Desain Cafe

Anda baru merintis sebuah cafe? Nah, simak tips + desain cafe kekinian ini, keren banget. Bisa bikin bisnismu lebih laris.


Nongkrong maupun kerja di cafe kini adalah gaya hidup bagi kaum milenial. Mereka datang bukan hanya untuk menikmati sajian makanan/minuman, namun juga untuk mendapatkan suasana nyaman atau foto yang bagus.

Tingginya angka peminat cafe membuat para pebisnis menangkap ini merupakan peluang yang harus dipenetrasi.

Dalam hal ini selain sisi bisnis, tampilan, kenyamanan, dan model cafe adalah nilai jual yang menjanjikan yang harus diperhatikan pebisnis sebelum memulai berjualan.

Ya, karena banyak kaum melinial yang melihat bentuk cafe terlebih dahulu sebelum masuk dan merasakan kopi, minuman, atau makanannya.

Untuk itu, 20 inspirasi desain cafe ini bisa dijadikan referensi untuk cafe Anda.

Desain Cafe dengan Cost yang Murah

Desain Cafe yang Pembuatannya Murah
Sumber gambar: Daria Shevtsova / Pexels

Di beberapa keadaan, membangun cafe sering kali menguras tabungan yang cukup banyak atau bahkan mengharuskan seseorang untuk meminjam dana ke bank.

Sebenarnya ada alternatif lain untuk mengakali desain cafe agar tidak menghabiskan terlalu banyak biaya.

Salah satunya, menggunakan furniture berbahan kayu seperti gambar di atas. Datang ke pengrajin kayu dan pesan beberapa meja dan kursi.

Selain memangkas biaya furniture, desain cafe relatif lebih murah dengan menggunakan jasa pengrajin kayu bisa memudahkan pemilik untuk menentukan ukuran furniture yang tepat.


Desain Cafe ala Meja Rumahan

Desain Cafe Minimalis Rumahan
Sumber gambar: pixabay.com

Memulai bisnis tidak harus beli tempat baru. Rumah, juga bisa disulap menjadi cafe yang cantik. Pemilik bisa mengkreasikan rumahnya menjadi cafe indoor dan outdoor.

Sebab, cafe semacam ini jelas menawarkan kesan nyaman dari rumah dan tidak membutuhkan banyak perubahan. Cukup tambahkan kursi dan meja dalam ruangan kemudian percantik dengan beberapa dekorasi di dinding dan meja.

Pemilik dapat menambah nilai keindahan pada desain cafe rumahan tersebut dengan kursi atau sofa yang menarik pula. Gambar tersebut menunjukkan sebuah cafe dalam ruangan yang sangat nyaman dengan sofa dan beberapa bantal duduk.

Untuk menambah alokasi tempat duduk bisa dengan menempelkan sofa ke dinding dekat jendela sangat tepat.


Cafe dengan Menggunakan Furniture Bambu

Desain Cafe Bambu
Sumber gambar: pixabay.com

Bambu adalah bahan yang cukup murah dan bisa mempercantik ruangan. Dinding bambu akan menjaga sirkulasi udara dalam ruangan sehingga tidak terasa panas atau pengap. Penggunaan AC dan kipas angin juga bisa dikurangi dengan memanfaatkan bahan alami ini.

Kemudian, untuk menambah keindahan bambu pada dinding, tambahkan lampu sorot.

Fungsinya adalah untuk memberikan sorotan agar bambu terlihat elegan sekaligus nyaman di malam hari. Lampu yang menyorot ke atas dan bawah akan memperjelas corak dan ruas bambu.


Desain Cafe Sederhana dengan Bukaan Lebar

Desain Cafe Sederhana
Sumber gambar: Daria Shevtsova / Pexels

Desain cafe di atas menunjukkan konsep sederhana yang tak banyak elemen dekorasi. Cukup dengan sebuah meja yang diletakkan disamping jendela.

Namun, jendela besar adalah ide yang tepat untuk membuat cafe terlihat cantik dan tampak lebih terang.


Cafe dengan Meja dari Kayu Bekas

Desain Cafe Dari Barang Bekas
Sumber gambar: pixabay.com

Tak ada salahnya menggunakan beberapa barang bekas sebagai furniture. Misalnya, meja tua yang kemudian dicat ulang.

Kesan tua pada meja bisa memberikan nilai artistik pada keseluruhan cafe. Gunakan juga beberapa barang bekas lain untuk menyajikan cafe dengan tema klasik.

Kotak kayu bekas buah misalnya, bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar furniture cafe. Misalnya untuk membuat meja, atau pot tanaman.


Desain Cafe yang Instagrammable

Desain Cafe Unik
Sumber gambar: unsplash.com
Desain Cafe Instagrammable
Sumber gambar: unsplash.com

Konsep desain ini cukup bertolak belakang dengan desain sebelumnya.

Ya, konsep yang instagrammable cenderung hadir dengan penggunaan furniture dan dekorasi yang berbeda dari biasanya. Misalnya, penggunaan huruf neon di bagian dinding.

Karena mengusung tema instagramable maka tambahkan tempat khusus untuk berfoto dengan dekorasi dan properti yang menarik perhatian.


Cafe Bergaya Klasik juga Menarik Dicoba

Desain Cafe Klasik
Sumber gambar: pixabay.com

Cafe pada dasarnya adalah tempat untuk duduk dan minum kopi. Meski sudah banyak versi desain interior yang digunakan dalam pembangunan cafe, masih banyak pemilik yang menggunakan konsep cafe klasik.

Misalnay desain di atas yang menunjukkan kesan klasik cafe dengan cara menonjolkan papan-papan besar yang berisi menu.

Rasa klasik dari desain cafe ini juga terangkat dari warna yang digunakan. Banyak detail dengan warna senada dan netral seperti cokelat, putih, hitam, dan krem.


Inspirasi Cafe Klasik Lainnya

Desain Cafe Klasik Sederhana
Sumber gambar: Kaboompics.com / Pexels

kali ini warna yang dipilih merupakan perpaduan warna netral yaitu cokelat tua, krem, dan hitam. Pengunjung akan langsung merasakan suasana nyaman dan tenang begitu masuk ke dalam cafe ini.

Lalu, untuk furniture pilihlah dengan desain sederhana tanpa detail berlebihan.

Konsep cafe klasik sederhana akan tampak elegan bila tampil dengan minim detail dan komposisi harmonis antar elemen.


Desain Cafe Mungil di Pelataran

Desain Cafe Mungil
Sumber gambar: pixabay.com

Desain cafe ini sangat sederhana. Hanya memanfaatkan teras bangunan dan memuat beberapa meja dan kursi.

Modal yang dibutuhkan untuk membangun cafe sederhana semacam ini pasti jauh lebih murah dibanding cafe dalam ruangan besar.

Bahkan daftar menu disediakan di dinding dan ditulis dengan cat. Penggunaan menu semacam ini sangat hemat dan efisien sekaligus memberi kesan artistik pada cafe. Dinding sudah penuh dengan menu, sehingga tidak perlu ada hiasan tambahan.


Cafe dengan Konsep Mini & Semi Outdoor

Desain Cafe Mini
Sumber gambar: Igor Starkov / Pexels

Kaca besar di bagian depan cafe bisa memperluas pandangan keluar, sehingga memberikan efek lapang pada ruangan. Selain itu, menempatkan cermin dalam ruangan juga bisa memberikan kesan ruangan lebih luas.

Untuk siasat ruangan mungil, sebaiknya memilih furniture yang berukuran relatif lebih mungil. Kursi dan meja yang digunakan memiliki desain sederhana dengan kaki-kaki yang ramping sehingga ruang gerak pengunjung lebih luas.


Cafe Minimalis yang Nyaman untuk Kerja

Desain Cafe untuk Kerja
Sumber gambar: unsplash.com
Desain Cafe Minimalis
Sumber gambar: unsplash.com

Cafe dengan desain minimalis haruslah sederhana dan memanfaatkan tempat dengan baik.

Ada tiga jenis meja yang digunakan yaitu meja berbentuk persegi panjang dan persegi. Jenis meja yang berbeda ini bisa menampung orang yang datang dengan jumlah berbeda secara efisien.

Dan, jenis ketiga yakni jenis meja dinding. Tepatnya, meja ditaruh pada dinding sebagaimana contoh pada gambar kedua.

Ciri khas cafe minimalis berikutnya yakni tidak banyak dekorasi dalam ruangan, hanya ada pajangan berupa keramik kecil di rak gantung.


Cafe Outdoor

Desain Cafe Outdoor
Sumber gambar: Pexels

Cafe tidak harus ada dalam ruangan. Contoh tersebut banyak terdapat di dalam maupun luar negeri. Mendirikan cafe di ruangan terbuka memang memerlukan sedikit trik.

Pilih furniture yang berbahan kuat sebab akan sering terkena sinar matahari dan hujan.

Sebagai peneduh atau pelindung, Anda bisa menggunakan kanopi atau payung, sehingga pengunjung nyaman berada di cafe tersebut.


Konsep Cafe Lesehan ala Negeri Sakura

Desain Cafe Lesehan
Sumber gambar: pixabay.com

Lesehan bukan hanya tradisi orang Indonesia namun juga merupakan tradisi di Jepang.

Meja berdesain pendek dan panjang bisa digunakan sebagai pilihan. Lalu, tambahkan beberapa bantal duduk agar pengunjung lebih nyaman. Pilih warna bantal duduk yang menarik atau bermotif agar ruangan lebih cantik.


Cafe Cantik dengan Material Kayu

Desain Cafe Material Kayu
Sumber gambar: Arnon Suksumran / Pexels
Desain Cafe Kayu Sederhana
Sumber gambar: unsplash.com

Desain cafe kayu yang terdapat pada gambar tersebut misalnya, menggunakan warna dasar kayu yaitu cokelat muda. Kemudian mengkombinasikannya dengan warna dinding putih.

Kesan yang didapatkan adalah ruangan yang bersih dan nyaman. Siapapun pasti akan sangat betah berada dalam ruangan tersebut. Cahaya matahari juga dibiarkan masuk melalui kaca jendela yang besar.


Cafe Unik Bergaya Vintage

Desain Cafe Vintage
Sumber gambar: tom balabaud / Pexels

Kesan vintage yang timbul dari gambar tersebut berasal dari kursi dan meja yang digunakan. Warna merah, dan kuning pada kursi selaras dengan warna pada lukisan. Kemudian dinetralkan oleh lantai kayu yang berwarna cokelat.

Tampilan vintage bisa ditonjolkan dalam pembuatan desain interior cafe dengan menggunakan barang-barang bergaya kuno. Atau bahkan bisa juga membeli barang bekas yang mudah ditemui di pasar.


Bata Ekspos di Dinding Bergaya Industrial

Desain Cafe Industrial
Sumber gambar: Anna Kapustina / Pexels

Cara mudah menghadirkan kesan industrial pada cafe adalah dengan menggunakan dinding batu bata -bata ekspos-.

Selain itu, detail seperti pipa besi berwarna hitam atau chrome juga bisa meningkatkan kesan insdustrial. Gambar tersebut menunjukkan cafe menggunakan alat pendukung yang berwarna chrome dan meningkatkan kesan industrial.


Desain Cafe Industrial yang Cukup Unik

Desain Cafe Industrial Unik
Sumber gambar: Snapwire / Pexels

Dinding terkesan penuh karena berwarna gelap dengan beberapa lukisan dan pajangan. Konsep ini akan terlihat suram jika tidak didesain dengan baik. Namun gambar tersebut mampu menunjukkan bahwa cafe ini cantik dan unik.

Membuat sebuah cafe unik bisa menjadi nilai jual lebih pada cafe tersebut. Tonjolkan satu hal yang akan diulang-ulang sesuai tema. Misalnya cafe unik bertema doraemon.


Desain Cafe 2 Lantai

Desain Cafe 2 Lantai
Sumber gambar: Huy Phan / Pexels

Pemandangan dari bagian atas bangunan juga bisa dimanfaatkan. Berikan kaca besar agar pengunjung leluasa melihat pemandangan dari lantai atas.

Ini bisa meningkatkan rasa nyaman, sebab pengunjung bisa berelaksasi sambil meminum kopi.

Perhatikan juga akses pengunjung agar mudah memanggil atau memesan menu tambahan. Bila perlu sediakan karyawan yang berjaga di lantai atas, agar pengunjung tidak perlu turun untuk memesan menu tambahan.


Cafe Mungil dengan Warna Monokrom

Desain Cafe Hitam Putih
Sumber gambar: Daria Shevtsova / Pexels

Cafe dengan warna hitam dan putih seperti gambar tersebut ternyata sangat menarik dan mudah ditiru. Dinding bisa dicat dengan warna hitam. Kemudian diberi pajangan berwarna dasar putih.

Jika menginginkan kesan lebih cerah, maka dinding diberi warna putih. Lengkapi dengan dekorasi yang bertema hitam putih, serta alat makan dan minum yang berwarna sama.


Tips Sederhana Mendesain Cafe

Langkah paling krusial adalah mengindentifikasi siapa customer Anda.

Misalnya jika cafe berada di dekat kampus atau sekolah. Cafe ini tentu dibuka untuk menarik minat remaja, maka desain yang tepat adalah desain yang instagramable dengan warna yang cantik.

Lain halnya jika cafe bertujuan untuk menjadi wadah bagi pebisnis. Tempat yang nyaman dan elegan sangat cocok. Pilih tema yang sederhana, namun berkelas agar mereka memilih untuk datang saat istirahat makan siang atau sepulang bekerja.


Demikianlah ragam inspirasi mengenai desain cafe, semoga bermanfaat dan sukses untuk bisnis cafe Anda.

Vannia R

a dreamer, designer, and home-decor enthusiast.

Tinggalkan komentar