Desain Taman Belakang Rumah

Punya lahan lebih di belakang rumah? Nah, manfaatkan saja untuk membangun taman rumah, untuk inspirasinya cek disini sekarang.


Keberadaan taman belakang rumah tentunya bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi pemilik rumah, misalnya rumah menjadi lebih segar dan memiliki resapan air yang baik.

Selain memberikan kesegaran, adanya taman belakang rumah juga bisa difungsikan untuk berbagai macam kegiatan di rumah. Mulai dari kegiatan bermain, berkebun, hingga kegiatan keluarga.

Lalu, bagaimanakah penataan taman tersebut agar menjadi bagus dan memuaskan? Nah, berikut ini ragam inspirasi dan pembahasannya.

Desain dengan Bangku Sederhana dan Lampu Taman

Desain Taman Belakang Rumah Sederhana
Sumber gambar: Renda Eko Riyadi / Pexels

Desain taman belakang rumah yang pertama ini terbilang cukup simple dan bisa diaplikasikan untuk lahan yang tidak begitu luas.

Ditanami pohon rindang dengan bangku-bangku yang ada di tengahnya bisa digunakan untuk bersantai di siang hari.

Berikutnya, terdapat penataan lampu taman sederhana di sekelilingnya juga membuat suasana malam di taman ini lebih indah.

Jenis desain seperti ini membuat taman menjadi lebih multifungsi untuk melaksanakan kegiatan outdoor.


Membangun Taman dengan Konsep Lorong

Desain Taman Belakang Rumah Tema Lorong
Sumber gambar: icon0.com / Pexels

Memiliki lahan yang cukup luas di belakang rumah tidak ada salahnya untuk membuat desain taman seperti yang satu ini.

Penataan seperti lorong dengan jalan yang di masing-masing sisinya dipenuhi dengan tanaman membuat taman belakang rumah menjadi sangat sejuk.


Mengoptimalkan Dinding sebagai Taman Vertikal

Desain Taman Belakang Rumah Bagus
Sumber gambar: Unsplash

Penataan tanaman yang rapih juga akan menjadikan pemandangan yang sangat indah meskipun tidak memiliki lahan yang luas.

Memanfaatkan dinding dengan pot temple dengan bentuk unik yang menambah keindahan taman.

Desain taman yang satu ini sesuai bagi hunian yang tidak memiliki lahan dengan ukuran yang tidak terlalu luas di bagian belakang. Bahkan bisa memanfaatkan bagian dinding belakang rumah untuk menata tanaman sedemikian rupa.


Lahan Luas? Menanam Pohon Kelapa Bisa Dicoba

Desain Taman Belakang Rumah dengan Pohon Kelapa
Sumber gambar: Unsplash

Ingin menghadirkan suasana pantai di belakang rumah?

Penataan pohon kelapa sedemikian rupa membuat suasana taman yang rindang seperti bermain ke pantai. Didukung dengan tanaman di sekelilingnya yang membuat taman belakang rumah menjadi sangat sejuk.


Tema Kayu

Desain Taman Belakang Rumah Kayu
Sumber gambar: Pixabay

Memiliki taman belakang yang rapih membuat pemilik rumah memiliki ruang lebih untuk bersantai. Termasuk pada desain taman yang satu ini dengan memaksimalkan pemanfaatan bahan kayu untuk pembuatan taman.

Kayu dapat dimanfaatkan untuk lantai taman, pembuatan bangku serta gazebo. Tidak lupa pagar kayu yang juga semakin mempercantik taman. Desain seperti ini juga menambah kesan vintage pada taman belakang rumah.


Desain Taman Belakang Rumah dengan Tanaman Dinding

Desain Taman Belakang Rumah Cantik
Sumber gambar: Pixabay

Memiliki sudut di belakang rumah seperti pada gambar bisa dijadikan taman yang indah. Terutama jika tidak memiliki lahan luas untuk menanam pohon bisa memanfaatkan dinding.

Gunakan tanaman yang merambat pada dinding yang tidak berbahaya dan merusak dinding. Tanaman rambat dapat menciptakan taman kecil yang hijau dan sejuk.

Tambahkan tanaman-taman kecil di sekelilingnya untuk mendukung keindahan taman.


Taman Belakang Rumah dengan Tema Resort

Desain Taman Belakang Rumah Tema Resort
Sumber gambar: Pixabay

Manfaatkan taman belakang rumah dengan tema resort yang simple dengan penambahan furniture ala resort seperti kursi, bangku, dan payung.

Seperti pada gambar diatas yang membuat suasana belakang rumah seperti di resort. Didukung dengan penataan tanaman yang rapih dan sesuai tema membuat taman ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga.


Taman dengan Meja Mini untuk Bersantai

Desain Taman Belakang Rumah Tema Kafe
Photo by Melissa

Bagi Anda yang ingin menghadirkan kafe kebun di rumah bisa mencoba desain yang satu ini, memanfaatkan bagian belakang rumah bak piknik.

Menata taman dengan penambahan meja dan kursi makan ala kafe membuat taman juga bisa difungsikan sebagai tempat bersantai dengan secangkir kopi.


Taman Belakang Rumah Semi Indoor

Bagi yang memiliki sudut di sebelah dapur atau kamar mandi bisa dijadikan taman belakang rumah semi indoor yang simple. Tidak harus menggunakan tanaman asli, bisa gunakan tanaman sintetis dengan tambahan tanaman gantung.

Sudut taman seperti ini akan membuat pencahayaan menjadi lebih baik. Selain itu, pemanfaatan sudut semi indoor ini juga bisa ditambahkan beberapa lubang kecil untuk resapan air.


Rumah Pohon dan Playground

Desain Taman Belakang Rumah Playground
Sumber gambar: Jens Mahnke / Pexels

Memiliki lahan belakang rumah yang cukup luas memang keuntungan tersendiri. Apalagi jika sudah tertanam pohon dengan ukuran yang cukup besar ini bisa dijadikan taman bermain yang cukup menarik.

Pohon dapat dimanfaatkan menjadi rumah pohon sekaligus playground di bawahnya. Dengan tema ini taman belakang rumah bisa menjadi tempat wisata mini untuk keluarga terutama anak-anak.


Menambah Pohon Kaktus di Beberapa Sudut Rumah

Tidak banyak orang yang mau menanam kaktus di halaman rumah. Bisa jadi karena durinya atau bentuk kaktus yang terlalu kaku. Padahal kalau jeli melihat bentuknya, kita bisa memilih jenis kaktus yang sesuai.

Merawat kaktus pun terhitung mudah. Tidak butuh banyak air karena memang kaktus hidup di tanah yang cenderung kering.

Cukup posisikan kaktus di daerah yang terkena banyak sinar matahari. Kaktus pun bisa hidup di dalam pot atau tidak. Tinggal disesuaikan saja dengan dekorasi taman yang kita inginkan.


Alternatif Lain, Bisa Menambahkan Kursi di Taman

Ingin punya spot untuk mengobrol di taman? Tidak memungkinkan untuk mengikuti cara dekorasi agar taman makin indah di atas?

Tenang, gazebo bukan satu-satunya pilihan. Ada cara lainnya yaitu dengan menambahkan kursi taman di bagian tengah. Model dan ukurannya pun bervariasi, tinggal disesuaikan saja dengan selera dan kondisi taman saat ini.


Gabungkan dengan Vertical Garden Agar Pemandangan Lebih Menarik

Jika ada sisi tembok yang kosong, coba buat vertical garden sebagai variasinya.

Cara ini cocok untuk tembok luas atau pun sempit. Setelah menambahkan kursi taman, vertical garden bisa difungsikan sebagai latar belakangnya. Sehingga siapa pun yang mampir ke rumah pasti tertarik untuk mencoba berfoto di sini.


Bisa Juga Menghias Dinding dengan Pigura

Dekorasi agar taman makin indah dengan memanfaatkan dinding lainnya adalah memasang pigura. Ini juga opsi lain jika membuat vertical garden dianggap terlalu rumit atau tidak sesuai dengan selera.

Bisa dipilih beberapa gambar yang menarik atau quotes sebagai motivasi. Supaya lebih indah, sesuaikan warna pigura yang senada dengan warna cat tembok.

Bila ingin dekorasi tambahan, bisa dipasangkan rangkaian lampion kecil di sekitar pigura. Cahaya lampu yang kuning akan menciptakan suasana temaram yang menenangkan.


Memasangkan Papan Tulisan di Tengah Taman

Coba tengok gambar di atas sebagai contohnya. Cara membuatnya mudah, bahan yang dibutuhkan hanya kayu.

Manfaatkan kayu bekas kemudian perbaiki kondisinya. Tulisan yang ingin ditampilkan bebas. Bisa nama pemilik dan nomor rumah, welcoming greeting, atau lainnya.


Membangun Pagar Mungil untuk Taman

Taman Belakang Rumah dengan Pagar Sederhana
Sumber Gambar: Instagram / @tabloidrumah

Dekorasi agar taman makin indah bisa dilakukan dengan membangun pagar pemisah antara area taman dengan parkiran.

Cara seperti ini cocok juga dilakukan di lahan kecil. Cocok untuk hunian saat ini yang biasanya hanya terdapat area dengan luas terbatas.


Tambahkan Air Mancur untuk Melahirkan Suara Gemercik Air

Ciptakan suasana berbeda dengan adanya air mancur. Mendengar suara gemericik air bisa membuat suasana lebih hidup dan tenang. Tidak perlu air mancur dengan ukuran besar.


Itulah 17 desain taman belakang rumah yang bisa menjadi inspirasi.

Vannia R

a dreamer, designer, and home-decor enthusiast.

Tinggalkan komentar