Ide Eksterior Rumah Scandinavian yang Tampak Elegan

Audrey

Bagi Anda yang ingin membangun rumah tidak ada salahnya untuk mencari inspirasi eksterior rumah scandinavian atau fasad rumah yang menarik. Fasad rumah adalah bagian depan rumah yang bisa menarik perhatian orang. 

Model rumah scandinavian adalah salah satu model rumah yang banyak digemari orang-orang saat ini karena menarik. Rumah scandinavian adalah rumah minimalis yang populer di negara peternakan seperti Norwegia, Denmark, dan Swedia. 

Mengenal Konsep Rumah Scandinavian

Gambar rumah scandinavian adalah bangunan yang mengusung konsep rumah yang menggunakan kayu dan nuansa alami serta natural. Konsep rumah ini menghadirkan aroma kayu segar yang sangat wangi mengisi udara di rumah.

Ciri khas dari rumah scandinavian adalah rumah dengan fungsionalitas, minimalis, dan menampilkan hal-hal sederhana. Selain itu, ciri khasnya adalah menggunakan warna-warna cerah seperti putih, kuning, dan merah. 

Ada pemilik rumah yang membangun konsep dua lantai ada juga yang hanya satu lantai saja. Biasanya rumah dengan dua lantai membangun atap curam sebagai hunian yang melindungi dari salju. 

Terdapat juga tambahan berupa serambi kecil yang cantik yang berfungsi sebagai ruangan pelindung dari kedinginan. Rasanya juga sangat hangat sehingga Anda bisa berdiam diri di ruangan ini jika ingin menghangatkan badan. 

Ciri-ciri lain dari rumah scandinavian adalah memiliki jendela casement, atap genting yang tampak curam, langit-langit kayu rendah, dan lantai kayu yang bisa menjaga panas. 

Eksterior Rumah Scandinavian

Model rumah scandinavian minimalis di bawah ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang hendak membuat rumah dengan konsep ini. 

Elemen rumah scandinavian biasanya berkaitan dengan alam sehingga kesan natural tertangkap dari warna yang digunakan. Anda bisa menerapkannya di rumah dengan lantai 1 yang tampak modern. 

Baca Lainnya:   4 Biaya Interior Rumah Berdasarkan Jenis Perhitungannya

Anda bisa memulai memasang dinding yang dibalut dengan strip kayu mental yang membuat fasad rumah tampak apa adanya. Walaupun tidak menggunakan unsur lain namun konsep satu ini tidak membosankan dari segi estetika bahkan tampak melegakan.

Ide konsep rumah berikutnya adalah mengusung konsep terbuka yang membuat ruangan menjadi tampak luas dan melegakan. Anda bisa memasang jendela berukuran besar dengan akses pintu yang serba terbuka.

Gaya terbuka ini bisa membuat penghuni merasa nyaman dan betah berlama-lama di dalam rumah. Anda bisa membangun taman buatan yang luas agar terasa lebih hidup. Menggunakan konsep ini seperti menghilangkan batasan antara outdoor dan indoor namun tetap berfungsi.

Rekomendasi desain fasad rumah scandinavian 1 lantai adalah dengan mengkombinasikannya dengan konsep  mezzanine. Anda bisa menerapkan konsep mezzanine untuk lantai dua berupa ruang tambahan yang berada di langit-langit plafon. 

Tujuannya adalah untuk menambah nilai estetika pada hunian sehingga tampak menonjol dan cantik. Anda bisa memanfaatkan dua warna yaitu hitam dan putih yang membuat fasad rumah terasa enak dipandang dari berbagai sisi.

Inspirasi eksterior rumah scandinavian berikutnya adalah dengan tambahan konsep japandi yang tampak kekinian. Konsep scandinavian dan japandi memiliki unsur oriental melalui penggunaan atap tradisional serta desain geometris yang tampak luwes.

Fasad rumah scandinavian 2 lantai juga bisa menggunakan konsep menyatu dengan alam agar tampak segar. Ini adalah salah satu ciri khas dari rumah scandinavian yang terkesan natural. Anda bisa menggunakan palet putih yang terbuat dari bahan kayu. 

Baca Lainnya:   6 Inspirasi Warna Cat Eksterior Rumah Agar Hunian Tampak Sejuk

Menentukan eksterior rumah scandinavian tidak bisa sembarangan karena Anda perlu melakukan riset. Tujuannya adalah untuk menentukan mana konsep bangunan yang diinginkan. 

Penulis

Audrey