasan singkat denah & desain apartemen ini bermanfaat, ya.


Wujudkan rumah/kantor/apartemen idaman Anda bersama kontraktor dari DekadekoPro. DekadekoPro menyediakan jasa kontraktor maupun renovasi dengan konsep minimalis, modern, mewah, sederhana, shabby chic, dan konsep lainnya. Temukan berdasarkan kota Anda di link berikut:

Penulis

Vannia Rie

A dreamer, designer, dan home-decor enthusiast.

    Tinggalkan komentar