6 Jenis Karpet Aesthetic Berdasarkan Bahannya

Audrey

Pemakaian karpet aesthetic akan menjadikan tampilan rumah semakin cantik dan menarik. Selain itu, karpet lantai juga dapat menjaga lantai Anda agar tidak cepat rusak dan kotor. Sayangnya tidak semua jenis karpet lantai terbuat dari bahan yang nyaman dan bagus. 

Itu sebabnya Anda perlu berhati-hati dalam memilih karpet. Pastikan Anda mengenali terlebih dahulu berbagai bahan karpet yang ingin Anda beli. Agar Anda tidak salah pilih dan menyesal sebelum membeli karpet, Anda perlu memperhatikan jenis karpet berikut ini.

Jenis-jenis Karpet Aesthetic

Karpet merupakan salah satu jenis alas lantai yang dirancang untuk membuat ruang tamu Anda tampil memukau dan indah.  Selain itu, karpet juga berfungsi untuk melindungi lantai Anda dari goresan. 

Ada berbagai macam jenis dan bahan karpet yang bisa Anda pilih, dan setiap jenisnya memerlukan perawatan yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis karpet yang bisa Anda pakai untuk mempercantik ruangan yaitu:

Kombinasi warna monokrom seperti hitam, putih, dan abu-abu memberikan sentuhan kemewahan tanpa berlebihan. Dengan menambahkan karpet lantai berwarna monokrom, ruang tamu akan terasa lebih nyaman. 

Anda dapat memilih model strip hitam dan motif yang terbuat dari bahan polipropilena dengan menggunakan bahan sintetik (buatan), yaitu polimer termoplastik. Selain estetis, bahannya juga mudah dibersihkan jika terkena noda dan harganya relatif murah.

Jika mencari karpet aesthetic yang nyaman, Anda bisa dipilih berdasarkan bahannya. Salah satunya, karpet berbahan dasar wol. Bahan wool memiliki tekstur yang istimewa yaitu sangat lembut dan halus. 

Karpet lantai berbahan wol mengandung minyak alami sehingga cukup tahan lama hingga bertahun-tahun bahkan di area dengan lalu lintas tinggi. Namun karena kualitasnya yang premium, harganya pun cukup mahal.

Baca Lainnya:   Daftar Rekomendasi Kursi Direktur Terbaik - Model & Harga 2024

Jenis karpet lantai aesthetic selanjutnya adalah karpet nilon. Salah satu bahan dasar karpet yang umum diproduksi saat ini adalah nilon. Karpet jenis ini merupakan karpet yang mempunyai daya tahan yang kuat sehingga cukup tahan lama. 

Selain itu, karpet nilon ini juga bisa Anda temukan dalam berbagai motif, warna dan ukuran. Jadi Anda tidak perlu takut karpet ini akan membuat ruangan Anda menjadi monoton.

Karpet Saxony, yang merupakan jenis karpet aesthetic dengan tumpukan serat lingkaran yang padat dan akan memikat mata Anda saat ditempatkan di ruang tamu. Karpet ini memiliki pola titik-titik kecil yang menciptakan efek estetika yang menakjubkan. 

Pemasangan fiber pada karpet ini menimbulkan sensasi empuk saat Anda menginjaknya. Beberapa variasi karpet Saxony bahkan memberikan kesan seperti menginjak beludru karena teksturnya yang lembut.

Jika Anda sedang mencari karpet yang nyaman di ruang tamu, maka karpet lantai bulu adalah solusinya. 

Teksturnya yang lembut juga mampu menyulap ruang tamu Anda menjadi terlihat cantik. Anda bisa memilih karpet lantai bulu berbentuk persegi, persegi panjang atau bulat dengan ukuran dan motif yang bervariasi.

Anda mungkin sudah familiar dengan karpet jenis ini, karena karpet ini sangat populer. Bahan rasfur merupakan bahan yang memiliki bulu lebih panjang dibandingkan dengan bahan wol atau bulu hewan. Bahan rasfur juga memiliki tekstur yang halus dan padat. 

Itu dia beberapa jenis karpet aesthetic yang bisa Anda kombinasi sesuai dengan suasana ruangan. Apabila Anda sedang mencari inspirasi dekorasi lainnya, maka Anda bisa langsung mengunjungi dekadeko  dan cari inspirasi yang Anda butuhkan.

Penulis

Audrey