Desain Ruang Makan Sederhana

Pengen berkreasi di ruang makan? 10 inspirasi desain ruang makan ini jawabannya, konsep sederhana namun mengesankan, wow!


Gaya hidup minimalis kini kian banyak diminati dan diterapkan oleh masyarakat.

Termasuk untuk dekorasi ruang makan, kesan simpel dan sederhana menjadi tren yang layak diikuti.

Kalau sedang ingin mencoba aliran minimalis, bisa dimulai dari dekorasi ruang makan. Bagian rumah yang satu ini mudah untuk didesain ulang. Maka tak ada salahnya sekarang mengumpulkan referensi desain ruang makan sederhana.

10 Desain Ruang Makan Sederhana Bagi Newly-Minimalist

1. Ciptakan Suasana Bersih dan Rapi

Ruang Makan Sederhana 2019
Sumber Gambar: Instagram / @tabloidrumah

Tidak perlu buru-buru mengganti satu set meja makan. Pakai saja yang sudah ada, namun pastikan penataannya lebih rapi, teratur, dan bersih.

Barang-barang kebutuhan untuk makan ditata dengan cara dikelompokkan pada satu sisi. Bisa di sudut meja atau ditengah. Meskipun barangnya sedikit, jangan dibiarkan berserakan karena akan terkesan berantakan dan masih banyak barang.

Meja yang rapi dan bersih merupakan unsur penting dari desain ruang makan sederhana. Percuma beli satu set meja makan baru kalau kondisi mejanya berantakan.

Akan lebih indah jika dialaskan karpet di bawah meja makan. Ingat, pilih warna senada dengan meja atau kursi makan yang ada.


2. Variasikan Kursi Makan

Kalau bosan dengan set meja makan saat ini, jangan langsung beli baru. Coba tambahkan atau ganti kursi makan dengan kursi lainnya.

Pilih kursi yang nuansanya masih sama dengan suasana ruang makan sebelumnya. Jangan tambahkan kursi yang banyak ukiran atau ornament. Cari kursi yang modelnya simpel dan memiliki warna serupa.


3. Tambahkan Hiasan Dinding yang Sederhana

Untuk menyiasati agar ruang makan tidak tampak kosong, bisa dipasang hiasan dinding di beberapa sudut atau salah satu sisi.

Saat ini ada banyak stiker dinding sehingga tak perlu memasang wallpaper untuk satu ruang makan penuh.

Bisa juga memasang foto atau gambar-gambar sederhana di pigura. Pilihlah hiasan yang pantas untuk di ruang makan. Perhatikan pula penempatan hiasan yang enak dipandang mata.


4. Gunakan Satu Tema

Desain ruang makan sederhana bukan berarti polos. Masih bisa kalau ingin ada tema tertentu di sana. Misalnya memilih pola monokrom untuk alat makan, karpet, taplak meja, atau sandaran kursi.

Nah, karena prinsip minimalis adalah kesederhanaan maka jangan aplikasikan pola yang rumit. Selain kurang nyaman dipandang, ruang makan akan terkesan begitu ramai.


5. Dibuat Satu Fungsi dengan Meja Untuk Mengolah Makanan

Model ruang makan seperti ini mulai banyak diterapkan di Indonesia. Kesannya memang seperti di luar negeri.

Meja untuk mempersiapkan bahan makanan difungsikan juga sebagai meja makan.


6. Bisa Juga Ditempatkan Menyatu dengan Dapur

Melakukan desain ruang makan sederhana bisa juga dengan menempatkan meja makan di dapur. Cara ini seolah-olah ruang makan menyatu dengan dapur.

Ada keuntungannya jika memasukkan meja makan ke dalam dapur. Tidak perlu berjalan jauh untuk menghidangkan makanan yang selesai dimasak.

Dalam hal ini, yang harus diperhatikan adalah jarak posisi meja makan dengan kitchen set. Sediakan ruang cukup untuk bergerak. Bagaimanapun masak dan makan akan menjadi tidak nyaman kalau penempatannya terlalu dekat.

Kesan sempit dan sesak justru yang akan tercipta.


7. Manfaatkan Tanah Taman Belakang

Posisi dapur dan meja makan tidak harus di dalam rumah. Jika rumah memiliki taman belakang, kreasikan sedikit lahan di sana. Taman kecil sudah bisa menjadi dekorasi alami untuk nuansa dapur dan ruang makan.

Dari sini tinggal menyelaraskan warna furniture dan hiasan kecil lainnya, seperti vas bunga, taplak meja, atau alat makan.

Warna yang dipilih bisa putih, hijau, cokelat, atau abu-abu. Tidak mesti satu warna. Boleh mengkombinasikan warna selama tidak terlalu banyak dan selaras dengan nuansa taman.


8. Gunakan Cermin Sebagai Hiasan Dinding

Mungkin sudah banyak yang tahu trik agar ruang makan terasa luas dengan memanfaatkan cermin. Jika didukung dengan lampu berwarna putih maka hasilnya akan lebih terasa. Nah, posisikan lampu dekat dengan cermin agar pantulannya membuat ruang makan terkesan luas.

Agar lebih hidup, bisa ditambahkan hiasan tanaman. Boleh di atas meja, digantung di dinding, atau di tengah ruang makan.

Selama ukuran tanaman tidak terlalu besar dan modelnya simpel, maka ruang makan bisa terkesan luas namun tetap sederhana dan segar.


9. Desain Mini Bar Patut Dicoba

Desain ruang makan sederhana memang cocok untuk rumah berukuran kecil. Walau begitu, bukan berarti ruang makan akan sempit dan kurang nyaman. Semuanya bisa diakali dengan sistem menyatu dengan dapur.

Contoh gambar di atas adalah tata ruang yang pas untuk rumah kecil. Tidak ada meja khusus, melainkan menyatu dengan kitchen set.

Model mini bar pun mengesankan modern dansimpel. Desain seperti ini cocok untuk 2 sampai 4 orang duduk di meja makanbersama. Makan pun akan terasa lebih santai dan tidak terhalangi oleh meja.


10. Tidak Selalu Putih, Bisa Juga Memakai Warna Lain

Kalau anggapan minimalis atau kesederhanaan harus putih itu salah. Ingat, prinsip sederhana bukanlah warna putih, hitam, atau abu-abu.

Jika menyukai warna tertentu, boleh diaplikasikan sebagai warna dominan. Misalnya, hijau muda dipadankan dengan putih.


Demikianlah beberapa contoh serta cara yang bisa dilakukan untuk desain ruang makan sederhana di rumah.

Inspirasi kece lainnya, Anda bisa cek ini: Desain Ruang Makan.

Semoga bermanfaat!

Vannia R

a dreamer, designer, and home-decor enthusiast.

Tinggalkan komentar