Desain Pagar Kayu

Butuh inspirasi pagar kayu yang memukau? Nah, 10 desain pagar kayu minimalis nan cantik ini bisa Anda pertimbangkan. Cek idenya disini!


Kayu merupakan salah satu material pagar yang bisa dipilih untuk mempercantik dan melindungi rumah.

Ada 2 jenis finishing, yakni cat dan vernish. Cat akan memberikan efek warna sesuai dengan catnya sementara vernish memberikan efek alami dari kayu.

Finishing Cat. Finishing pagar kayu yang bisa dipilih adalah dengan cat sesuai dengan keinginan pemilik rumah. Namun biasanya tetap memilih warna-warna natural seperti putih, krem dan warna lain yang menyatu dengan alam.

Finishing Vernish. Finishing yang satu ini paling banyak dipilih untuk pemilik pagar rumah dari kayu, yaitu menggunakan varnish. Pemilihan varnish untuk finishing bisa tetap menonjolkan warna asli dari kayu yang digunakan sebagai material bahan dasar pembuatan pagar.

Bagaimana modelnya? Berikut ragam inspirasi desain yang telah kami rangkum untuk Anda.

Elegan

Pagar Kayu Minimalis Cantik
Sumber Gambar: Instagram @inspirasi.hunian

Tampak pada gambar di atas, pemilik rumah ingin menunjukkan kesan natural dan elegan pada rumahnya.

Pagar kayu yang dibuat dikombinasikan dengan bahan-bahan dari alam seperti batu alam untuk temboknya. Kayu dan batu alam memang sangat serasi untuk membuat suasana natural pada sebuah rumah.


Finishing Cat Putih

Pagar Kayu Putih
Sumber Gambar: Instagram @queen_wood_craft

Terlihat pada gambar di atas sebuah pagar dengan ukuran cukup rendah yang berbentuk unik digunakan sebagai pembatas halaman.

Model pagar seperti di gambar itu cocok untuk rumah-rumah yang berada di tengah lingkungan perkampungan atau perumahan. Rumah dengan posisi seperti itu tidak membutuhkan perlindungan berlebihan dari pihak luar sehingga tidak membutuhkan pagar tinggi.


Rendah yang Cantik

Pagar Kayu Minimalis Rendah
Sumber Gambar: mike stazio dari Pexels

Pada gambar tersebut desain pagar kayu dibuat dengan tinggi yang bervariasi sehingga membentuk gelombang di bagian atasnya. Pagar kayunya terlihat sangat unik dan natural karena sesuai dengan warna rumah di belakangnya.

Desain seperti ini kurang cocok digunakan untuk rumah di kota besar di Indonesia yang membutuhkan perlindungan ekstra, karena ukurannya cukup kecil.


Minimalis dengan Bunga

Pagar Kayu Vertikal
Sumber Gambar: Kristina Paukshtite dari Pexels

Melihat gambar pagar di atas sangat menyegarkan, karena dihiasi bunga warna-warni di depannya. Sebenarnya desain pagar kayu ini sangat minimalis, hanya dijajar vertikal dengan ukuran yang sama menggunakan kerangka kayu juga.

Pagar dan kerangka disatukan dengan begitu natural, finishingnya yang menggunakan cat putih semakin menonjolkan keindahan bunga di depannya.


Model Britain

Pagar Kayu Minimalis Britain
Sumber Gambar: Brett Sayles dari Pexels

Melihat pada gambar di atas pagar dibuat sangat minimalis dengan model sederhana, ukuran rendah. Pagar kayu ini menggunakan model seperti pagar kayu di Britania Raya, di pasang di halaman rumah hanya sebagai batas dengan jalan raya.


Klasik Unik

Pager Kayu Putih 2019
Sumber Gambar: Mike Bird dari Pexels

Pagar ini cocok digunakan untuk halaman depan rumah dan sekeliling rumah, namun pada pagar ini dibutuhkan jumlah kayu lebih banyak. Kayu dibuat utuh tanpa dibelah dan dirangkai menjadi agar untuk rumah dengan konsep minimalis artistic.

Banyak bukan ide desain pagar kayu yang difinishing menggunakan cat, tanpa mengubah keindahan dari kayu itu sendiri. Pemilihan warna cat hendaknya tetap memperhatikan keserasian antara warna pagar dengan warna rumah yang diberi pagar.


Horizontal Vernish Natural

Pagar Kayu Horizontal
Sumber Gambar: Instagram @rubijanto369

Bagi yang menyukai desain pagar kayu simpel dan sederhana tapi tetap mampu memenuhi fungsinya model ini sangat cocok.

Pagar dibuat dengan sangat sederhana hanya menjajarnya secara horizontal saja dan memberi besi sebagai penyangganya dipasang vertikal. Model pagar ini sangat cocok untuk rumah dengan konsep minimalis yang sederhana, pasti semakin indah dengan pagar ini.


Horizontal sebagai Pintu Garasi

Pagar Kayu Horizontal Sempurna
Sumber Gambar: Instagram @ubinkayu

Kayu yang disusun secara horizontal tanpa celah juga bisa menghasilkan pagar yang sangat kokoh dan berfungsi sebagai pintu garasi. Pagar ini dibuat minimalis serasi dengan rumah di dalamnya yang berkonsep minimalis modern.

Pemilihan desain pagar kayu ini memang sangat tepat membentuk sebuah kesan elegan pada rumah yang sudah tampil elegan.


Kombinasi Besi

Pagar Kayu Kombinasi Besi
Sumber Gambar: Instagram @dinamursyida

Pagar kayu juga bisa dibuat dengan cara menyusunnya vertikal berjajar dengan rapi di atas rangka besi.

Pada gambar di atas, pagar kayu dibuat dengan kombinasi besi untuk rangka dan gagang pagarnya, sehingga tampak elegan meskipun minimalis. Modelnya memang sangat sederhana tapi bisa terlihat elegan dengan finishing varnish yang menawan


Kriteria Pagar Kayu yang Baik

Membuat pagar dari kayu akan menimbulkan kesan lebih lunak dibandingkan dengan material besi atau semen.

Bagi pecinta kesan-kesan natural dan lebih menyukai menyatu dengan alam, kayu adalah pilihan yang tepat. Dalam membuat pagar kayu harus memenuhi beberapa kriteria di bawah ini agar menjadi pagar yang baik untuk rumah:

1. Material kayu yang tepat.

Banyak jenis kayu di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai bahan material pembuatan pagar yang baik. Sebut saja kayu ulin, jati, damar, kamper, cendana atau bamboo semua material itu bisa digunakan. Tapi tentu saja harus dipilih sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan di pasaran agar tidak menyulitkan pembuat pagar.

2. Model sesuai dengan konsep rumah.

Pagar yang baik tentu harus tetap menyatu dengan konsep rumah yang sudah dibuat agar tidak tampak aneh. Pemilihan pagar kayu sangat cocok untuk rumah dengan konsep modern minimalis atau rumah tradisional.

3. Sesuaikan tinggi dengan posisi rumah.

Pembuatan pagar kayu juga harus memperhatikan posisi rumah, terutama saat menentukan tinggi pagar sebuah rumah. Sebagai contoh, rumah yang berada di pinggir jalan besar membutuhkan pagar kayu yang lebih tinggi dibanding dengan rumah yang posisinya di dalam perumahan.

4. Finishing cat putih atau varnish.

Untuk membuat pagar yang baik tentu saja harus difinishing agar menjadi indah dan tampak sempurna. Finishing bisa dilakukan menggunakan cat atau varnish sesuai dengan kebutuhan dan konsep rumahnya.

Itulah kriteria-kriteria yang harus diperhatikan dalam membuat desain pagar kayu agar menghasilkan pagar yang baik untuk sebuah rumah.

Banyak sekali desain yang bisa digunakan untuk membuat pagar yang bagus dan memenuhi fungsi utama dari  pagar tersebut untuk rumah.


Demikianlah keseluruhan ide pagar kayu yang bisa dijadikan referensi pembuatan pagar untuk sebuah rumah.

Semoga bermanfaat, ya.

Vannia R

a dreamer, designer, and home-decor enthusiast.

Tinggalkan komentar