Tips Memilih Karpet Kamar Tidur yang Tepat

Audrey

Mendekorasi ruangan bisa dimulai dari yang paling sederhana yaitu memilih karpet kamar tidur sesuai ruangan. Ini merupakan langkah penting agar suasana menjadi nyaman dan homey. Selain berfungsi untuk melindungi kaki agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai.

Memilih karpet kamar aesthetic yang tepat juga dapat membuat ruangan terlihat lebih mewah dan indah. Namun pemilihan karpet yang sesuai untuk kamar tidur juga perlu menyesuaikan kebutuhan ruangan agar fungsi dan nilai estetikanya tetap ada.

Tips Memilih Karpet Kamar Tidur

Meski jarang menjadi pertimbangan, pemilihan karpet lantai yang tepat ternyata akan membantu Anda menciptakan suasana kamar tidur yang Anda inginkan. 

Hanya dengan menata karpet saja, Anda akan merasakan perubahan suasana di seluruh ruangan. Ada banyak sekali dekorasi karpet untuk kamar tidur, untuk memudahkan Anda simak tips mudah memilih karpet berikut ini.

Sebelum membelinya, Anda harus memperkirakan ukuran karpet lantai yang tepat. Sesuaikan ukuran karpet yang ingin dibeli dengan luas kamar tidur Anda agar tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. 

Selain itu, mengingat ukuran karpet sesuai fungsinya jika digunakan sebagai alas tempat tidur, sebaiknya pilihlah yang berukuran sedang. Jika itu tempat anak-anak bersantai/bermain, sebaiknya pilih yang lebih besar.

Tekstur karpet juga perlu Anda perhatikan saat memilih karpet kamar tidur. Anda bisa memilih tekstur karpet sesuai dengan fungsi kamar tidur. Jika ruangan digunakan oleh anak-anak atau balita, pilihlah karpet dengan tekstur lembut dan tebal. 

Tak hanya nyaman, karpet jenis ini juga akan membantu meminimalisir benturan yang terjadi saat anak sedang bermain. Anda juga bisa memilih tekstur yang lembut, seperti sutra, untuk meninggalkan kesan mewah pada kamar orang dewasa.

Baca Lainnya:   Intip Apa Saja 5 Fungsi Pola Lantai Rumah Untuk Kesan Estetik

Tidak hanya ukuran karpet dan luas ruangan saja, Anda juga bisa memperhatikan warna dan corak karpet yang ingin dipilih. Motif karpet menjadi salah satu elemen penting dalam memilih karpet. 

Jika Anda ingin memiliki desain kamar minimalis, maka Anda harus memilih karpet lantai dengan desain yang minimalis juga. Sedangkan jika Anda memiliki kamar dengan konsep Skandinavia, maka Anda bisa memilih karpet dengan motif geometris dan warna netral.

Tidak semua merk karpet kamar tidur yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, sebelum membelinya pastikan Anda memastikan kualitas bahan dan pola jahitannya. 

Jika membelinya secara online, sebaiknya pilih dari toko resmi dari brand yang kualitasnya terjamin.

Kondisi pencahayaan pada kamar tidur juga penting dalam menentukan jenis karpet. Hindari memilih bahan alami seperti anyaman rotan, jika ruangan Anda memiliki pencahayaan yang terang karena akan cepat merusak karpet. 

Sebaiknya, Anda bisa memilih karpet sutra. Sedangkan untuk ruangan dengan pencahayaan redup, sebaiknya hindari memilih karpet dengan warna gelap. 

Pasalnya, karpet bernuansa gelap akan membuat ruangan Anda semakin suram dan terasa sempit. Oleh karena itu, pilihlah warna-warna cerah dan netral.

Pada dasarnya karpet merupakan salah satu alat interior untuk mempercantik tampilan lantai ruangan Anda.  Motif dan warna yang tidak sesuai akan membuat ruangan terlihat aneh. 

Oleh karena itu, menyesuaikannya dengan interior lain akan membuat karpet pilihan Anda selaras dengan motif lantai dan dinding ruangan.

Itu dia beberapa tips dalam memilih karpet kamar tidur agar nampak cocok dan aesthetic. Nah, apabila Anda memerlukan inspirasi pada dekorasi ruangan lainnya, Anda bisa mencarinya di dekadeko.

Penulis

Audrey