Desain Rumah Minimalis

Ada 50+ gambar desain rumah minimalis ✓ 1 lantai ✓ 2 lantai ✓ sederhana ✓ modern sebagai referensi terbaik Anda. Ini inspirasinya.


Minimalis, gaya rumah yang mengacu pada pemanfaatan ruang seoptimal mungkin dan mengedepankan fungsionalitasnya.

Perabotan yang digunakan harus memiliki fungsi yang jelas serta dapat membantu dalam mengesankan ruangan yang lebih luas.

Tipe perabotan yang digunakan biasanya merupakan perabotan yang berkaki atau jenis perabotan multifungsi.

Seluk beluk inilah yang akan kita bahas pada artikel ini, mulai dari sejarah, karakter, desain dan tips bagi Anda yang hendak membangun rumah minimalis. Berikut pembasahannya:

Awal Mula Konsep Desain Rumah Minimalis

Sejarah Rumah Minimalis
Photo by Julia Kuzenkov from Pexels

Jauh sebelum bangunan minimalis mulai diperkenalkan pada awal tahun 1900an, sekitar seabad sebelumnya ada pendahulunya yang lebih dikenal sebagai terraced house.

Hunian yang awalnya merupakan tempat tinggal sementara setelah tragedi the great fire pada abad ke-17 menjadi populer dan digunakan sebagai hunian tetap.

Memasuki abad ke-19, dengan meningkatnya urbanisasi di London, terraced house menjawab kebutuhan rumah tinggal bagi penduduk dalam wilayah yang sempit.

Konsep inilah yang digunakan oleh rumah minimalis, yakni memanfaatkan lahan yang sempit sedemikian rupa sehingga dapat untuk ditinggali.

Minimalis = Terraced House?

Perbedaannya dengan terraced house adalah pada rumah minimalis mengedepankan fungsi ruang sesuai dengan kebutuhan penghuni. Sementara terraced house lebih mengadopsi gaya mansion namun dalam ruang yang lebih kecil.

Selain itu, rumah minimalis dapat berdiri secara tunggal sedangkan terraced house merupakan deretan rumah yang dibangun dalam satu atap dan hanya memiliki satu dinding.


Karakter Desain Rumah Minimalis

Seperti halnya gaya desain rumah lainnya, rumah minimalis memiliki karakter tertentu yang bisa dilihat dari segi bentuk, cara penggunaan lahan, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa karakter rumah berdesain minimalis.

1. Bentuk Geometris

Tampak Depan Rumah Minimalis Terbaik
Photo by Victor Garcia on Unsplash

Sebagian besar rumah bergaya minimalis memiliki ciri utama dalam segi bentuk yang sesuai dengan geometri.

Seperti dalam gambar tersebut, di bagian depan rumahnya, terlihat bentuk keseluruhan rumah di dominasi bentuk trapesium.

Beberapa rumah yang lain sering menggunakanbentuk persegi dan persegi panjang untuk aksen di depan rumah. Berbeda dengandesain rumah bergaya farmhouse misalnya, yang menggunakan bentuk dasar berupaatap segitiga dan dinding berjendela.

Jika dilihat, bentuk rumah dengan desain minimalis terkesan lebih kaku.

Selain itu, tidak ada dekorasi berlebihan di halaman rumah. Sebab minimalis berarti tampil minimal dan sesederhana mungkin namun tetap eye-catching.


2. Menggunakan Furniture Secukupnya

Tampak Depan Rumah Minimalis 2019
Photo by Kirill on Unsplash

Ciri kedua dari desain rumah minimalis adalah penggunaan furniture dan dekorasi secukupnya.

Setiap detail benda yang digunakan jugaseringkali memuat beberapa ornamen. Namun, gaya minimalis tidak melakukan haltersebut.

Pemilik rumah hanya akan membeli barang yang dibutuhkan.

Kalaupun mereka menggunakan benda bermotif, hanya akan ada motif senada. Misalnya garis horizontal, vertikal, atau pola geometris lainnya.

Warna yang digunakan pada furniture jugaterkesan sama. Seperti pada gambar tersebut. Tema warna yang digunakan adalahabu-abu. Jadi benda yang ada dalam ruangan berwarna abu-abu, putih, hinggahitam.


3. Kesan Rumah Luas dan Bersih

Ide Tampak Depan Rumah Minimalis 2019
Photo by Carlos Diaz from Pexels

Tampak depan rumah minimalis maupun interiornya terkesan luas dan bersih. Sebab warna yang dipilih cenderung seragam.

Karakter ini membuat rumah berukuran kecilmenjadi lebih terasa lapang. Inilah yang menjadi alasan mengapa sebagian besarpengembang perumahan memilih rumah berdesain minimalis.


4. Konsep Ruang Terbuka

Ide Rumah Minimalis 2019
Photo by Vecislavas Popa from Pexels

Karakteristik keempat adalah digunakannyadesain ruang terbuka. Maksudnya, di dalam rumah ada sebuah ruangan besar yangdibuat menjadi beberapa ruangan dengan fungsi berbeda.

Seperti terlihat pada contoh. Satu ruanganbesar, difungsikan sebagai ruang keluarga, ruang makan, dan langsung menembuske dapur. Ketiga ruangan ini tidak dipisahkan dinding seperti rumah padaumumnya.


Gambar Desain Rumah Minimalis 2019

Akan terdapat beragam desain-desain rumah minimalis dan megah yang memberikan banyak bentuk unik juga khas.

Nah, jika masih belum memiliki gambaran mengenai model rumah yang akan dibangun beberapa desain di bawah ini dapat dipilih.

1 Lantai

Desain 1 – Rumah 1 lantai yang minimalis dapat menjadi solusi bagi keluarga yang tidak ingin lelah naik turun tangga dan cocok bagi keluarga yang kecil.

Untuk memberikan gaya yang minimalis rumah dapat dibangun dengan atap yang besar berwarna hijau.

Penggunaan atap yang besar akan memberikan kesan rumah yang luas. Tembok dapat dibangun dengan penggunaan batu-batu alam yang mendominasi bagian depan rumah.

Penggunaan warna cat tembok yang netral guna menonjolkan citra minimalis bangunan.


Desain 2 – Gaya lain dari hunian minimalis 1 lantai dapat dibuat dengan tembok keliling yang mengitari halaman rumah.

Tembok keliling yang dibangun yang kokoh juga dapat memberikan kesan minimalis disertai besi horizontal di sisi atasnya.

Gunakan warna-warna monokrom untuk memberikan kesan elegan dibantu dengan penyinaran lampu-lampu warna kuning di sekitar rumah membuat rumah terlihat semakin minimalis di malam hari


Desain 3 – Penggunaan atap tinggi pada rumah lantai satu akan terlihat begitu megah. Ditambah dengan motif dari batu-batu alam untuk menghadirkan kesan berbeda.

Supaya makin cantik, taman kecil di depan rumah juga dapat memberikan kesan manis dan rindang untuk suasana rumah.


2 Lantai

Desain 1 – Desain rumah yang minimalis pasti akan jelas terlihat terutama di bagian depan rumah.

Seperti halnya desain rumah dua lantai dengan atap dan sebagian tembok warna hitam akan memberi kesan tegas juga elegan.

Kesan elegan juga dapat ditonjolkan melalui melalui bentuk tembok-tembok persegi. Dipadukan dengan rangkaian batu alam membuat tampilan rumah sangat minimalis dan artistik.

Selain itu pemilihan warna yang netral juga menjadi ciri khas pada hunian minimalis seperti warna putih dank rem, hal tersebut menambah nilai elegan pada sebuah rumah.

Kaca-kaca tanpa sekat menambah rumah terlihat semakin modern hingga kesan minimalis pasti akan terlihat.


Desain 2 – Desain lain untuk hunian minimalis dapat diciptakan melalui model rumah dengan tiang-tiang tinggi dan balkon-balkon rumah.

Tiang tinggi yang berdiri kokoh serta balkon rumah yang cantik dengan sedikit sentuhan warna gold pada beberapa bagiannya semakin terlihat menonjolkan sisi keminimalisan.

Adanya permainan lampu dan cahaya juga akan menambah keindahan rumah ketika malam hari.


Desain 3 – Nah, referensi hunian minimalis dua tingkat yang lain dapat diciptakan dengan nuansa yang didominasi oleh kaca-kaca rumah.

Penggunaan kaca rumah seperti ini akan memperlihatkan sisi dalam rumah yang bisa menjadi pusat perhatian.

Area fungsional lainnya bisa Anda bangun di sisi samping rumah, garasi misalnya.


Desain 4 – Siapa bilang hunian minimalis harus luas?

Lahan yang tidak terlalu luas pun dapat disulap menjadi hunian minimalis. Nah, model minimalis  2 lantai seperti cocok bagi seseorang yang ingin membangun hunian minimalis dengan lahan yang sempit.

Rumah yang dibuat dengan atap tinggi tidak akan memberikan kesan yang sempit.

Karena lahan yang sempit ini makan pemilik rumah harus pandai-pandai memanfaatkan tanah agar tidak terbuang sia-sia.

Sedikit sentuhan warna hijau toska akan memberikan kesan fresh yang tidak monoton.

Selain itu untuk memanfaatkan lahan buatlah teras rumah depan yang tidak terlalu lebar dengan meminimalkan penggunaan kaca agar tidak terkesan sempit.


Desain 5 – Untuk desain lain rumah minimalis yang minimalis dapat dipadukan dengan sedikit sentuhan gaya rustic modern. Penggunaan kayu-kayu sebagai bagian dari dekorasi rumah.

Warna coklatnya yang lembut disertai dengan warna tembok rumah krem akan sangat serasi dan menampilkan kesan minimalis-elegan.

Nuansa bangunan persegi pada balkon rumah yangdiberikan batu-batu alam akan lebih memberikan kesan unik. Maka rumah denganlahan sempit pun dapat dibangun menjadi hunian rumah yang minimalis.


Desain 6 – Hunian minimalis minimalis juga dapat diciptakan dengan nuansa dingin warna-warna monokrom seperti abu-abu.

Berpadu dengan warna putih yang bersih nampak serasi.

Sentuhan warna batu alam yang senada dengan tembok pun akan semakin membuat serasi penampilan rumah.


Dengan Kolam Renang

Desain 1 – Nah, kolam renang dapat di bangun di halaman belakang rumah yang langsung terhubung dengan bagian rumah.

Biar makin seru,sediakan pula kursi-kursi tidur untuk bersantai-santai sembari melihat pemandangan kolam yang indah.

Sementara untuk bagian rumah yang menghadap kearah kolam seperti pada bagian di lantai dua, dapat dibangun menggunakan kaca,agar penghuni rumah dapat melihat pemandangan kolam di pagi hari dari dalamrumah.


Desain 2 – Suasana villa bali juga dapat dibangun pada rumah pribadi.

Peletakkan kolam renang di samping rumah dengan ditanami beberapa pohon hijau akan memberikan kesegaran dan nuansa alam khas Bali.

Terutama penggunaan batu alam berwarna abu-abu dan hitam akan semakin memberikan kekhasan alam Bali


Desain 3 – Jika ingin membangun rumah dengan kolam renang dan nuansa klasik yang tenang dapat dipadukan dengan warna-warna netral dan beberapa tanaman di sekitarnya.

Suasana ini akan membawa pemilik rumah dengan suasana rumah yang klasik dengan ketenangan yang damai.


Sederhana

gambar desain rumah minimalis sederhana
Sumber Gambar: freedom.co.jp

Desain 1 – Tak banyak tiang ataupun dekorasi, justru menjadi keunikan dan nilai lebih dari desain rumah minimalis yang satu ini.

Tampak depannya begitu sederhana, dinding menjulang tinggi dengan pintu dan 3 jendela saja. Bagaimana? keren kan.


Tampak Depan Rumah Minimalis Bagus
Photo by Vedant Sharma from Pexels

Desain 2 – Kombinasi antara kesan modern dan atap data yang begitu memanjakan mata. Sentuhan-sentuhan geometrisnya menegaskan rumah bergaya eropanya.


Modern

desain rumah minimalis sederhana
Sumber Gambar: freedom.co.jp

Desain 1 – Tak jauh berbeda dengan rumah minimalis sebelumnya. Tampak depannya hanya 1 pintu saja, namun atap miring dan bangunan yang seolah berbeda melalui penggunaan warna dinding. abu-hitam.


Desain 2 – Nah, jika ingin membangun hunian minimalis dengan nuansa rumah pohon ala-ala luar negeri dapat dibuat dengan model segitiga pada seluruh rumah.

Dipadukan dengan tema rustic dari kayu-kayu pada halaman rumah akan memberikan nuansa yang unik dan berbeda. Selain itu penggunaan warna cat hitam akan lebih mempertegas bentuk bangunan.


Desain 3 – Nah model gambar rumah kontemporer ini akan sangat terlihat minimalis dan artistik tentunya.

Model tangga yang meliuk-liuk akan memberikan ciri yang khas pada rumah yang akan dibangun nantinya. Selain itu penggunaan kaca juga menjadi ciri utama untuk menonjolkan rumah kontemporer yang minimalis.


Interior

Ruang Keluarga

Rumah yang minimalis akan semakin lengkap jika dipadukan dengan sofa-sofa besar dan karpet bulu-bulu akan membuat suasana rumah sangat nyaman.

Didominasi warna monokrom juga memberikan kesan elegan.

Berikan juga sentuhan korden yang menjuntai panjang dan hiasan dinding berupa lukisan serta lampu-lampu minimalis biar terlihat lebih sempurna.


Kamar Tidur

Rumah minimalis pasti akan memiliki banyak kamar tidur. Kamar tidur ini biasanya menjadi tempat paling nyaman bagi setiap anggota keluarga, tidak jarang anggota keluarga akan betah berlama-lama di sana

Kamar yang luas dengan sentuhan model yang unik memberikan kesan yang minimalis. Korden yang menjuntai panjang dengan jendela kaca yang luas juga melekat dengan rumah yang minimalis.

Tidak lupa tempatkan beberapa sofa dan karpet bulu di sana.


Kamar Mandi

Kamar mandi menjadi sarana utama pada sebuah rumah, maka kamar mandi yang minimalis juga tidak boleh lepas dari rumah minimalis. Kamar mandi minimalis akan tetap terjaga kelembapannya, biasanya lantai kamar mandi akan mudah kering dengan sendirinya. Selain itu kebersihan juga menjadi hal utamanya.

Berikan pula beragam dekorasi seperti kaca,washtafel dan almari untuk memperindah kamar mandi tersebut. Sediakan pulaberagam peralatan mandi untuk mempermudah jika tamu yang menginap.


Dapur

untuk memberikan model dapur yang minimalis dapat juga dibangun disamping taman. Model seperti ini akan sangat fresh dan anti mainstream.

Pastilah jika tamu berkunjung ke dapur akan sangat terpesona. Dengan berbagai dekorasi pepohonan akan membuat suasana memasak semakin menyenangkan.


Ruang Tamu

Ruang tamu adalah bagian rumah yang dapat mencerminkan isi rumah.

Untuk rumah yang tergolong minimalis bangunlah ruang tamu yang luas untuk memudahkan para tamu dengan jumlah yang banyak. Gunakan beberapa kursi atau sofa kemudian dekor sesuai keinginan.


Eksterior

Atap

model atap minimalis kontemporer
Sumber Gambar: home-designing.com

Gabungan atap flat dan atap miring bisa pula menjadi opsi Anda. Di satu sisi menggunakan atap flat sedangkan sisi lainnya atap miring.

model atap rumah minimalis modern
Sumber Gambar: plansarchi.com

Tak jauh berbeda dari atap rumah biasanya yang mengusung desain miring.

Hanyaa saja, kombinasi dengan desain rumah yang futuristik kesan yang dihadirkan jadi berbeda. Lebih cantik tentunya.

Pagar

model pagar modern
Sumber Gambar: pinterest.com

Pagar hitam dengan geometris balok namun ukurannya yang berbeda-beda.

pagar rumah minimalis
Sumber Gambar: 4-homedecor.com

Karakter minimalis dihadirkan dari geometris pagar berwarna hitam berupa balok pipih dan tembok-tembok di sampingnya.

Taman

desain taman depan rumah sederhana
Sumber Gambar: dekorextra.com

Walau di area sempit, ide tamanbisa diwujudkan melalui penggunaan rerumputan di halaman mungil rumah Anda.

Biar makin cantik, menanam beberapa pohon merupakan ide yang bagus.

contoh taman sederhana terbaru
Sumber Gambar: diyandart.com

Sebagai tempat mlelepas penat mata, taman juga bisa Anda bangun disertai sofa dan meja.

Spot yang bagus untuk bertukar pikiran dengan keluarega atau siapapun yang ke rumah Anda.

Kolam Ikan

desain kolam ikan hias sederhana terbaru
Sumber Gambar: id.pinterest.com/nunisandoval

Memanfaatkan area taman untuk rumah. Kolam yang lebih rendah dari dasar tanah bisa Anda buat dengan menggalinya sesuai kedalaman tertentu.

Hadirkan kesan minimalisnya melalui desain jalan bebatuan berbentuk persegi berwarna putih.

model kolam ikan hias sederhana 2019
Sumber Gambar: landscapequeen.org

Selain di area taman, ide membangun kolam di depan rumah juga bisa dicontoh. Masih menggunakan geometris kotak dan warna putih untuk menunjukkan nuansa minimalisnya.


Influencer Rumah Minimalis

Selain desain-desain di atas, inspirasi desain rumah minimalis bisa pula Anda dapatkan dari influencer-influencer instagram.

Siapa saja mereka? Ini listnya:

1. Rumah Instagrammable

Instagram / @nila_lanungga

Salah satu desain rumah mewah minimalis bisa dilihat dari gambar di atas. Konsep rumah yang minimalis namun tetap terlihat mewah dan elegan dengan dominasi warna putih dan abu-abu.

Untuk temboknya sendiri lebih banyak menggunakan warna putih yang dipadupadankan dengan perabotan yang berwarna abu-abu.

Selain itu penataan ruangan dengan penambahan aksen pastel hampir di setiap sudutnya menjadikan rumah mewah minimalis terasa nyaman untuk ditinggali.

Keberadaan taman di belakang rumah juga membuat suasana asri dan sejuk ketika memasuki area rumah. Hiasan-hiasan yang memenuhi ruangan di dalam rumah sangat instagramable dan bisa dijadikan background foto tanpa harus ke studio.


2. Rumah Konsep Vintage

Instagram / @ibu.nana

Rumah Minimalis Instagrammable
Sumber Gambar: instagram.com/ibu.nana

Pada contoh gambar di atas kesan vintage langsung terasa begitu memasuki rumah. Hampir semua dinding di beri hiasan dinding vintage seperti pot-pot bunga yang digantung rapi.

Selain itu dinding yang menggunakan batako kemudian di cat warna putih gading pada area dapur menambah kesan vintage. Benda-benda juga dibiarkan menggantung di dinding yang memberikan kesan artistik.

Kemudian pada ruang keluarga, cat warna abu-abu terasa mendominasi ruangan.

Sofa dengan ukuran besar dan warna senada dengan dinding yaitu monokrom membuat ruang keluarga menjadi serasi dan nyaman untuk berkumpul.

Pada area samping rumah juga tersedia tempat bersantai dengan meja dan kursi yang disusun sedemikian rupa. Ditambah berbagai macam tanaman yang menggantung dan disusun ada rak-rak menjadikan rumah ini terasa sangat homey.


3. Rumah Minimalis Go Green

Instagram @denidedidut

Contoh rumah mewah minimalis di atas lebih berwarna jika dibandingkan 2 gambar sebelumnya.

Temboknya banyak menggunakan wallpaper yang berwarna-warni setiap ruangannya. Untuk perabotan yang digunakan pun jauh lebih bervariasi.

Permainan warna baik itu cat tembok, furniture maupun hiasan-hiasan di dinding menjadikan rumah ini tampak mewah meskipun konsepnya minimalis.

Pada halaman samping rumah dibuat ruangan untuk berkumpul bersama keluarga dengan konsep go green menjadikan rumah ini tetap hijau dan asri.

Selain itu pada ruang keluarga diberi space yang luas dengan hanya memasang karpet saja agar lebih muat untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga.


4. Rumah dengan Konsep Interior Go Green

Instagram / @dessy_sriwidiastuti

Halaman rumah tampak dihiasi tanaman hijau yang menjulang hampir menutupi pagar rumah.

Bahkan ketika memasuki ruang tamu pun, rumput elastis akan menghiasi begitu memasuki ruangan.

Pada beberapa ruangan terdapat pot-pot kecil yang digantung dengan rapi untuk menambah kesan asri di dalam rumah.

Terdapat ruang santai juga yang bisa digunakan untuk tempat membaca buku dengan konsep yang masih sama.

Namun meskipun rumah ini terkesan hijau pada beberapa ruangan juga didesain begitu mewah dan minimalis.

Hal ini tampak pada kamar tidur yang dicat dengan warna putih gading dengan dasar batu-batuan kasar. Selain itu pada area dapur juga dipasang rak minimalis yang digunakan untuk meletakkan beberapa barang elektronik seperti microwave, dll.


5. Rumah Minimalis Monokrom

Instagram / @rena_iput

Pada gambar rumah minimalis di atas, hampir seluruh ruangan didominasi dengan warna monokrom.

Warna inilah yang membuat kesan minimalis namun mewah semakin terasa. Ditambah dengan furniture seperti sofa yang juga berwarna senada.

Untuk perabotan pun menggunakan bentuk-bentuk yang simple namun terlihat mewah dan mahal dengan warna yang masih tetap senada.

Hiasan di dinding juga tidak terlalu banyak sehingga menampilkan kesan elegan. Selain itu pada halaman depan rumah atau teras terdapat beberapa pot yang berjajar rapi sehingga menampilkan kesan hijau dan asri.

Sedangkan untuk area dapur lebih banyak menggunakan bahan berdasar kayu baik untuk set pantry table hingga almari untuk menyimpan barang. Sehingga menghadirkan kesan yang natural dan alami pada rumah yang dihuni.


6. Rumah Minimalis Pinky

Instagram / @kimi_ira

Rumah Minimalis 2019 Terbaik
Sumber Gambar: instagram.com/kimi_ira
Contoh Rumah Minimalis Pink
Sumber Gambar: instagram.com/kimi_ira

Rumah mewah minimalis yang satu ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Pada contoh gambar di atas bisa dilihat bahwa desain interior rumah berwarna pink.

Sebagian furniture maupun dekorasi berwarna pink dengan kombinasi hitam maupun putih.

Jika dilihat lebih detail hampir setiap ruangan memiliki konsep yang berbeda-beda. Hal ini terlihat dari cat dinding yang digunakan dan perabotan yang ada di dalamnya.

Untuk kamar tidur dibuat sangat girly dengan cat berwarna pink hampir memenuhi seluruh tembok ruangan. Ditambah lagi gorden yang juga berwarna pink dan hiasan yang menggantung di dinding.

Pada ruang tamu menggunakan warna putih untuk memberikan efek ruangan yang lebih luas. Sedangkan pada area dapur diberi wallpaper pada dinding dengan motif yang membuatnya semakin terlihat mewah.


7. Rumah Minimalis dengan Konsep Girly

Instagram / @arie_rieyanthie

Bagi yang menyukai rumah yang girly bisa mencoba konsep rumah mewah minimalis yang satu ini.

Hampir di setiap ruangan mulai dari teras, ruang tamu hingga kamar tidur menggunakan cat berwarna pink.

Perabotan dan furniture yang digunakan pun senada dengan bentuk atau karakter tokoh kartun yang menggemaskan.

Namun jika dilihat dengan teliti, pada bagian dapur tidak banyak menggunakan aksen warna pink. Hanya terdapat pada beberapa perabot saja agar tetap matching dengan tema rumah ini.

Dapur lebih banyak menggunakan cat warna putih di dinding karena agar lebih bersih dan luas. Almari dan perabotan lainnya juga didominasi dengan warna putih sehingga tetap terlihat simple namun elegan.


8. Rumah Minimalis dengan Indoor Garden

Instagram / @tabloidrumah

Rumah ini merupakan salah satu contoh rumah dari majalah tabloid rumah.

Konsep rumah minimalis di atas mengusung konsep garden atau go green karena hampir di setiap spot terdapat hiasan pot atau tanaman hijau.

Ketika memasuki ruang tamu akan disambut dengan cat warna putih lengkap dengan sofa warna abu-abu dengan tanaman hijau di beberapa sudut.

Begitu memasuki area dapur akan disambut dengan pemandangan hijau yang lebih terasa. Banyak tanaman yang sengaja disusun dan ditata disana.


9. Rumah Mewah Minimalis Kekinian

Instagram / @evieninon

Contoh gambar rumah di atas tidak menggunakan terlalu banyak warna yang mencolok. Cat dinding didominasi dengan warna putih dengan sedikit hiasan di dinding dengan warna senada.

Perabotan lebih banyak menggunakan furniture berbahan dasar kayu dengan warna coklat yang khas. Hal ini menjadikan rumah terasa elegan dan mewah meskipun dengan perabotan yang terlihat simple.

Yang menarik perhatian adalah pada bagian pantry atau dapur yang dibuat seperti di cafe-cafe kekinian.

Kursi kayu tinggi dan hiasan dinding yang dari kayu juga membuat suasana minimalis namun mewah semakin terasa.

Di ruang tamu sofa yang digunakan tampak berwarna monokrom dengan motif zigzag yang memberikan warna pada ruang tamu agar tidak terlalu sederhana.


10. Rumah Minimalis Monokrom

Instagram / @rumahkayilo

Warna monokrom lagi-lagi selalu membuat tampilan rumah mewah minimalis semakin mewah dan elegan. Pada contoh gambar di atas, rumah didominasi dengan dinding berwarna putih.

Beberapa furniture juga berwarna yang serupa seperti kursi, lemari, sofa hingga gorden. Jika diperhatikan memang tidak banyak warna yang digunakan selain warna putih untuk memberikan kesan rumah yang lebih luas.

Warna monokrom juga selain cocok untuk laki-laki juga bagus untuk perempuan sehingga warna ini sangat diminati.

Namun yang menjadi unik di beberapa spot atau ruangan terdapat warna hijau yang memberikan kesan asri pada rumah.

Bahkan pada halaman rumah juga terdapat beberapa tanaman yang menjulang tinggi hampir menutupi pagar rumah.

Di dalam rumah terdapat ruangan yang dipasang dengan rumput sintesis agar rumah tampak lebih hijau dengan beberapa hiasan di dalamnya.


11. Rumah Minimalis dengan Kaca Besar Yang Cantik

Instagram / @rumah_nano

Jika memiliki halaman yang lebih luas bisa mencoba desain rumah mewah minimalis.

Dengan pemasangan kaca-kaca ukuran besar menggantikan dinding membuat rumah ini tampak lebih mewah.

Selain itu pada samping halaman rumah juga dibuat taman untuk bersantai dengan keluarga tercinta. Kaca besar tersebut akan memberikan akses matahari untuk bisa lebih banyak masuk ke dalam ruangan rumah.

Sedangkan untuk furniturenya, warna monokrom masih menjadi favorit. Ada spot-spot yang diberikan hiasan berupa pot-pot kecil dengan tanaman hijau agar rumah bisa lebih berwarna dengan tumbuhan hijau.

Pada ruangan disamping taman juga menggunakan sofa santai berwarna hijau kukus agar lebih senada dengan sekitarnya.


12. Rumah Minimalis Sederhana Namun Elegan

Instagram / @kanyaka_wara_apsari

Pada contoh gambar di atas, hampir keseluruhan dinding rumah berwarna abu-abu muda nyaris putih.

Warna ini paling banyak digunakan pada tipe rumah mewah minimalis karena lebih simple namun tetap terlihat elegan.

Pada ruang tamu pun, menggunakan sofa dengan warna abu-abu yang lebih tua dari warna cat dinding sehingga terlihat senada.

Hiasan dinding berupa pigura dipasang berjejer dengan warna frame yang serupa dengan semua ornamen yang ada di ruang tamu.

Pada area dapur terdapat satu set pantry dengan kursi menghadap keluar dengan kaca besar agar bisa melihat pemandangan di luar.

Dari sana tampak pemandangan hijau dari tumbuhan yang hampir memenuhi pagar halaman rumah. Untuk mempercantik rumah, dinding dipasang hiasan dengan bentuk yang lucu-lucu dan berwarna monokrom atau vintage.


13. Rumah Minimalis Vintage

Instagram / @babydinata

Contoh rumah minimalis yang satu ini mengusung tema vintage. Hal ini terlihat dari warna cat ruangan yang dominan dengan warna pastel.

Perabotan yang digunakan juga lebih banyak berbahan dasar kayu tanpa menghilangkan warna coklatnya yang khas. Pada area dapur sebagian dinding dipasang batu bata dengan warna yang senada dengan furniture di dapur.

Terdapat pula hiasan-hiasan yang klasik dan membuat konsep vintage semakin terasa.

Pada ruang tamu, dinding penuh dengan cat berwarna putih dan hiasan dinding yang sederhana.

Sofa berwarna coklat atau mocca juga sangat senada dengan beberapa perabotan yang menggunakan bahan kayu.

Penataan yang cantik dan sesuai tempat menjadikan rumah ini semakin terlihat mewah namun tetap homey untuk ditinggali.


14. Rumah Mewah Minimalis Elegan

Instagram / @aljeel_architects

Semua yang ada dalam rumah ini begitu mewah namun tetap terkesan sederhana. Penggunaan warna yang tidak terlalu banyak membuat rumah ini tampak elegan.

Jika dilihat secara detail, konsep interior pada ruangan hingga furniturenya hampir mirip dengan desain interior hotel maupun apartemen.

Desain ini sangat cocok untuk pria yang mungkin masih lajang karena kesan maskulin akan begitu terasa ketika memasuki ruangan.

Tidak banyak hiasan yang terpasang di dinding, bahkan nyaris tidak ada.

Hal yang menjadi daya tarik adalah lampu hias yang terpasang di langit-langit ruangan dan berbeda hampir di setiap tempat.

Begitu memasuki ruangan ini kesan mewah akan langsung terasa. Ditambah lagi warna cat yang lagi-lagi abu-abu atau monokrom yang menambah kesan elegan pada setiap ruangan.


15. Rumah Minimalis di Lahan yang Minim

Instagram / @novridainayah

Konsep pada contoh gambar di atas sangat cocok untuk rumah yang tidak terlalu luas namun ingin tetap terlihat mewah.

Bisa dilihat bahwa di ruang tamu terdapat televisi yang dipasang di dinding ruang tamu. Hal ini berarti ruang tamu juga merangkap sebagai ruang keluarga untuk berkumpul atau sekedar menonton televisi.

Meskipun demikian rumah tetap terlihat elegan dan mewah.

Selain itu penggunaan warna putih dan hitam juga abu-abu pada hampir keseluruhan rumah seperti dinding, sofa, gorden maupun yang lainnya.

Hal ini menjadikan ruangan terlihat lebih luas dan tampak lebih elegan. Hiasan di dinding pun tidak terlalu banyak sehingga lebih terlihat rapi dan bersih.


16. Rumah Minimalis dengan Garden di Teras

Instagram / @dessyandiniw

Rumah mewah minimalis ini mengusung tema go green karena begitu masuk ke halaman rumah langsung disambut dengan pemandangan hijau.

Disamping pintu masuk ke rumah bahkan diberikan kursi taman ukuran sedang agar anggota keluarga bisa bersantai disana dengan suasana yang sejuk.

Konsep ini semakin terasa ketika masuk ke dalam rumah yang hampir keseluruhan ruangan di cat dengan warna hijau.

Selain cat, perabotan rumah seperti sofa, kursi makan, bahkan hingga gorden juga berwarna hijau. Pada area dapur meskipun di cat hijau juga namun sebagian dindingnya dipasang keramik dengan masih bernuansa hijau meski tidak banyak.

Warna hijau yang ada di dalam rumah kemudian dipadukan dengan perabotan warna putih yang membuat ruangan menjadi indah dan tampak homey.


Tips Membangun Rumah Minimalis

Apakah ingin melihat rumah dengan budget yang besar namun ternyata tidak sesuai harapan?

Nah, untuk mencegah hal tersebut simaklah tips persiapan yang harus dilakukan sebelum membangun hunian minimalis:

1. Budget

Persiapan Membangun Rumah Minimalis
pexels.com

Budget memang menjadi hal paling penting ketika akan memutuskan untuk membangun hunian minimalis.

Di tengah melonjaknya berbagai harga, tidak terkecuali bahan-bahan bangunan semuanya memerlukan perhitungan yang teliti.

Maka sebaiknya menabunglah jauh-jauh hari sebelum membeli atau membangun rumah.

Tips lain adalah sediakan budget yang melebihi perhitungan karena kadang kali di tengah pembangunan akan ada barang-barang yang bisa melebihi perencanaan budget.

Melalui antisipasi tersebut dapat mencegah pemberhentian pembangunan sementara akibat budget yang habis. Maka dengan begitu proses pembangunan akan berjalan dengan lancar

2. Persiapan Lahan

Persiapan Membangun Rumah Minimalis Lahan
Sumber Gambar: instagram.com/arquinews

Hal berikutnya adalah mempersiapkan lahan.

Saat ingin membangun hunian yang minimalis dan megah carilah lahan tanah yang luas untuk memudahkan proses pembangunan rumah sesuai dengan keinginan.

Indikator lainnya sebaiknya pilih pula lahan yang strategis dan dekat dengan pusat kota, sekolah, kesehatan, perbelanjaan, dan transportasi dengan begitu segala kegiatan akan dimudahkan.

Begitu pula dengan ketersediaan air bersih, apakah tempat yang dipilih akan mudah untuk mendapatkan air bersih atau tidak.

3. Gunakan Jasa Arsitek Profesional & Berpengalaman

Persiapan Denah Rumah Minimalis
Sumber Gambar: instagram.com/floorplan_man

Setelah semuanya terencana untuk memasuki tahap pengerjaan rumah, pilih jasa arsitek yang telah berpengalaman, konsultasikan semua keinginan kepada arsitek tersebut.

Karena jika rumah minimalis tanpa perencanaan dari seorang arsitek, bisa jadi hasil pembangunan rumah tidak akan terlihat minimalis mengingat sudah mengeluarkan banyak budget.

Selain memilih jasa arsitek, pilihlah juga kontraktor dan konsultasi, mandor bangunan, dan para kuli bangunan yang berkualitas.

Tentunya, supaya hasil rumah impian akan sesuai harapan maka carilah orang-orang yang telah mempunyai jam terbang yang tinggi.

4. Gunakan Jasa Interior Rumah

Tips Membangun Rumah Minimalis
Sumber Gambar: instagram.com/floorplan_man

Melalui jasa interior segala sesuatu akan tertata dengan baik juga artistik, selain itu akan mempermudah pemilik rumah untuk menghias rumahnya agar lebih terlihat wah dan bagus.

Maka dengan ini hunian akan sangat sempurna, siapapun akan terkesan jika berkunjung ke rumah tersebut.

5. Berguna untuk Investasi Masa Depan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah pembangunan rumah untuk masa depan.

Tidak dipungkiri bahwa ketika berencana membangun rumah akan ada bayangan untuk menjualnya kembali di masa depan.

Maka bangunlah rumah yang berkualitas dan perencanaan yang baik agar harga jualnya tinggi di masa depan.

Walaupun tidak akan dijual, pembangun rumahtetap harus diperhatikan sebagai investasi masa depan seperti harta warisankepada anak dan cucu. Maka bangunlah atau membeli rumah dengan mengedepankankualitas sejak awal, hal ini akan sangat diperhitungkan pada masa depan.


Itulah ulasan mengenai rumah minimalis, dari konsep hingga inspirasi desain. Semoga bermanfaat.

Vannia R

a dreamer, designer, and home-decor enthusiast.

Satu pemikiran pada “Desain Rumah Minimalis”

Tinggalkan komentar