Jenis-Jenis dan Tips dalam Memilih Mesin Cuci yang Bagus

Vannia Rie

Berikut informasi jenis dan tips memilih mesin cuci sebagai pertimbangan saat membeli mesin cuci nantinya.

Jenis-Jenis Mesin Cuci

Mesin cuci dibedakan berdasarkan cara membuka dan jumlah tabungannya. Berdasarkan jumlah tabungnya pada mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung, sementara berdasarkan cara membukanya ada mesin cuci top loading dan front loading.

Pemilihan jenis mesin cuci yang akan dibeli disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Dari sisi harga, mesin cuci 2 tabung berada di harga yang lebih terjangkau. Sementara, mesin cuci front loading berada di range harga yang lebih mahal.

Adapun mesin cuci 1 tabung yang cukup banyak digunakan di sekitar kita yang harganya berada di range 3 jutaan.

Mesin Cuci Top Loading 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung merupakan mesin cuci yang lebih otomatis dibanding mesin cuci 2 tabung. Mulai dari mencuci hingga mengeringkan dapat dilakukan dalam sekali proses. Jadi, mesin cuci jenis ini dapat diandalkan untuk Anda yang ingin lebih praktis.

Rentang harga yang umumnya di pasaran berkisar Rp 2 hingga 5 jutaan. Perbedaan harga dipengaruhi oleh kapasitas dan teknologi yang terdapat pada mesin cuci.

Kelebihannya:

  • Lebih praktis.
  • Harga juga cukup terjangkau (Rp 3 hingga 5 jutaan).
  • Terdapat banyak mode pencucian menyesuaikan jenis kain.

Mesin Cuci Top Loading 2 Tabung

Sementara mesin cuci 2 tabung tidak otomatis. Fungsi mencuci dan mengeringkan dilakukan pada tabung terpisah. Jadi, Anda perlu memindahkan pakaian dari 1 tabung ke tabung lainnya untuk mengeringkan.

Rentang harga dari mesin cuci 2 tabung, yakni Rp 1,6 hingga 3 jutaan. Harga yang cukup terjangkau untuk hunian-hunian di Indonesia.

Kelebihannya:

  • Harga lebih terjangkau.
  • Lebih hemat listrik.
  • Kapasitas cukup untuk 4 hingga 6 anggota keluarga (~8kg).

Mesin Cuci Front Loading

Berikutnya terdapat tipe mesin cuci front loading, mesin cuci bukaan depan. Biasanya mesin cuci ini dapat Anda lihat pada layanan laundry koin.

Dari sisi harga, dibanding dua jenis mesin cuci lainnya, mesin cuci jenis ini memiliki harga yang lebih tinggi. Namun, harga yang dipatok oleh produsen seiring dengan kualitas dan teknologi yang diusung.

Mesin cuci front loading umumnya lebih canggih dibanding mesin cuci top loading 1 tabung. Fitur dan teknologi yang diusung lebih terkini dan beragam. Selain itu, mesin cuci front loading juga terbilang hemat air, otomatis, dan hasil yang lebih maksimal.

Tak heran mengapa mesin cuci ini dipilih oleh sebagian besar bisnis laundry sebagai mesin untuk mencuci pakaian pelanggan mereka.

Menariknya lagi, teknologi yang tidak terdapat pada mesin cuci top loading ada pada mesin cuci jenis ini, yakni mesin cuci front loading yang disertai pemanas. Dengan teknologi ini, Anda tidak perlu lagi menjemur pakaian untuk mengeringkan.

Mesin cuci akan menghangatkan pakaian hingga siap dipakai langsung atau disetrika. Tentu pekerjaan di rumah akan lebih praktis dengan hal ini.

Kelebihannya:

  • Teknologi terkini.
  • Fitur lebih beragam.
  • Lebih hemat air.
  • Hasil cucian lebih maksimal.
  • Terdapat fitur penghangat sehingga pakaian tidak perlu dijemur lagi.

4 Tips Memilih Mesin Cuci

Setelah mengetahui jenis dari mesin cuci, selanjutnya ada baiknya Anda juga mengetahui tips dan hal apa saja yang diperhatikan saat membeli mesin cuci nantinya.

Tips #1: Ketahui Daya Listrik

Tips pertama adalah mengetahui daya listrik yang berada di rumah Anda. Hal ini mengingat mesin cuci akan digunakan sehari-hari. Maka perlu menimbangkan beban listrik yang ada di rumah saat mesin cuci dinyalakan.

Sebaiknya untuk mesin cuci front loading, Anda memiliki daya listrik di atas 1300. Namun, bila dibawah 1300 sebaiknya memilih mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung.

Tips #2: Pilih Jenis Mesin Cuci yang Sesuai

Bila Anda memiliki budget dan membutuhkan mesin cuci yang memberikan daya bersih maksimal serta fitur terkini, mesin cuci front loading adalah pilihannya.

Sementara itu, bila budget Anda berkisar di range Rp 3 hingga 5 juta, mesin cuci 1 tabung adalah pilihannya. Lalu, untuk budget yang kurang dari 3 juta dan daya listrik kurang begitu besar, sebaiknya pilih mesin cuci 2 tabung.

Tips #3: Perhatikan Fiturnya

Untuk Anda yang membutuhkan mesin cuci yang akan mencuci pakaian jenis tertentu, sebaiknya perhatikan fiturnya. Untuk mesin cuci 2 tabung, tidak terlalu banyak fitur yang diusung, hanya fitur esensial dari mesin cuci, yakni mencuci dan mengeringkan.

Sementara itu, bila Anda mengharapkan adanya mesin cuci yang ditujukan untuk mencuci pakaian jenis tertentu, seperti pakaian bayi, blanket, selimut, atau blouse. Maka pilih mesin cuci yang memiliki fitur ini.

Berdasarkan rekomendasi mesin cuci terbaik dari Rekomended.com, terdapat beberapa merk yang dapat Anda pilih untuk fitur-fitur khusus ini. Misalnya, Samsung WW5000J, LG F2721STWV, atau Polytron PAW 7511 WS.

Tips #4: Pilih Merk Terpercaya

Saat ini ada beberapa merk terpercaya di ranah produk elektronik, terutama mesin cuci. Di antaranya, Polytron, Panasonic, Electrolux, LG, Denpoo, Sharp, AQUA Japan, dan IPSO.

Jadi, produk-produk dari brand di atas dapat Anda pilih dengan menyesuaikan budget yang telah dialokasikan.

Demikianlah beberapa ulasan dari kami mengenai jenis-jenis mesin cuci beserta 4 tips yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan mesin cuci yang sesuai.

Penulis

Vannia Rie

A dreamer, designer, dan home-decor enthusiast.

    Tinggalkan komentar