Kolam Ikan Batu Alam

Temukan ragam inspirasi kolam ikan batu alam yang ✨ cantik ✨ menyejukkan ✨ cocok untuk rumah Anda disini.


Bagi Anda, pecinta hewan air ikan, memiliki kolam ikan di rumah pasti menjadi impian dan area wajib yang harus ada di rumah. Ada yang membuat akuarium, kolam kecil, atau kolam lainnya.

Adapun salah satu desain kolam yang cukup favorit saat ini adalah desain kolam ikan batu alam. Desain yang melahirkan kesan natural begitu indah. Terlebih bila ada elemen dekorasi air mancur, taman, dan lainnya.

Bila Anda berencana membangun dan sedang mencari inspirasi, berikut kami sajikan ragam desain kolam batu alam dengan 2 ukuran, yakni mini dan besar. Tentunya ini bisa menjadi inspirasi untuk sesuai dengan lahan yang Anda miliki.

Desain Kolam Ikan Batu Alam

Desain Kolam Ikan Batu Alam – Ukuran Mini

di Samping Rumah

Kolam ikan batu alam minimalis yang satu ini sungguh mungil dan menyatu dengan bagian rumah. Berbentuk hanya seperti sungai kecil di samping rumah, ikan-ikan bisa hilir mudik di sepanjang kolam mini yang berbentuk sungai ini.

Desain kolam ikan batu alam ini sangat cocok untuk melakukan efisiensi lahan rumah agar tetap memiliki fungsi sekaligus menambah keindahan. Penambahan tanaman-tanaman kecil di pot membuat rumah semakin segar.

di Belakang Rumah

Satu lagi desain kolam minimalis tapi sangat indah dipandang mata, diletakkan di bagian belakang rumah dengan sisa lahan mungil.

Kolam ini sangat sederhana terbuat dari batu alam hitam dan dibuat menyatu dengan rumah dan taman di sekitarnya.

Penambahan cobek warna-warni di dinding kolam memberikan aksen unik untuk kolam minimalis ini. Tumbuhan-tumbuhan yang dominan berwarna hijau dipilih untuk menghiasi tepi kolam ikan ini, membuatnya sangat natural.

di Lahan Terbatas

Rumah yang memiliki sisa lahan kecil di halaman belakang juga bisa menggunakannya untuk membangun kolam ikan. Bentuk kolam ikan ini cukup atraktif, dengan pemilihan batu alam yang warna-warni yaitu putih dan krem.

Warna batu yang dipilih membuat suasana cerah pada kolam ikan yang dibuat, juga warna hijaunya tumbuhan yang menambah semaraknya kolam. Pemilik kolam menambahkan air mancur kecil yang terbuat dari batu alam juga di sisi lain taman di pinggir kolam.

dengan Air Mancur Mini

Ada lagi kolam minimalis yang bisa diletakkan untuk memelihara ikan di damping rumah. Bisa membeli kolam jadi yang dibuat dari batu alam, sehingga tinggal meletakkannya di tempat yang diinginkan.

Kolam ikan mini berwarna hitam lengkap dengan air mancur mini siap untuk digunakan memelihara ikan kesayangan. Di sekeliling kolam diberikan tanaman-tanaman yang membuat Susana kolam semakin hijau dan natural bagai alam.

Konsep Bersusun

Memelihara ikan koi juga bisa dilakukan di kolam minimalis bersusun yang satu ini. Kolam di atas terbuat dari batu alam dengan warna indah. Kolam ini sungguh unik karena dibuat bersusun-susun dengan ukuran yang berbeda-beda.

Desain ini bisa digunakan untuk lahan rumah yang terbatas, karena tidak memakan banyak tempat, cukup sedikit di pojok rumah.

Aksen air terjun kecil juga ditambahkan di sana untuk memberikan suara gemericik yang menyegarkan rumah.

Model Memanjang

Kolam ikan minimalis yang memanfaatkan sisa lahan samping rumah ini sangat efisien. Pemilik rumah berusaha memanfaatkan sisa lahan menjadi kolam untuk menambah kesegaran rumah yang dihuni. Kolam dibuat minimalis berwarna alam hitam dengan tanaman diletakkan di tepinya.

Itulah beberapa model kolam ikan batu alam, yang sangat menarik dan indah selain berfungsi untuk memelihara ikan bisa mempercantik rumah.

Mendengarkan gemericik air dan melihat ikan hilir mudik tentunya bisa menghilangkan stress bagi Anda yang hobi dengan ikan.


Desain Kolam Ikan Batu Alam – Ukuran Besar

di Depan Rumah

Untuk rumah dengan taman yang cukup luas bisa memilih ide kolam yang satu ini untuk dicontoh.

Bentuknya dibuat asimetris dengan warna alami seperti batu kapur, yaitu krem dan putih.

Diletakkan di depan rumah menyatu dengan taman yang dipenuhi dengan tumbuhan rumput hias hijau segar. Kolam semakin menambah kesegaran pada rumah yang memiliki taman luas ini.

di Samping Rumah

Untuk rumah yang memiliki sisa lahan yang cukup luas di samping atau belakang rumah bisa menggunakan desain kolam ini. Dibuat dari batu alam berwarna krem membuat kolam serasi dengan warna rumah utama.

Kolam terlihat menyatu dengan rumah, hanya dibatasi dengan tanaman dan pagar kecil berwarna putih.

Sebenarnya bentuknya sederhana hanya persegi panjang begitu saja, namun batu alam yang dipilih membuat kolam ini tampak indah.

dengan Aksen Air Terjun

Untuk rumah yang memiliki sisa halaman yang cukup luas, bisa menggunakan desain yang satu ini. Kolam batu alam dengan desain yang begitu mempesona, tambahan akses air terjun yang tinggi menjulang jadi daya tariknya.

Di sekeliling kolam ditata rapi batu alam, membuat suasana alami di sekitar kolam. Selain sebagai hiasan air terjun juga berfungsi sebagai sirkulasi air kolam agar tetap bersih dan sehat untuk ikan.

Tanaman rimbun di sekitar kolam menambah keindahan dan kealamian kolam ikan ini.

Gaya Klasik

Satu lagi desain kolam dengan ukuran besar untuk halaman depan rumah atau taman yang cukup luas. Dibuat dengan desain tampak seperti batu-batu alam berwarna hitam, membuat kolam ini tampil kokoh.

Salah satu dinding kolam dibuat tinggi dan diberi aksen air terjun untuk menambah keindahan kolam. Ukuran kolam yang cukup besar memungkinkan pemiliknya memelihara ikan dalam jumlah banyak dan ukuran besar.


Itulah desain kolam ikan batu alam dengan ukuran besar untuk halaman rumah.

Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan.

Vannia Rie

Penulis

Vannia Rie

A dreamer, designer, dan home-decor enthusiast.

    Tinggalkan komentar