14 Inspirasi Model Plafon Minimalis Modern dan Elegan (2022)

Vannia Rie

Berikut ragam inspirasi model plafon rumah dengan konsep minimalis modern yang elegan. Selain itu, beberapa inspirasi lainnya juga ada yang terkesan sederhana dan mewah. Cocok untuk hunian-hunian di Indonesia.

Dari berbagai inspirasi ini, Anda juga dapat mengetahui pola plafon yang bagus serta kombinasi warna yang akan digunakan. Bagaimana modelnya, berikut kami rangkum:

Plafon Minimalis dengan Kesan Sederhana

model plafon minimalis
Sumber Gambar: pinterest.com

Inspirasi pertama adalah plafon minimalis sederhana dapat menampilkan unsur-unsur yang memberikan irama atau komposisi tertentu.

Misalnya membuat bentukan bertingkat yang disertai backlight. Plafon rumah minimalis bertingkat tidak hanya akan membentuk irama yang lebih indah, namun juga menciptakan kesan elegan dan fokus.


Plafon Polos untuk Rumah Minimalis Sederhana

plafon minimalis sederhana 1024x680
Sumber Gambar: pexels.com

Konsep sederhana juga dapat dibuat dengan membuat plafon putih polos saja. Supaya lebih menarik pasang beberapa lampu-lampu kecil di sepanjang plafon dengan jarak tertentu.


Plafon Minimalis Kesan Modern dengan Lampu LED

plafon minimalis modern 2019 1024x683
Sumber Gambar: pexels.com

Inspirasi berikutnya adalah plafon yang disertai dengan lampu LED dengan bentuk menyerupai kotak-kotak plafon. Jadi, dekorasi ini tampak menyatu dengan bagian plafon lainnya.

Konsep ini dapat diterapkan baik di rumah maupun ruang kerja sebagaimana gambar di atas. Untuk menambah kesan terang, sebaiknya pilih cat dan furniture yang berwarna putih.


Plafon Minimalis dengan Bentuk Geometris

plafon minimalis modern 1024x682
Sumber Gambar: pexels.com

Anda bisa membuat plafon dengan bentukan-bentukan geometris yang terfokus pada satu titik, lalu membentuk skema warna yang sesuai dengan tema ruangan tersebut. Model yang demikian akan membuat ruangan menjadi nampak lebih modern.


Plafon Minimalis dengan Kesan Klasik Melalui Warna

desain cantik dengan lampu orange iluminimled
Sumber Gambar: instagram.com/iluminimled

Ada banyak cara menentukan bidang geometris untuk kesan visual yang lebih baik. Namun, bidang persegi dinilai cukup baik untuk mengisi kekosongan yang ada. Persegi juga bisa diberi irama tertentu serta pencahayaan yang baik sehingga ruangan yang sederhana terlihat lebih cemerlang dan tidak monoton.


Plafon Minimalis dengan Kesan Skandinavia

model plafon berikutnya yakni skandinavia 1
Sumber Gambar: td-universe.com
plafon minimalis skandinavian 1024x730
Sumber Gambar: pexels.com

Inspirasi berikutnya, membentuk plafon minimalis kombinasi skandinavia dengan bidang diagonal dan tetap memperlihatkan struktur atap bisa menjadi daya tarik tersendiri di sebuah ruangan. Plafon diagonal tersebut akan memberikan kesan ruangan menjadi lebih tinggi dan lapang.


Plafon Minimalis dari Gypsum

model plafon berbahan gypsum
Sumber Gambar: 3dexart.com

Karakteristik plafon gypsum cocok untuk interior rumah karena plafon ini akan nampak seperti tanpa sambungan ketika sudah dipasang. Inilah yang menjadikan gypsum laku keras di pasaran.

Namun pemasangannya tentu harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli di bidangnya agar hasilnya lebih halus dan mewah.


Plafon Minimalis dari Triplek

bahan plafon pada umumnya triplek
Sumber Gambar: archdaily.com

Inspirasi berikutnya adalah pola penataan plafon dengan material yang cukup sering digunakan di Indonesia, yakni triplek. Anda dapat membuat plafon triplek dengan bentuk segitiga seperti di atas.

Adapun elemen yang membuat ruangan tampak lebih menyatu dengan plafon adalah adanya keserasian antara warna plafon dengan dinding dan lantai. Kemudian, juga ditunjang oleh backlight berwarna kekuning-kuningan yang membuat ruangan semakin hangat.


Plafon Minimalis dari Kayu yang Elegan

plafon kayu yang elegan dan mewah
Sumber Gambar: Kizaki.co
plafon minimalis kayu 1024x768
Sumber Gambar: pexels.com

Cukup jarang rumah yang menggunakan kayu sebagai elemen pembentuk plafon. Jika teliti, kayu dapat menghasilkan sebuah nuansa yang klasik namun elegan, seperti inspirasi kali ini.

Penggunaan material kayu ini dapat diimplementasikan dengan banyak cara. Anda bisa membentuk ruang supaya lebih terlihat luas dengan menghadapkan potongan kayu yang memanjang. Sebaliknya, jika ingin menghasilkan ruangan agar nampak lebih sempit, kayu dapat dipotong sesuai modul yang diinginkan, lalu dipasang selang-seling.


Plafon Minimalis Sederhana untuk Kamar Tidur

plafon minimalis di kamar tidur 1024x683
Sumber Gambar: pexels.com

Untuk Anda yang ingin mengusung konsep sederhana, inspirasi kali ini dapat dicoba. Ya, plafon polos saja tanpa banyak ornamen dan dekorasi lainnya. Meskipun demikian, desain ini cukup menarik dicoba, terutama rumah atau apartment.


Plafon Minimalis Sederhana untuk Ruang Tamu

plafon minimalis ruang tamu 1024x680
Sumber Gambar: pexels.com

Tak jauh berbeda dari inspirasi model plafon sebelumnya, kali ini juga mengusung plafon yang lebih sederhana. Hanya saja, terdapat beberapa titik bola lampu yang membuat plafon tak terlalu polos. Lampu ini dapat Anda jadikan sebagia lampu hias maupun lampu utama ruangan.


Plafon Minimalis Drop Ceiling yang Artistik

konsep plafon drop ceiling yang kreatif
Sumber Gambar: Archiproducts.com

Konsep drop ceiling yang sederhana bisa Anda terapkan di ruang utama rumah, seperti ruang makan atau ruang keluarga. Drop ceiling di sini tidak hanya akan bermanfaat untuk membantu tata akustik ruang, namun juga akan bermanfaat untuk estetika rumah itu sendiri.

Dimana Anda bisa menyusun sebuah bentukan geometris yang sederhana yang kemudian direpetisi di beberapa bagian. Efek lighting yang unik juga bisa diterapkan di sela-sela repetisi dari drop ceiling tersebut.


Wujudkan interior idaman Anda bersama DekadekoPro. DekadekoPro menyediakan jasa desain interior dengan konsep minimalis, modern, mewah, sederhana, shabby chic, dan konsep lainnya. Temukan berdasarkan kota Anda di link berikut:

Vania - Dekadeko

Penulis

Vannia Rie

A dreamer, designer, dan home-decor enthusiast.

    2 pemikiran pada “14 Inspirasi Model Plafon Minimalis Modern dan Elegan (2022)”
    Tinggalkan komentar