Inspirasi Desain Eksterior Rumah 1 Lantai

Audrey

Bisa dibilang desain eksterior rumah 1 lantai berperan besar dalam menentukan gaya interior rumah. Sebab, eksterior dan interior saling berhubungan, baik secara fisik maupun visual. Eksterior sendiri mencakup hal-hal yang biasa terdapat di luar bangunan.

Selain itu, penggunaan cat, lantai, dan dekorasi luar ruangan juga turut serta mempengaruhi tampilan eksterior rumah minimalis. Dan tentunya gaya eksterior yang tepat akan sangat mempengaruhi tampilan fasad atau “wajah” rumah itu sendiri.

Desain Eksterior Rumah 1 Lantai

Saat ini banyak orang yang menyukai rumah bergaya minimalis 1 lantai. Biasanya rumah dengan konsep minimalis memiliki desain yang trendy dan suasana yang sangat nyaman. 

Nah, karena rumah dengan konsep minimalis sedang banyak digemari saat ini. Seperti namanya, desain rumah minimalis biasanya mengedepankan kesederhanaan.

Walaupun terdengar mudah, namun mencari rumah dengan eksterior rumah minimalis cukup sulit. Untuk menambah referensi Anda, berikut beberapa referensi desain eksterior rumah yang wajib Anda cermati.

Memiliki lahan yang sedikit bukan menjadi kendala untuk membangun rumah modern. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendesain rumah minimalis dengan atap bergaya jengki (yankee). 

Hingga saat ini rumah dengan atap jengki cukup digemari karena memberikan kesan mewah. Penerapan desain eksterior rumah 1 lantai atap jengki merupakan pilihan yang tepat. 

Pasalnya, bentuk atap jengki yang asimetris memberikan tampilan menarik dan mewah pada rumah minimalis Anda.

Salah satu material inovatif untuk contoh desain eksterior rumah yang saat ini beredar di pasaran adalah papan fiber cement. Cement fiber terbuat dari kombinasi pasir, semen dan serat selulosa. 

Baca Lainnya:   25 Aspek Desain Rumah Bali: Merangkai Estetika dan Fungsionalitas

Papan ini berbentuk seperti kayu lembaran atau papan kayu potong, dengan butiran yang tidak jauh berbeda dengan kayu alami. 

Meski terlihat baru, nyatanya bahan ini sudah sering digunakan sejak tahun 1950-an. Bedanya, lembaran fiber cement lama mengandung asbes.

Memang terlihat membosankan memiliki rumah minimalis 1 lantai. Namun jika Anda bisa mendesain rumah minimalis dengan gaya cafe ala industrial maka rumah minimalis pun akan nyaman untuk ditinggali. 

Adapun ciri-ciri desain eksterior rumah 1 lantai bergaya industrial ala cafe adalah sebagai berikut:

  • Dinding dengan nuansa batu bata, kayu, beton atau baja. Pada dasarnya desain gaya industrial ini mengutamakan tampilan natural tanpa cat. 
  • Biasanya desain interior rumah menggunakan perpaduan antara dinding bata atau kayu dengan lantai semen atau kayu.

Desain rumah 1 lantai modern yang bisa Anda jadikan referensi selanjutnya yaitu desain rumah yang menonjolkan perpaduan warna putih dengan aksen batu alam yang cantik. 

Untuk konstruksi rumahnya sendiri bisa dibangun dengan gaya persegi dan untuk atapnya menggunakan gaya atap terbuka atau rooftop. Untuk memperkuat desain eksterior, Anda bisa menambahkan taman hijau yang asri. 

Jika Anda menginginkan tampilan modern pada eksterior rumah Anda, desain fasad rumah asimetris berbentuk trapesium bisa menjadi pilihan yang menarik. Pada rumah asimetris trapesium, hunian terlihat memiliki tampilan mencolok dengan kesan futuristik.

Itu dia beberapa ide desain eksterior rumah 1 lantai yang minimalis dan nyaman dijadikan tempat tinggal. Tentu saja ide desain rumah minimalis 1 lantai ini bisa menginspirasi Anda. 

Pastikan Anda memilih ide desain rumah minimalis yang ada di atas sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian Anda agar tampilan rumah minimalis semakin menarik.

Penulis

Audrey