Desain Kolam Renang

Banyak hal yang mempengaruhi keindahan dan kenyamanan dari sebuah rumah. Selain desain interior maupun eksterior yang dibuat seartistik mungkin, keberadaan kolam renang di dalam rumah juga bisa menambah cantik suasana rumah. Untuk itulah kini semakin banyak ditemukan kolam renang rumah dengan desain yang sedemikian rupa.

Bahkan tidak jarang yang melakukan konsultasi dengan para ahli di bidangnya agar kolam renang yang dibuat bisa mendukung suasana rumah dan memperindah rumah.

Inspirasi Desain Kolam Renang Rumah Kekinian

Umumnya kolam renang di rumah berbentuk persegi dan sangat luas. Namun jika lahan yang dimiliki tidak memungkinkan untuk membuat kolam renang yang luas, maka bisa membuat kolam renang dengan ukuran yang lebih kecil dan memanjang.

Bisa juga membuat kolam renang indoor atau di dalam ruangan kalau memang ingin lebih privat dan tidak terkena panas matahari. Berikut ada beberapa bentuk kolam renang yang bisa dijadikan referensi, jika ingin membuat kolam renang di rumah

1. Compact Pool

desain compact pool 1 2021 682x1024
Photo by Roberto Nickson on Unsplash

Salah satu desain kolam renang rumah yang minimalis dan kekinian adalah jenis kolam renang compact atau mungil. Seperti pada contoh gambar di atas, ukuran kolam renang sendiri tidak terlalu besar dan lahan yang diperlukan juga tidak terlalu banyak. Untuk desain ini bisa memanfaatkan space taman samping rumah dengan area terbuka lalu digantikan dengan kolam renang. Contoh lain bisa dilihat psda gambar di bawah ini:

desain compact pool 2 1 2021 1024x768
Photo by Pedro Sostre on Unsplash

Pada gambar di atas bisa dilihat bahwa dengan space yang minim tetap bisa menciptakan kolam renang mungil yang cantik disana. Meskipun untuk jarak renangnya tidak sejauh kolam renang pada umumnya, namun desain ini setidaknya bisa digunakan untuk berendam dan melepaskan penat setelah seharian bekerja.

Agar kolam renang bisa terlihat lebih luas dan lapang, gunakan material dengan warna yang cerah seperti biru atau hijau alam. Selain itu bisa tambahkan tanaman hias di area luar kolam agar bisa menyejukkan mata.

2. Infinity Pool

desain infinity pool 2021 1024x683
Photo by Pixabay from Pexels

Jika memiliki rumah dengan pemandangan indah di sekitarnya, infinity pool bisa menjadi desain pilihan. Pada gambar di atas, kolam renang rumah dengan ukuran yang cukup besar menghadap langsung pada pemandangan luar rumah yang berwarna hijau. Hal ini tentu akan menambah kenyamanan seseorang ketika sedang berenang.

Untuk desain infinity pool sebaiknya dibuat pada lokasi di area suburban yang asri atau level yang lebih tinggi dari area sekitar. Hal ini bertujuan agar pemandangan bisa lebih terlihat dari dalam kolam renang karena letak kolam yang lebih tinggi dari yang lainnya. Untuk desain ini umumnya terletak di lantai 2 atau lantai teratas rumah karena pemandangan keseluruhan akan semakin terlihat.

desain infinity pool 2 1024x683
Photo by Pixabay from Pexels

Untuk gambar yang kedua ini, apabila rumah berlokasi di area yang ramai bisa diakali dengan memberikan area pembatas. Gunakanlah pagar tanaman untuk menutup area kolam agar privasi bisa tetap terjaga. Namun meskipun ditutup pagar, pengguna kolam renang tetap bisa menikmati pemandangan yang tersaji di luar rumah dari area kolam.

3. Courtyard Pool

Desain Kolam Renang Courtyard Pool
Pexels.com/@pixabay

Contoh desain kolam renang rumah kekinian atau minimalis selanjutnya adalah courtyard pool. Desain ini sangat cocok bagi yang menyukai konsep outdoor namun masih menginginkan privasi dalam melakukan kegiatan. Kolam renang diletakkan di tengah-tengah rumah yang dikelilingi oleh ruangan lainnya. Hal ini terlihat pada contoh gambar di atas, dimana kolam renang dikelilingi oleh ruangan di dalam rumah. Untuk kolam renangnya sendiri tidak menggunakan atap sehingga suasana outdoor akan tetap terasa.

Sama dengan gambar pertama, pada gambar kedua kolam renang juga dikelilingi oleh ruangan-ruangan berkaca besar. Sehingga seseorang akan merasakan kesan indoor dan outdoor secara bersamaan. Untuk desain kolam renang ini harus memperhatikan lebar lahan rumah. Hal ini dikarenakan ruang yang mengapit area kolam baik itu di sebelah kanan maupun kiri sehingga memerlukan lahan yang cukup lebar.

4. Modern Tropis Pool

desain modern tropis pool 2021 1024x681
Photo by William LeMond from Pexels

Bagi pecinta suasana tropis di tepi pantai bisa menggunakan desain kolam renang ini di rumah. Bentuk kolam bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan seperti persegi panjang, oval maupun yang lainnya. Namun yang menjadi perhatian untuk konsep ini adalah lebih kepada instrumen atau perlengkapan yang semakin mendukung konsep ini.

Untuk mewujudkan desain modern tropis seperti ala Bali bisa pada area kolam renang bisa ditambahkan dengan decking kayu di pinggir kolam renang. Selain itu tambahkan juga bangku sun lounger untuk berjemur dan payung ukuran besar.

desain modern tropis pool 2 1024x683
Photo by Thorsten technoman from Pexels

Seperti pada gambar di atas, konsep modern tropis pada kolam renang akan semakin terasa jika dilakukan penambahan furniture dengan pemilihan warna yang cerah. Juga jangan lupa untuk menghadirkan tanaman seperti pohon frangipani agar kesan tropis semakin terasa. Konsep ini tentu akan sangat tepat untuk rumah yang berada di kota-kota besar yang tropis seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dll.

5. Indoor Pool

desain indoor pool 1 2021 1024x683
Photo by Pixabay from Pexels

Untuk konsep kolam renang indoor ini tentu saja berada di dalam rumaah dengan atap yang menutupi bagian kolam. Seperti pada gambar di atas kolam diletakkan pada ruangan di dalam rumah agar bisa digunakan dalam berbagai kondisi. Dalam hal ini seseorang tidak perlu bergantung pada kondisi cuaca di luar rumah karena mereka tetap bisa berenang.

desain indoor pool 2 1 2021 1024x724
Photo by Pixabay from Pexels

Konsep indoor ini memiliki kelebihan dengan menghemat penggunaan bahan kimia untuk perawatan. Hal ini dikarenakan letaknya yang tidak langsung terpapar oleh sinar matahari sehingga bahan chemical pada air kolam renang tidak cepat menguap. Selain itu mampu menjaga kondisi air tetap bersih dan jernih karena berada di dalam ruangan rumah yang jarang terkena debu atau kotoran seperti pada kolam yang ada di luar.

6. Mini Garden Pool

desain mini garden pool 2021 1024x685
Photo by Pixabay from Pexels

Konsep selanjutnya adalah mini garden yang menggabungkan kolam renang renang minimalis dengan garden di sekitar kolam. Konsep ini sangat cocok bagi yang menyukai berkebun namun ingin menghadirkan kolam renang disana. Sehingga akan membuat suasana rumah semakin hijau dan asri dengan perpaduan keduanya. Hal tersebut terlihat seperti pada contoh di atas.

desain mini garden pool 2 1024x651
Photo by H H from Pexels

Contoh gambar lain untuk konsep mini garden ini juga bisa dijadikan referensi. Untuk kolam renangnya sendiri tidak perlu berukuran terlalu besar yang penting bisa digunakan untuk berenang. Kemudian tambahkan jenis tanaman yang mudah dirawat sehingga akan memberikan pemandangan yang semakin hijau di area kolam renang.

7. Exercise Pool

desain exercise pool 2 2021 1024x683
Photo by Oshomah Abubakar on Unsplash

Belum bisa berenang namun ingin memiliki kolam renang di rumahnya bisa mencoba konsep yang satu ini. Exercise pool adalah konsep kolam renang rumah yang memang diperuntukkan untuk latihan. Pada gambar di atas terlihat bahwa di tepian kolam renang terdapat pegangan tangga yang berguna untuk pemula yang ingjn belajar secara perlahan. Contoh lain terdapat pada gambar di bawah ini:

desain exercise pool 2021 1024x1024
Photo by Joanes Andueza on Unsplash

Untuk exercise pool bisa dibuat dengan ukuran yang sedang saja dan kedalaman yang disesuaikan. Hal ini sangat penting agar proses latihan berenang bisa dilakukan dengan baik sehingga dari yang tidak bisa menjadi mahir berenang. Untuk kolam jenis ini juga tidak menggunakan terlalu banyak material atau hiasan karena lebih berfokus pada fungsinya sebagai sarana untuk latihan.

8. Mini Waterpark Pool

desain mini waterpark pool 2021 1024x576
Photo by Pixabay from Pexels

Menghadirkan kolam renang dengan konsep mini waterpark bisa menjadi pilihan bagi keluarga dengan buah hati yang masih kecil. Kolam renang yang diberikan sejumlah arena permainan waterpark tentu akan membuat anak-anak menjadi semakin betah. Tidak perlu kolam yang besar, dengan ukuran yang sedang saja dengan penambahan perosotan dari plastik tentu sudah membuat anak-anak senang.

Selain itu mini waterpark di rumah akan lebih menghemat pengeluaran dan lebih leluasa. Bagaimana tidak, jika harus pergi ke waterpark tentu membutuhkan biaya seperti tiket masuk atau yang lainnya. Selain itu juga karena merupakan tempat umum tidak jarang anak-anak harus antri untuk bisa menikmati permainan di waterpark tersebut.


Itulah bentuk-bentuk kolam renang yang bisa dibuat di rumah beserta cara membersihkan kolam di rumah. Menjaga kebersihan kolam renang harus dilakukan karena sangat penting untuk menjaga kebersihan air. Jadi saat berenang pun akan terasa nyaman dan tidak khawatir banyak bakteri.

Meskipun bentuk dan ukuran kolamnya berbeda tapi cara membersihkan kolam di rumah tetaplah sama. Dengan rutin membersihkan kolam renang maka kolam akan terlihat terawat dan selalu dalam keadaan bersih.

Penulis

Vannia Rie

A dreamer, designer, dan home-decor enthusiast.

    Leave a Comment