Desain Interior Rumah Gadang Yang Tak Ada Duanya

Audrey

Rumah Gadang merupakan rumah tradisional orang Minangkabau. Siapapun akan merasa takjub dengan interior rumah gadang ini. Sebab, terdapat ciri khas yang sangat melekat dan beda dari rumah pada umumnya.

Keberadaan rumah gadang tak hanya dijadikan sebagai rumah saja, namun memiliki nilai budaya dan religi. Untuk masuk ke dalamnya pun harus mencuci kaki terlebih dahulu karena dianggap tempat suci.

Desain Interior Rumah gadang

Daya tarik bagi wisatawan ketika berkunjung ke Minangkabau adalah mengunjungi rumah Gadang. Pasalnya, desain interior rumah gadang sangat unik dan menarik. Bagi Anda yang penasaran dengan interiornya, berikut informasinya:

Gonjong merupakan bentuk atap rumah Gadang yang terlihat seperti tanduk. Atap ini sudah menjadi ciri khas yang melekat pada masyarakat Minangkabau. Meskipun rumahnya sudah modern pun masih tetap menggunakan bentuk atap ini.

Rumah Gadang tempo dulu lebih banyak menggunakan ijuk sebagai atapnya. Namun, seiring berjalannya waktu, ijuk tersebut tergantikan dengan seng. Alasannya adalah lebih kokoh terhadap panas dan hujan.

Bagian yang paling menarik ketika dipandang oleh mata adalah bagian dindingnya. Dimana, desain yang terletak pada dinding tersebut terlihat sangat klasik dan estetik. Dinding tersebut dibuat ukiran-ukiran yang merupakan simbolis dari alam.

Biasanya ukiran tersebut berbentuk garis persegi atau melingkar. Kemudian dihias dengan motif bunga, tumbuhan, daun, dan buah-buahan. Memang desainnya terlihat ramai namun sangat cantik ketika dipandang. Tak heran jika banyak yang suka bagian rumah gadang ini.

Bagian interior yang tidak kalah penting adalah bagian pilar ini. Pilar rumah Gadang disusun dalam 5 baris secara berjajar. Nantinya, baris ini akan membagi ruangan menjadi 4 yang disebut dengan lanjar.

Baca Lainnya:   4 Rekomendasi Desain Eksterior Rumah Industrial Terbaik

Desain dari pilar rumah ini sangat klasik karena menggunakan kayu yang berdiri dengan kokohnya. Kayu tersebut juga sengaja di cat sesuai warna aslinya agar mencerminkan rumah gadang yang mengusung konsep alam.

Setiap ruangan pada rumah ini akan ditutup dengan kain khas Minangkabau. Dimana, kain tersebut memiliki warna yang bermacam-macam. Selain itu, motifnya juga masih seputar alam dengan memanfaatkan tanaman dan bunga.

Kain tersebut layaknya tirai penutup ruangan yang memang sengaja dibuat berlapis-lapis. Tujuannya agar tidak terlihat dari luar ketika sedang melakukan aktifitas di dalam ruangan. Jadi, privasi akan tetap terjaga.

Interior pada rumah Gadang yang cukup menarik perhatian adalah bagian lantai rumahnya. Lantai rumah tersebut biasanya disebut dengan Anjuang. Keunikan dari lantainya adalah dibuat mengambang atau tidak menempel pada bumi.

Tujuan dibuat mengambang adalah supaya ada ruang yang kosong di bagian bawah rumahnya. Nantinya ruang tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyimpan alat-alat pertanian yang dimiliki pemilik rumah.

Fungsi lain dari kolong tersebut adalah untuk tempat menenun para wanita. Tempatnya memang sengaja dibuat cukup tinggi dan luas agar bisa digunakan secara leluasa oleh pemilik rumahnya.

Hampir setiap rumah Gadang memiliki kolong ini sehingga bisa dimanfaatkan oleh penghuninya. Nantinya akan ada tangga yang bisa dilewati untuk bisa masuk ke dalam rumah sehingga para tamu tidak perlu khawatir ketika memasukinya.

Penutup

Itulah desain interior rumah gadang yang limited edition karena hanya ada di Minangkabau. Apabila Anda penasaran ingin memasukinya secara langsung, silahkan saja berkunjung. Sampai saat ini, rumah tersebut masih ada dan akan terus dilestarikan oleh warganya.

Penulis

Audrey