Rumah Minimalis Tampak Depan

Dapatkan inspirasi terbaik rumah minimalis tampak depan disini: ✓ 1 lantai ✓ 2 lantai ✓ modern ✓ asri ✓ instagrammable ✓ cantik.


Rumah berdesain minimalis seringkali digunakan oleh para pengembang perumahan.

Desain bergaya minimalis memang terkesan modern dan lebih sederhana. Namun banyak orang yang tertarik menggunakan gaya rumah tersebut sebab berbeda dengan rumah lainnya.

Berikut adalah beberapa karakteristik rumah minimalis, dan contoh rumah minimalis tampak depan.

1 Lantai

Rumah Minimalis Tampak Depan 1 Lantai
Sumber Gambar: Afda Ari / Pexels

Rumah berikut ini cocok untuk luas lahanterbatas. Biasanya pengembang perumahan menyukai desain ini karena dinilai cukup bagus dan tidak sulit dibuat.

Atap yang bersusun menimbulkan kesan rumah agak lebih tinggi. Jadi, meskipun kecil ruang udara tidak terlalu sempit dan pengap di dalam rumah.


2 Lantai

Rumah Minimalis Tampak Depan 2 Lantai
Sumber Gambar: pexels.com

Putih sering menjadi warna dasar pada hunian bertema minimalis. Namun masih jarang orang yang menggunakan warna ini untuk bagian depan rumahnya.

Padahal gambar tersebut menunjukkan rumahdengan warna dasar putih, dan terlihat sangat modern. Selain itu kesan elegandari warna tersebut bisa meningkatkan nilai artistik rumah.

Gambar tersebut menggunakan warna putih bukanhanya pada dinding, namun juga pada kursi yang ada di lantai bawah. Kacajendela dan balkon dengan kaca sebagai pagarnya, mempercantik tampilan sehinggamembuat desain rumah tidak membosankan.


Modern

Rumah Minimalis Tampak Depan Modern
Sumber Gambar: giovanni gargiulo / Pixabay

Model 1 – Bentuk dasar rumah ini adalah 3 balok bersusun. Tiga bagian balok tersebut dipercantik dengan adanya jendela besar.

Contoh pertama berupa sebuah rumah yang terlihat agak aneh. Namun, sebenarnya rumah dengan model ini bisa ditiru.

Ini bisa menjadi jalan sirkulasi udara dan cahaya sehingga rumah lebih ramah lingkungan. Jika membutuhkan privasi,

Jendela ini bisa ditutup dengan tirai besar dan akan tetap terlihat cantik. Tampak depan rumah minimalis ini sangat menarik sebab masih jarang digunakan di Indonesia.


Model 2 – Konsep modern adalah yang paling banyak digunakan untuk tampilan rumah minimalis. Hal ini dikarenakan, pada konsep modern mengedepankan pada fungsionalitas ruang dibandingkan nilai artistik yang tak memiliki fungsi jelas.

Karenanya, banyak rumah-rumah minimalis yang memiliki tampilan yang terkesan polos dari depan.


Asri

Mengusung konsep minimalis bukan berarti harus mengurangi hijaunya dedaunan dari tampilan depan rumah.

Adanya hijau-hijau pun dapat ditambahkan dengan memanfaatkan metode penanaman menggunakan pot. Selain itu, lantai rumah tidak selalu harus dalam satu level.

Memberikan tinggi level yang berbeda pada lantai atas dapat mengesankan penghuni rumah yang dinamis.


Artistik

Rumah Minimalis Tampak Depan Elegan
Sumber Gambar: Kenny Luo / Unsplash

Rumah yang satu ini sangat artistik. Bentuk dasarnya masih berupa kubus, namun dengan tambahan sorot lampu yang cantik.

Penambahan lampu sorot bisa menjadi aksen menarik pada rumah.

Bagian yang bermotif bisa diperlihatkan lebihjelas, namun tidak terlalu berlebihan. Pilih lampu sorot berwarna kuningseperti dalam contoh tersebut agar kesan elegan dan artistik muncul di kediamanbergaya minimalis.


Tropis

Rumah Minimalis Tampak Depan Bagus
Sumber Gambar: Vedant Sharma / Pexels

Daerah tropis juga cocok dengan rumahberdesain minimalis. Namun, pemilik harus menyeimbangkannya dengan warna yangcantik dan sesuai dengan lingkungan.

Misalnya rumah dalam gambar tersebut yangmenggunakan warna krem kekuningan. Warna tersebut cerah dan sesuai dengan iklimtropis di Indonesia.


Apartemen

Selain seperti yang tampak pada gambar, rumah minimalis dengan memanfaatkan ruang atas garasi atau carport untuk tempat tinggal banyak jenisnya.

Akses menuju ke lantai atas dapat menggunakan tangga, baik dari dalam garasi ataupun dari luar layaknya dalam gambar.

Estetika tampak rumah masih dapat diperoleh dengan menggunakan tangga luar.


Aksen Kayu

Rumah Minimalis Tampak Depan Kayu
Sumber Gambar: Expect Best / Pexels

Kayu yang ditata dengan pola yang sama bisa menghadirkan kesan minimalis namun tidak membosankan.

Kayu masih menjadi pemanis rumah yang mudahditemukan dan dikreasikan. Seperti contoh tersebut yang menggunakan kayusebagai aksen di bagian depan rumahnya.

Warna cokelat pada kayu juga harus dipertahankan untuk menunjukkan bahwa kesan minimalis tidak harus menggunakan semen dengan warna abu-abunya.


Kesan Luas

Rumah Minimalis Tampak Depan Mewah
Sumber Gambar: Stephan Bechert / Unsplash

Bingkai kaca yang terbuat dari logam memisahkan antara jendela dan pintu. Ini bisa menjadi alternatif desain tampak depan rumah minimalis.

Contoh berikutnya adalah rumah dengan jendelabesar. Kebanyakan model rumah minimalis memang menggunakan jendela besar denganciri tanpa tepi.

Biasanya tepian jendela dibuat sekecil mungkin agar terlihat menyatu dengan dinding. Namun, desain rumah ini berbeda dan unik. Jendelanya justru dibuat bertepi dan membentuk “wajah” rumah dengan sangat elegan.


Cariage House

Carriage house atau kalau sebutan masa kini dapat diartikan sebagai garasi, merupakan bangunan yang dibangun untuk menyimpan kereta kuda.

Bangunan ini dibangun dengan atap segitiga dan biasanya tidak memiliki teras. Model carriage house sering diadopsi sebagai model desain rumah tinggal.

Bahkan ada banyak carriage house direnovasi menjadi rumah tinggal dengan mengoptimalkan penggunaan ruang.


Dinding Batu

Tampilan rumah minimalis tak selalu harus tampak modern. Untuk menambah kesan alami, dapat dilakukan dengan aplikasi dinding batu pada bagian depan rumah.

Sebagai pelengkap, hiasi dengan tanaman gantung. Rumah pun akan tampak asri, meski berukuran mini.


Lahan Berelevasi

Lahan untuk membangun rumah minimalis tidak selalu memiliki permukaan yang datar. Adakalanya membangun rumah di lahan yang berkontur.

Cara perataan lahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan resiko terhadap longsor akan semakin besar.

Sebaiknya dilakukan adalah dengan mengikuti kontur tanah yang ada. Tampilan tampak rumah pun akan memiliki keunikan tersendiri, seperti contohnya hunian minimalis 2 lantai namun terkesan 3 lantai seperti pada gambar.


Dengan Carport

Membangun rumah minimalis berarti membangun rumah di lahan yang terbatas. Oleh karenanya, pengguguran fungsi-fungsi tersier dari rumah pun dapat dilakukan, seperti misalnya garasi.

Sebagai alternatif, dapat ditambahkan carport di bagian depan rumah untuk menaungi mobil.

Dengan begitu meskipun ada ruang untuk ‘garasi’, tapi tidak akan terasa terlalu kentara.


Dengan Teras Atas

Memiliki rumah minimalis dapat berarti kehilangan ruang teras di depan rumah karena telah digunakan untuk carport.

Sebagai solusi, dapat ditambahkan teras pada lantai atas. Dengan demikian, masih dapat mendapatkan ruang teras sesuai dan dapat didesain sesuai dengan keinginan.


Teras Berkanopi

Demi estetika tampilan tampak depan rumah minimalis 2 lantai, dapat menambahkan kanopi untuk teras.

Selain itu, kanopi juga dapat diperpanjang sehingga dapat digunakan untuk carport. Material kanopi tambahan yang populer digunakan di Indonesia yaitu galvalum.

Sayangnya, penggunaan galvalum dapat meningkatkan resiko kebisingan saat gerimis.


Teras Semi Privat

Banyak rumah minimalis yang menambahkan teras di lantai atas alih-alih di lantai bawah. Ini disebabkan karena fungsi pintu masuk yang dimiliki oleh teras di bagian bawah akan terganggu jika menambahkan perabotan di sana.

Pasang sekat yang non solid sebagai pengganti dinding. Dengan begitu, keterbukaan dari teras akan tetap diperoleh dan perlindungan dari tatapan orang lain pun bisa didapat.


Akhir kata…

Dilihat dari contoh tampak depan rumah minimalis 2 lantai yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa rumah minimalis menghindari penggunaan kolom tiang di teras.

Hal ini mungkin dikarenakan oleh keberadaan kolom akan semakin mempersempit tampilan rumah dari depan.

Semoga kumpulan tampak depan rumah minimalis, baik 1 atau 2 lantai bermanfaat. Terima kasih.

Vannia R

a dreamer, designer, and home-decor enthusiast.

Tinggalkan komentar