Desain Jendela

Vannia Rie

Selain sirkulasi udara, jendela juga harus terlihat gaya, misalnya 15 inspirasi jendela minimalis ini. Hadir dengan nuansa hunian modern yang bisa Anda coba.


Desain jendela sendiri kini sudah semakin beragam seiring dengan perkembangan jaman. Namun yang kali ini akan dibahas adalah desain jendela untuk rumah minimalis yang memang paling diminati oleh keluarga masa kini.

Berikut ini ulasan mengenai desain jendela untuk rumah minimalis beserta contoh gambarnya yang bisa menjadi referensi bagi yang masih merasa kebingungan.

Contoh Desain Jendela untuk Rumah Minimalis

1. Casement Windows

desain jendele casement 820x1024
https://www.instagram.com/p/Bt0lpRjArYv/

Salah satu jendela yang bisa dipasang pada rumah minimalis adalah casement windows seperti pada contoh gambar di atas. Hanya saja ukuran jendela yang digunakan bisa lebih kecil disesuaikan dengan ukuran rumahnya. Casement windows sendiri adalah jendela yang memiliki engsel di tengah sehingga jendela bisa dibuka dari tengah.

Dari contoh gambar di atas bisa kita lihat bahwa jendela casement juga sekaligus difungsikan sebagai pintu utama untuk masuk ke dalam rumah. Hal ini tentu sangat efisien dan menghemat tempat karena jendela dan pintu sudah menjadi satu. Contoh gambar casement windows yang lain bisa dilihat di bawah ini.

desain jendela casement 2
https://www.instagram.com/p/BoQTf39gXIs/

Keunggulan dari jenis jendela ini adalah mampu meredam suara bising karena tingkat kerapatan yang bagus. Selain itu engsel yang tersembunyi yaitu terletak di dalam kusen menyulitkan pencuri yang ingin membongkar jendela. Casement ini sangat cocok dipasang pada lantai atas atau di rumah dengan halaman yang luas.


2. Sliding Windows

desain jendela sliding
https://www.instagram.com/p/Bub7M0NAoDp/

Dari contoh gambar di atas bisa dilihat bahwa pada lantai 1 menggunakan sliding windows dengan ukuran yang cukup besar. Jendela jenis ini cukup banyak digunakan untuk model rumah minimalis karena selain bisa menggantikan fungsi pintu juga cahaya bisa masuk secara maksimal.

Sliding windows sendiri adalah jendela yang pengoperasiannya atau penggunaannya dengan cara digeser ke kanan ataupun ke kiri. Tipe jendela ini seringkali digunakan untuk menyiasati ruangan yang sempit karena pemasangannya sendiri tidak membutuhkan banyak space. Sirkulasi udara dan cahaya akan tetap terjaga walaupun ukuran ruangan tidak terlalu luas.

desain jendela sliding 2
https://www.instagram.com/p/BpKezUnnMvy/

Pada gambar yang kedua ini bisa dilihat bahwa sliding windows menjadikan ruangan terlihat jauh lebih luas dari yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan pemasangan jendela sliding yang terbentang dari ujung ke ujung membuat ruangan di dalam rumah terlihat lebih lebar dari yang sebenarnya.

Oleh karena itulah jendela ini sangat cocok untuk tipe rumah dengan lahan yang minim. Rumah minimalis akan tampak lebih mewah dan elegan dengan pemasangan jendela model sliding atau geser ini.


3. Awning Windows

desain jendela awning 821x1024
https://www.instagram.com/p/BuaMmfiFQFN/

Awning windows ialah jendela model buka tutup dengan berbagai posisi dan bisa disesuaikan penempatannya dengan kebutuhan. Seperti pada contoh di atas, awning windows di pasang pada area keluarga agar anggota keluarga semakin merasa nyaman. Selain di ruang keluarga, jenis jendela ini juga sangat cocok dipasang pada ruangan yang membutuhkan privasi seperti kamar tidur maupun ruang kerja.

Kehadiran jendela ini memberikan banyak kelebihan pada rumah minimalis diantaranya dapat membantu sirkulasi udara dan cahaya agar bisa masuk dan keluar dengan maksimal. Sehingga penggunaan listrik dan AC di siang hari bisa diminimalisir. Hal ini tentu saja secara otomatis akan menghemat pengeluaran yang bisa digunakan untuk membeli barang lain yang bersifat penting.

desain jendela awning 2 820x1024
https://www.instagram.com/p/BssVQF1gmGM/

Selain di pasang pada kamar, jenis jendela ini juga sangat sering ditemukan di ruang tamu. Seperti pada contoh gambar di atas dimana awning windows di pasang pada ruang tamu agar sirkulasi udara bisa masuk secara maksimal ke dalam rumah, sehingga rumah tetap sehat dan sejuk karena terdapat pergantian udara di dalamnya.


4. Pivot Windows

desain jendela pivot 1024x834
https://www.instagram.com/p/BvPAW3BHs2a/

Perkembangan jaman membuat segala sesuatu ikut berkembang juga. Dahulu pivot windows bahkan sangat jarang digunakan. Namun sejak kehadiran rumah dengan tipe minimalis menjadikan berbagai hal baru mulai bermunculan.

Pada contoh gambar di atas bisa dilihat penggunaan pivot windows di lantai atas. Jendela pivot ini sendiri adalah jendela yang dibuka dengan cara diputar dan perputarannya bisa mencapai 360°.

desain jendela pivot 2 819x1024
https://www.instagram.com/p/BjwNizulI4Z/

Selain dipasang sebagai pengganti dinding di lantai atas, pivot windows juga bisa digunakan sebagai jendela di dalam rumah yang memisahkan antar ruangan. Pada gambar di atas bisa dilihat bahwa jendela ini dipasang pada area santai atau taman samping rumah. Selain di area rumah, pivot windows ini juga cocok dipasang pada gedung apartemen dengan banyak lantai di dalamnya.

Keunggulan dari pemasangan jenis jendela ini adalah mudah dibersihkan karena hanya tidak memutar bagian luar saja. Seseorang tidak memerlukan alat berat atau apapun untuk bisa membersihkan sisi dari kaca jendela. Engselnya juga terdapat di sisi dalam jendela sehingga akan sulit dibongkar oleh pencuri.


5. Fixed Windows

desain jendela fixed
https://www.instagram.com/p/BpV7FnqH_wQ/

Jenis jendela ini juga sering digunakan pada rumah minimalis. Jendela ini merupakan tipe jendela yang tidak bisa dibuka maupun ditutup. Fungsi utama dari pemasangan jendela ini adalah untuk memperlihatkan pemandangan indah di luar rumah. Pada contoh di atas bahkan bisa dilihat hampir setengah dari rumah dipenuhi dengan fixed windows ini.

desain jendela fixed 2
https://www.instagram.com/p/BpcLb_8ncOf/

Pemasangan fixed windows memang paling cocok untuk rumah dengan atap yang tinggi. Karena dari sana pemandangan yang indah dari ketinggian akan jauh lebih terlihat. Sehingga tinggal duduk manis saja menghadap jendela jika ingin menikmati pemandangan di luar rumah yang indah.

Kelebihan dari pemasangan fixed windows ini sendiri adalah lebih hemat biaya. Hal ini dikarenakan fixed windows adalah jendela yang bersifat mati sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Selain itu bisa menerima panas sehingga mampu menghangatkan ruangan secara alami dan tentu saja mendapat cahaya alami dari matahari.


6. Picture Windows

desain jendela picture
https://www.instagram.com/p/BvULzMDgkN-/

Hampir sama dengan fixed windows, picture windows ini juga diperuntukkan untuk melihat pemandangan di luar rumah. Seperti pada contoh gambar di atas dimana picture windows sengaja dipasang agar bisa melihat pemandangan hijau dari dalam rumah dengan lebih leluasa. Tipe jendela ini lebih sering dipasang di lantai 2 karena lebih aman dan tidak terlihat dengan jelas seisi rumah dari luar rumah.

desain jendela picture 2 819x1024
https://www.instagram.com/p/Bu82Ng_AhBV/

Pada area yang dipasang picture windows ini biasanya akan diberikan sofa atau tempat untuk bersantai. Hal ini bertujuan agar lebih bisa menikmati suasana dan pemandangan yang ada di depan mata.

Selain rumah tipe jendela ini juga banyak dipakai oleh pengelola resort atau hotel atau apartemen yang memiliki pemandangan menakjubkan dari dalam ruangan.

desain jendela picture 3 1024x1024
https://www.instagram.com/p/Bs_ZVPIB-WL/

Pada gambar di atas adalah contoh pemasangan picture windows pada kamar tidur.

Biasanya terdapat pada rumah atau apartemen yang terletak di lantai tinggi sehingga pemandangan kota bisa terlihat jelas dari dalam sana. Tentu akan sangat menakjubkan bisa menikmati suasana malam yang penuh dengan kerlap-kerlip lampu di bawah sana.


7. Double Hung

desain jendela double hung 683x1024
https://images.unsplash.com/photo-1488322388546-ad15855eceec?ixlib=rb-1.2.1&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&auto=format&fit=crop&w=1234&q=80

Double hung sendiri adalah jendela yang tersusun dari 2 daun jendela dalam satu kerangka dan terbagi ke dalam 2 bagian yaitu atas dan bawah. Pada gambar di atas bisa dilihat bahwa jendela bisa digeser baik ke atas maupun ke bawah.

Salah satu jenis jendela yang sebenarnya cukup klasik karena sudah ada sejak beberapa ratusan tahun yang lalu. Contoh gambar lain untuk double hung adalah sebagai berikut.

desain jendela double hung 2 1024x684
https://images.unsplash.com/photo-1500547057220-c921bc21d37b?ixlib=rb-1.2.1&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&auto=format&fit=crop&w=1050&q=80

Contoh double hung di atas cukup sederhana dan simple. Namun sebenarnya jendela jenis memiliki fitur tambahan yang jarang diketahui. Salah satunya yaitu terdapat isolasi atau sekat yang berfungsi meningkatkan efisiensi penggunaan energi di rumah.

Dengan sekat tersebut maka akan mengurangi energi yang terbuang keluar. Selain itu pada double hung tertentu terdapat fitur UV protection yang mampu menangkal sinar UV agar tidak masuk ke dalam rumah.


8. Single Hung

desain jendela single hung 819x1024
https://www.instagram.com/p/BsOjy1wFm6J/

Hampir sama dengan double hung, namun yang membedakan adalah pada single hung ada satu daun yang bisa digeser. Pada jendela tipe ini hanya menyediakan setengah bukaan saja. Hal ini terlihat seperti pada contoh gambar di atas dimana jendela pada dinding berjenis single hung yang lebih menghemat tempat.

desain jendela single hung 2
https://www.instagram.com/p/Bv4rGW5jAbf/

Jendela tipe ini bersifat fleksibel dan cocok dipasang dimanapun. Hal ini dikarenakan bentuknya yang umum yaitu persegi atau persegi panjang sehingga bisa menyesuaikan setiap ruangan. Pada contoh di atas, single hung dipasang pada ruang keluarga yang menampilkan pemandangan taman yang cantik di luar rumah.

Single hung juga memiliki beberapa fitur tambahan yang sama dengan double hung. Fungsi dari jendela ini selain untuk sirkulasi udara juga agar cahaya bisa masuk secara optimal. Sehingga penggunaan energi listrik bisa lebih terkendali. Itulah sebabnya jendela model ini lebih sering dipasang di ruang tamu, dapur atau bahkan kamar tidur.


Nah itulah jenis-jenis desain jendela pada rumah minimalis beserta contoh gambar dan hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan desain yang tepat. Karena jendela akan sangat berpengaruh terhadap tampilan rumah sebaiknya konsultasikan kepada ahlinya atau mencari referensi sebanyak-banyaknya.

Sesuaikan juga dengan bentuk rumah dan ukuran rumah agar tetap terlihat seimbang dan sesuai. Sehingga akan membuat rumah semakin terlihat nyaman dan indah dipandang karena mengandung nilai estetika di dalamnya.

Penulis

Vannia Rie

A dreamer, designer, dan home-decor enthusiast.

Tinggalkan komentar