Plafon

Plafon

Nah ini, inspirasi model plafon ✓ minimalis, ✓ sederhana, ✓ mewah, hingga ✓ modern untuk rumah impian Anda. Yuk cek, lengkap dengan ulasan tiap modelnya.


Saat ini, elemen plafon tidak banyak diolah sehingga menjadi sebuah ruangan yang membosankan.

Padahal plafon itu sendiri dapat menjadi satu bagian dalam interior ruang yang lebih unik dan elegan. Bagaimana caranya? Berikut model plafon sebagai inspirasinya:


Model Plafon Minimalis 2019

1. Plafon Bergaya Minimalis

Sebuah rumah minimalis tidak selalu harus menampilkan bentukan-bentukan yang sederhana agar tampil elegan.

model plafon minimalis
Gsindesign.com

Untuk elemen plafon sendiri, rumah minimalis sebenarnya masih bisa menampilkan unsur-unsur yang dapat memberikan irama atau komposisi terbaik.

Misalnya dengan membuat bentukan bertingkat.

Plafon dengan unsur bertingkat tidak hanya akan membentuk irama yang lebih indah, namun juga menciptakan kesan elegan dan lebih fokus.

Ruang-ruang yang cocok untuk plafon minimalis dengan irama maju mundur ini adalah ruang utama dalam rumah, seperti ruang makan atau ruang keluarga.


2. Plafon Minimalis Modern

Konsep minimalis modern akhir-akhir ini memang sering digaungkan, khususnya di perkotaan.

model plafon minimalis sekaligus modern
Clickbratislava.com

Rumah minimalis modern dinilai merupakan sebuah solusi terbaik untuk menciptakan ruang huni yang elegan dan juga nyaman bagi rumah-rumah berlahan sempit.

Namun itu artinya penghuni rumah harus lebih kreatif dalam menata interiornya agar tidak terasa monoton.

Plafon minimalis modern dapat hadir dengan berbagai bentuk dan pola. Pola lainnya, seperti model berikut:

model plafon berwarna dengan lampu
instagram.com/bajahollow

Anda bisa membuat bentukan-bentukan geometris yang terfokus pada satu titik, lalu membentuk skema warna yang sesuai dengan tema ruangan tersebut.

Model yang demikian akan membuat ruangan menjadi nampak lebih modern.


3. Model Plafon Sederhana

Jika Anda memiliki ruangan yang nampak tua dengan perabotan yang juga tua, area plafon adalah satu-satunya elemen yang bisa dimainkan.

Tujuannya adalah untuk membentuk kesan visual yang lebih baik.

desain plafon sederhana yang mewah
Haikuo.me

Ada banyak cara untuk menentukan bidang geometris mana yang sesuai untuk ruangan yang sederhana. Namun, bidang lingkaran dinilai cukup baik untuk mengisi kekosongan yang ada.

Lingkaran tersebut juga bisa diberi irama maju mundur serta pencahayaan yang baik sehingga ruangan yang sederhana terlihat lebih cemerlang dan tidak monoton.

Desain sederhana lain namun memikat seperti halnya desain di rumah ini:

desain cantik dengan lampu orange
instagram.com/iluminimled

4. Plafon Bergaya Skandinavia

Rumah bergaya skandinavia mungkin jarang ditemukan di Indonesia. Namun gaya skandinavia dapat dijadikan solusi yang  menarik untuk rumah-rumah yang memiliki atap jenis pelana ataupun perisai.

model plafon berikutnya yakni skandinavia
Td-universe.com

Di Indonesia sendiri cukup banyak rumah beratap pelana dan perisai. Sayangnya, finishing plafon seringkali tidak disesuaikan dengan bentuk atap itu sendiri.

Padahal membentuk plafon skandinavia dengan bidang diagonal dan tetap memperlihatkan struktur atap bisa menjadi daya tarik tersendiri di sebuah ruangan. Apalagi jika ruangan tersebut tidak terlalu tinggi.

Plafon diagonal akan mengesankan ruangan menjadi lebih tinggi dan lebih lapang.

Tapi, tidak semua ruangan beratap pelana dan perisai cocok menggunakan gaya skandinavia ini. Karena tidak semua rumah masih menggunakan rangka yang terkespose.

Gaya ini tidak cocok untuk rumah yang menggunakan rangka galvalum dan sejenisnya.


5. Plafon Minimalis PVC

plafon pvc yang mudah dibongkar pasang
Alishainterior.com

Plafon jenis PVC cukup banyak dijual di pasaran. Plafon ini lebih ringan sehingga mudah untuk dibongkar pasang. Di samping itu, PVC adalah material yang lebih tahan terhadap air.

Tentu plafon akan lebih awet jika dibandingkan dengan jenis plafon lainnya.

Maka dari itu penggunaan plafon PVC bisa dimanfaatkan untuk ruang-ruang yang cenderung lembab atau kotor, misalnya dapur. Namun jika plafon PVC ingin digunakan pada ruang lain, tentu tidak menjadi masalah.


6. Plafon dari Gypsum

model plafon berbahan gypsum
3dexart.com

Jenis plafon gypsum merupakan salah satu jenis plafon yang paling populer di Indonesia.

Karakteristik plafon gypsum cocok untuk interior rumah, karena plafon ini akan nampak seperti tanpa sambungan ketika sudah dipasang.

Inilah yang menjadikan gypsum laku keras di pasaran. Menariknya lagi, plafon gypsum bisa didesain sesuai dengan keinginan.

Namun pemasangannya tentu harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli di bidangnya agar hasilnya lebih halus dan mewah.


7. Plafon Bahan Triplek

Jenis plafon lainnya yang cukup banyak digunakan di Indonesia adalah triplek atau tripleks.

bahan plafon pada umumnya, triplek
Rosiqueflowers.com

Plafon ini terkenal dengan plafon berharga murah, sehingga cocok untuk rumah-rumah minimalis yang sederhana.

Selain ringan, tripleks juga mudah dipasang.

Namun material ini tidak tahan dengan api, sehingga akan lebih mudah terbakar. Selain itu tripleks juga tidak tahan dengan air serta rayap.

Walau demikian, keberadaan plafon tripleks tetap dapat direkomendasikan untuk sebuah rumah tinggal. Warna aslinya yang mirip seperti kayu akan nampak elegan saat dipasang di sebuah ruangan.

Untuk menghilangkan kesan murah pada plafon triplek, Anda bisa memasang lighting yang baik.


8. Plafon Kayu

plafon kayu yang elegan dan mewah
Kizaki.co

Material kayu mungkin sangat jarang dijadikan bahan baku plafon. Hal ini dikarenakan tidak banyak orang yang memahami bahwa kayu dapat diterapkan sebagai pembentuk plafon yang cantik.

Padahal, jika teliti, kayu justru dapat menghasilkan sebuah nuansa yang klasik namun elegan.

Penggunaan material kayu juga dapat diimplementasikan dengan banyak cara. Anda bisa membentuk ruang supaya lebih terlihat luas dengan menghadapkan potongan kayu yang memanjang.

Sebaliknya, jika ingin menghasilkan ruangan agar nampak lebih sempit, kayu dapat dipotong sesuai modul yang diinginkan, lalu dipasang selang-seling.


9. Plafon Rumah Mungil

plafon backlight untuk rumah mungil
Iwemm7.com

Rumah mungil akan sering kita jumpai di perkotaan. Namun kebanyakan pemilik rumah mungil tidak peka dengan elemen interiornya. Sehingga seringkali rumah mungil nampak biasa saja.

Padahal, dengan membentuk plafon yang berirama, sebuah ruangan kecil sekalipun dapat menjadi lebih elegan.

Ruangan kecil memang tidak banyak memberikan kebebasan dalam berkreasi, karena dikhawatirkan akan terlihat semakin sempit.

Demikian pula dengan elemen plafon.

desain plafon rumah mungil
instagram.com/desain_rumah_sederhana

Anda bisa membuat plafon di rumah sempit menjadi lebih terlihat indah dengan menata pencahayaan yang fokus ke tengah dan membuat irama maju mundur yang tidak begitu dominan.


10. Plafon Mewah di Kamar Tidur

kamar tidur dengan plafon yang unik
Foodobsession.co

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam desain kamar tidur adalah menentukan perabot mana yang akan dijadikan fokus.

Plafon di atas kasur bisa dibuat kontras dengan plafon di luar area kasur. Misalnya dengan memberikan warna yang berbeda, atau dengan menyatukan plafon dengan dindingnya.

Anda juga bisa menambahkan beberapa lampu hias di plafon tersebut untuk lampu tidur.


11. Plafon Minimalis di Ruang Tamu

model plafon modern di ruang tamu
Clickbratislava.com

Ruang tamu yang merupakan ruang penerimaan dalam sebuah rumah seharusnya menjadi ruang yang menarik.

Selain dengan memilih perabot yang pas dan dekorasi yang cocok, plafon di ruang tamu dapat didesain dengan konsep yang fokus.

Plafon ini tidak harus dibentuk dengan bentukan-bentukan yang berlebihan. Cukup dengan memilih satu bentukan geometris saja yang kemudian diolah sedemikian rupa secara sederhana.

Untuk menampilkan kesan yang lebih mewah, tambahkan beberapa titik lampu di plafon tersebut. Lampu ini bisa menjadi lampu utama maupun lampu hias.

Tergantung selera si penghuni rumah.


12. Konsep Plafon Drop Ceiling

konsep plafon drop ceiling yang kreatif
Archiproducts.com

Konsep drop ceiling atau plafon gantung tidak banyak diterapkan dalam sebuah rumah tinggal.

Wajar saja, karena drop ceiling kebanyakan diterapkan dalam ruang-ruang yang membutuhkan pola akustik yang baik, misalnya meeting room atau auditorium.

Namun konsep drop ceiling yang sederhana bisa Anda terapkan di ruang utama rumah, seperti ruang makan atau ruang keluarga.

Drop ceiling di sini tidak hanya akan bermanfaat untuk membantu tata akustik ruang, namun juga akan bermanfaat untuk estetika rumah itu sendiri.

Dimana Anda bisa menyusun sebuah bentukan geometris yang sederhana yang kemudian direpetisi di beberapa bagian. Efek lighting yang unik juga bisa diterapkan di sela-sela repetisi dari drop ceiling tersebut.


13. Plafon Minimalis yang Murah

plafon dengan harga murah
Armstrongceilings.com

Budget yang minim sebenarnya bukan menjadi alasan untuk tidak mampu menghasilkan ruang huni yang elegan.

Anda bisa saja memilih konsep plafon murah pada umumnya, yaitu jenis tile ceiling yang dilengkapi dengan lis plafon.

Akan tetapi, untuk mendapatkan nuansa yang lebih elegan, cobalah untuk menempatkan beberapa titik lampu di dalam ruangan yang sama. Warna plafon murah juga bisa dibuat seragam, baik itu badan plafon maupun lis plafonnya.

Dengan demikian, ruangan akan nampak memiliki komposisi yang lebih lengkap, daripada hanya sekadar plafon kotak-kotak pada umumnya.


Bagaimana dengan beberapa model plafon minimalis di atas?

Sesuaikan saja model plafon di atas dengan kondisi dan proporsi rumah Anda. Lalu, aplikasikan segera agar rumah idaman Anda segera terwujud.

1 komentar
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like