Mengenal Interior Rumah Betawi yang Menarik

Audrey

Di Indonesia, ada banyak suku. Salah satunya suku Betawi. Suku Betawi asalnya dari Jakarta. Mereka penduduk asli Jakarta. Interior rumah Betawi punya ciri khas. Atapnya seperti pelana yang dilipat. Lipatan ini mirip kebaya kalau dilihat dari samping. 

Itulah kenapa rumah Betawi juga diberi nama rumah kebaya. Namun, sekarang rumah model Betawi atau rumah kebaya sudah jarang ditemukan. Kami akan bahas interior rumah ala Betawi atau rumah kebaya. Yuk simak informasi tentang interior rumah Betawi berikut ini.

Jenis-Jenis Rumah Betawi

Ada empat jenis rumah tradisional Betawi, yaitu:

  • Rumah Joglo
  • Rumah Gudang
  • Rumah Panggung
  • Rumah Kebaya

Ciri Khas Rumah Betawi

Rumah Betawi punya beberapa ciri khas. Beberapa ciri rumah Betawi meliputi:

Sebagian besar rumah Betawi memakai jendela dan pintu krepyak. Jendela krepyak terdiri atas rangkaian jalusi yang disusun secara horizontal. Jendela krepyak punya fungsi untuk pengaturan sirkulasi cahaya dan udara.

Di zaman dulu, rumah Betawi tidak punya kamar mandi di dalam rumah. Kamar mandinya ada di luar rumah. Tepatnya di belakang rumah. Sedangkan, di rumah Betawi modern, kamar mandi tidak terpisah dari rumah tapi dibatasi dengan ruang transisi.

Ciri khas yang menonjol pada bagian eksterior rumah Betawi adalah ornamen gigi balang. Biasanya, ornamen ini ditemukan di atap rumah. Ornamen ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan. Ornamen ini juga dapat cegah air hujan masuk ke dalam rumah.

Ornamen inilah yang menampilkan sisi estetik dari rumah Betawi. Ornamen ini biasanya dibuat dengan material kayu. Polanya berbentuk segitiga dengan lubang yang berbentuk bulat. Motifnya beragam. Ada kuntum melati, potongan waru, wajik susun dua, dan wajik.

Baca Lainnya:   5 Manfaat Menggunakan Karpet Bulu Lantai

Pemberian gigi balang berasal dari frasa gigi belalang. Nama ini diberikan karena tampilan ornamen ini mirip seperti gigi belalang.

Menurut Archify, rumah Betawi biasanya juga dilengkapi dengan teras yang luas. Di teras ini biasanya juga ada kursi dan meja untuk terima tamu. Di sekitar teras depan rumah, biasanya ada pagar yang dibuat dari bahan kayu.

Interior Rumah Betawi

Salah satu ciri interior rumah Betawi, yaitu pemakaian bahan kayu yang dominan. Kayu dipakai untuk buat jendela, dinding, perabotan rumah, dan lain-lain.

Kalau Anda mau bangun rumah dengan interior rumah Betawi, kombinasikan bahan kayu dengan bahan yang lain. Contohnya, keramik, cat dinding, dan lain-lain.

Menurut Telkom University, selain penggunaan material kayu yang dominan, ciri khas interior rumah khas Betawi, yaitu:

  • Pemasangan lampu gantung di teras rumah.
  • Ukiran gigi balang atau lipsing.
  • Pemakaian warna-warna yang cerah, seperti hijau dan kuning.
  • Dilengkapi dengan sekat yang berfungsi sebagai pemisah ruang.
  • Dilengkapi dengan panel-panel yang bisa digeser sehingga rumah terasa luas.
  • Pola dengan bentuk garis, belah ketupat, dan lingkaran.
  • Adanya berbagai motif ukuran, seperti bunga melati, bunga tapak dara, tumpal atau pegunungan, bunga mawar, bunga cempaka, bunga kim hong, dan binatang rusa.

Demikian pembahasan tentang interior rumah Betawi. Rumah Betawi punya ciri khas yang buat rumah ini tampak menarik. 

Semoga pembahasan tentang interior rumah Betawi ini dapat jadi referensi bagi Anda yang mau bangun rumah. Setelah tahu tentang interior rumah dari suku ini, apakah Anda tertarik untuk tiru desainnya?

Penulis

Audrey