Rumah Minimalis 3 Kamar

Rumah Minimalis 3 Kamar

Wujudkan segera rumah idaman, temukan ragam ide desain rumah minimalis 3 kamar terbaik untuk keluarga yang semakin hangat. Yuk, cek inspirasinya.


Rumah dengan 3 kamar tidur adalah rumah yang ideal untuk keluarga menengah dengan jumlah anak 2 hingga 3 orang. Cocok juga untuk keluarga kecil dengan 1 anak, sementara kamar lainnya untuk kamar tamu.

Berikut ini beberapa desain rumah minimalis 3 kamar yang dapat dijadikan referensi.


Desain Rumah Minimalis 3 Kamar 2019

1) Rumah Minimalis 3 Kamar 1 Lantai

Jika kamu memiliki lahan yang cukup luas, tentu akan sangat mudah mendesain sebuah rumah dengan 3 kamar tidur. Keuntungan lainnya adalah tidak perlu mendesain rumah 2 lantai, cukup 1 lantai saja.

1. Dengan lahan yang cukup luas, kebutuhan 3 kamar tidur dapat terpenuhi dengan pola penataan linear di samping. Sementara area tengah adalah ruang bersama.

Area samping lainnya adalah untuk kebutuhan servis, seperti garasi, area pembantu, dan dapur.

desain rumah minimalis 3 kamar
houseplans.com

2. Kamar tidur utama yang ukurannya lebih besar dapat diletakkan terpisah dari 2 kamar tidur lainnya.

Dan area sisa di bagian tengah adalah ruang keluarga dan dapur. Desain ini cocok untuk lahan yang tidak begitu luas.

desain rumah minimalis 3 kamar terbaru
familyhomeplans.com

3. Salah satu kebutuhan ruang yang perlu dipenuhi untuk rumah dengan 3 kamar adalah area garasi. Apalagi untuk keluarga berada, bisa jadi setiap anggota keluarga memiliki mobil sendiri. 

desain rumah minimalis 3 kamar terbaik
lovinghomedecors.com

4. Desain sederhana hadir untuk menggenapi selera keluarga menengah dengan 1 mobil. Kamar tidur utama bisa diletakkan di area paling belakang dengan kamar mandi dalam.

Sementara itu 2 kamar sisanya disambungkan dengan 1 kamar mandi bersama. Dapur, ruang keluarga, dan ruang makan ada di satu area besar yang efekif.

inspirasi desain rumah minimalis 3 kamar
titik-garis.blogspot.com

5. Walau berada di lahan yang sempit dan memanjang ke belakang, kamu tetap bisa mendesain rumah yang ideal. Dimana kamar tidur diletakkan di area belakang sebagai ruang privat.

Area depan menjadi ruang publik dan semi publik. Ada akses ke loteng atau ruang atap, misalnya untuk gudang atau tempat jemur.

gambar desain rumah minimalis 3 kamar
robinsonplans.com

6. Lahan yang luas akan menghasilkan desain yang beragam.

Desain ini hadir dengan berbagai macam ruang yang cocok untuk keluarga berada. Ruang keluarga dan ruang makan sangat luas. Demikian pula dengan garasi yang cukup untuk 2 mobil.

gambar desain rumah minimalis 3 kamar terbaru
drummondhouseplans.com

2) Rumah Minimalis 3 Kamar 2 Lantai

Rumah 2 lantai hadir sebagai solusi untuk berhuni di lahan yang terbatas, khususnya di kawasan perkotaan.

Jika memiliki kebutuhan ruang 3 kamar tidur sementara lahan yang tersedia tidak cukup luas, tentu cara terbaik adalah membuat lantai tambahan.

1. Tiga kamar tidur semuanya dapat diletakkan di lantai 2 sebagai ruang privat. Jangan lupa untuk menyediakan 1 kamar mandi bersama di atas.

Sementara itu lantai 1 adalah ruang keluarga, makan, dan dapur yang menjadi satu, lengkap dengan beranda depan dan belakang.

desain rumah minimalis 3 kamar 2 lantai
drummondhouseplans.com

2. Alternatif desain lainnya adalah membuat area utama menjadi lebih eksklusif dengan ruang-ruang yang terpisah.

Misalnya ruang keluarga dan ruang makan yang dipisahkan dengan area transisi. Kamar utama maupun kamar biasa semuanya ada di lantai 2.

ide desain rumah minimalis 3 kamar 2 lantai
id.pinterest.com/thequiltranch

3. Contoh desain selanjutnya adalah menjadikan lantai 2 tidak hanya sekadar ruang privat.

Namun di dalamnya juga terdapat ruang kerja dan ruang baca yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bersama. Kebutuhan ini dapat mempererat hubungan antar penghuni rumah, misalnya untuk belajar bersama anak-anak.

model rumah minimalis 3 kamar 2 lantai
drummondhouseplans.com

4. Kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam, dan dua kamar lainnya pun bisa diletakkan secara efektif di lantai atas. Sehingga area lantai 1 semuanya adalah area semi publik yang berkesan lebih lapang.

contoh denah rumah minimalis 3 kamar 2 lantai
robinsonplans.com

5. Jika kamu memiliki kebutuhan garasi yang besar, rumah 2 lantai juga bisa menjadi konsep yang dipilih, apalagi jika lahan tidak begitu luas.

Rumah ini memiliki desain step level, dimana garasi ada di ketinggian yang lebih rendah dari bangunan utama.

sketsa desain rumah minimalis 3 kamar 2 lantai
robinsonplans.com

6. Di zaman sekarang memang semakin sulit mendapatkan lahan yang bentuknya ideal. Sehingga bisa jadi kamu akan mendapati lahan kecil yang memanjang ke belakang.

Ini adalah salah satu contoh desain rumah 2 lantai yang berkonsep rumah urban. Kamu tetap bisa memiliki rumah yang nyaman dengan sirkulasi yang baik. Kamar utama ada di lantai 1, sementara 2 kamar lainnya ada di lantai 2.

denah rumah minimalis 3 kamar 2 lantai
tinyhousedesign.com

7. Contoh lain adalah desain rumah yang area tangganya diletakkan di bagian belakang sehingga sirkulasi antara ruang-ruang yang bersinggungan tidak menjadi kacau, dan persebaran ruang menjadi lebih baik.

contoh model rumah minimalis 3 kamar 2 lantai
robinsonplans.com

8. Dengan bentuk yang tidak beraturan, desain rumah ini merupakan salah satu penerapan arsitektrur modern.

Hal yang menarik dari sana adalah adanya ruang void yang besar, dimana dapat dimanfaatkan sebagai fokus dari sebuah rumah.

ide rumah minimalis 3 kamar 2019
beaverhomesandcottages.ca

3) Rumah Minimalis 3 Kamar Tipe Apartement

Walau berada di hunian vertikal, namun satu unit apartement bisa didesan untuk memenuhi kebutuhan 3 kamar tidur.

Contohnya seperti beberapa contoh di bawah ini:

1. Apartement ini memiliki desain yang sederhana namun elegan.

Kamar tidur utama memiliki akses ke kamar mandi dalam. Sementara itu kamar lainnya mengapit kamar mandi bersama sebagai satu kesatuan area privat. Unit apartement memiliki balkon kecil di ruang keluarga.

contoh desain rumah minimalis 3 kamar 2 lantai
bridgesatkendallplace.com

2. Desain apartement ini menarik karena area balkon memanjang dari ujung hingga ke ujung. Dimana area balkon ini dijadikan taman sebagian, sehingga masih terdapat taman yang memanjakan mata.

Kamar tidur berjajar dan ketiganya memiliki akses langsung ke balkon dan taman. Selain itu ruang makan dan keluarga pun juga memiliki akses ke balkon.

denah rumah minimalis 3 kamar
home-designing.com

3. Konsep yang sama hadir di desain ini. Dimana setiap kamar memiliki akses ke luar (balkon). sehingga pencahayaan dan penghawaan sangat baik.

Sementara itu ruang yang berada di dekat pintu masuk adalah ruang servis yang tidak membutuhkan banyak cahaya. Adapun ruang makan dan keluarga menjadi satu dengan dapur secara linear.

konsep desain rumah minimalis 3 kamar
cdn.home-designing.com

4. Apartement yang satu ini cukup luas dan memiliki penataan yang cukup baik. Area kamar terpisah antara kamar utama dan biasa.

Konsep sirkulasinya adalah menyebar (radial) dari satu titik menuju ke berbagai sudut ruangan. Ada satu balkon kecil yang bisa dimanfaatkan untuk ruang santai di ujungnya.

desain rumah 3 kamar apartment
home-designing.com

5. Jika memiliki unit apartement yang memanjang, cara terbaik adalah membaginya menjadi 3 bagian.

Bagian pertama untuk kamar utama dan kamar mandi dalam. Bagian kedua untuk dapur dan ruang bersama. Bagian ketiga untuk kamar tidur. Dengan demikian, sirkulasi menjadi efektif.

desain apartement 3 kamar
cdn.home-designing.com

Kini adalah giliran kamu, manakah pilihannya?

Semoga beberapa referensi ide desain rumah minimalis 3 kamar yang bisa diterapkan untuk rumah kamu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like