Karpet Busa Lantai untuk Kecantikan Hunian dan 4 Manfaatnya

Audrey

Karpet busa lantai adalah salah satu perlengkapan yang dibutuhkan untuk hunian. Sekarang mulai banyak orang yang menggunakan karpet dari busa untuk alas lantai karena memiliki beberapa keunggulan.

Penggunaan karpet untuk hunian tidak bisa sembarangan karena Anda perlu memperhatikan bahan pembuatannya. Jika karpet tersebut terbuat dari bahan berkualitas, maka memiliki daya tahan yang baik.

Apa Itu Karpet?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai karpet busa lipat, Anda perlu tahu apa yang dimaksud dengan karpet. Karpet adalah bagian dari budaya Persia yang kemudian berkembang di Indonesia. 

Persia terkenal dengan penggunaan karpet yang mewah dan indah dengan motif cantik. Tentu saja seiring dengan berjalannya waktu, karpet sudah mengalami perubahan dan perkembangan sehingga digunakan di hampir seluruh negara di dunia. 

Kata karpet berasal dari Bahasa Italia Kuno yaitu Carpita atau Carpie yang berarti membului. Karpet tidak hanya digunakan untuk menutup lantai melainkan juga untuk menutup dinding atau meja. 

Aktivitas ini sudah dilakukan oleh masyarakat Eropa sebelum memasuki abad ke-18 dan masih dilakukan sampai sekarang. Dengan penggunaan karpet busa tipis pada hunian, akan membuat ruangan tampak menjadi lebih rapi. 

Sejarah karpet berawal di Asia Tengah yang terjadi kira-kira pada masa tiga hingga dua milenium sebelum masehi. Ada banyak jenis karpet yang berkembang sampai saat ini salah satunya adalah karpet busa. 

Manfaat Karpet Busa Lantai

Pengertian karpet busa lantai adalah karpet yang digunakan untuk melapisi lantai yang dipadukan dengan selimut bulu. Bagian dalam karpet tersebut terbuat dari busa sehingga teksturnya lembut dan empuk. 

Biasanya bagian bawahnya terdapat tambahan berupa bintik-bintik anti slip yang menambah kenyamanan saat digunakan. Tidak hanya berfungsi sebagai pelapis lantai saja, melainkan juga berfungsi sebagai dekorasi ruangan. Berikut manfaat dari penggunaan karpet busa. 

Baca Lainnya:   Daftar Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik - Model & Harga 2024

Manfaat pertama dari penggunaan karpet busa adalah menjaga suhu ruangan agar tetap nyaman dan hangat sehingga Anda betah di dalam. Hal ini karena karpet busa memiliki kemampuan insulasi yang baik sehingga Anda tidak perlu membeli pemanas ruangan untuk musim dingin.

Karpet busa sangat direkomendasikan untuk digunakan di daerah yang memiliki suhu dingin agar terus merasa hangat.

Selain itu, penggunaan karpet busa hitam juga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ pernapasan. Sangat direkomendasikan untuk penderita alergi dan asma sehingga akan tetap merasa nyaman. Selain itu karpet busa adalah pelapis lantai yang keras.

Lantai yang tidak menggunakan karpet atau pelapis yang keras seperti karpet busa plastik akan membuat ruangan menjadi lebih berisik dan terasa mengganggu. Karena itu, sebagai gantinya Anda bisa menggunakan karpet busa saja. 

Karpet busa memiliki ketebalan tertentu yang mampu meredam suara agar ruangan menjadi lebih sunyi dan tenang. Terutama suara-suara yang berasal dari decitan kaki dan benda yang bersentuhan langsung dengan lantai.

Selain itu, karpet busa juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mempercantik hunian namun low budget. Harga jual karpet busa sangat terjangkau dan mudah didapatkan di mana saja. 

Walaupun harganya terjangkau tetapi karpet busa terbuat dari bahan-bahan pilihan yang menjamin kualitasnya. Apabila dibandingkan dengan karpet jenis lain, harganya lebih mahal dan proses pemasangannya membutuhkan waktu lebih lama.

Karpet busa lantai adalah jenis karpet yang bagus untuk meredam suara. Anda bisa mengatur interior rumah dengan menggunakan karpet busa. Untuk informasi selengkapnya mengenai tips mengatur hunian bisa cek di website dekadeko.

Penulis

Audrey