Dekorasi Ruang Tamu

Yuk, percantik ruang tamu jadi kekinian. 10 inspirasi dekorasi ruang tamu ini cocok untuk segala jenis rumah, cek sekarang!


Dalam artikel ini ada beberapa contoh dekorasi ruang tamu dengan aneka warna dan tema. Cocok diaplikasikan untuk ruang tamu minimalis maupun bukan.

Dari sisi budget, tidak dibutuhkan biaya yang besar. Oleh sebab itu, sayang rasanya kalau tidak membaca tulisan ini sampai habis. Yuk, cek inspirasinya:

Wallpaper Kayu

Dekorasi Ruang Tamu Dengan Wallpaper
Sumber Gambar: Instagram / @denidedidut

Unsur alam yang paling mudah dipahami adalah kayu. Bisa dimulai dengan mencoba pasang wallpaper kayu di salah satu dinding ruang tamu.

Biar pun hanya salah satu sisi hal ini sudah cukup menghadirkan suasana alam dalam rumah. Pilih lah sisi yang dominan atau paling sering dipandang mata. Dekorasi ruang tamu seperti ini mudah dan terhitung cukup murah.


Selain Kayu, Motif Batuan Bisa Jadi Alternatif

Kalau kurang menyukai warna cokelat, maka desain bebatuan bisa jadi alternatifnya. Seperti contoh di atas, wallpaper yang dipasang bermotif batu bata abu-abu.

Pilihan ini pun cocok jika dekorasi ruang tamu sebelumnya bernuansa putih. Tidak perlu banyak mengubah furniture di dalamnya.

Pemilihan wallpaper jenis ini juga memberikannuansa outdoor di dalam rumah. Buat yang rumahnya minimalis, sedikit banyakakan menciptakan kesan luas. Jika ingin mengkombinasikan dengan warna lainnyaharus cermat. Jangan sampai warnanya bertabrakan dan tidak senada.


Aksesoris di Beberapa Area

Mungkin mengganti wallpaper terlalu merepotkan. Ada cara mudah lainnya yang dapat ditiru.

Coba ganti aksesoris di ruang tamu dengan karpet hijau layaknya hamparan rumput, gorden hijau, serta tempatkan beberapa pot tumbuhan di dalam ruangan.

Tata dan posisikan itu semua dengan tepat, maka ruang tamu akan menjadi lebih indah.


Tentukan Satu Tema Warna

Memasukkan unsur alam tidak harus selalu kayu dan sebagainya. Bisa juga bermain dengan satu warna tertentu. Umumnya orang-orang menjadikan warna hijau yang paling dekat dengan alam.

Kemudian, selaraskan furniture dan aksesoris ruang tamu dalam satu warna. Dengan begitu, dekorasi ruang tamu akan memiliki satu warna dominan.


Coba Variasikan Dengan Berbagai Motif

Apabila pemilihan satu warna polos dianggap monoton, cobalah berkreasi dengan berbagai motif. Ada banyak motif yang didominasi oleh satu warna, misalnya motif daun.

Sebagai contoh, jika nuansa ruang tamu saat ini sudah hijau, pilih sarung bantal atau karpet bermotif dedaunan. Biasanya dari desain tersebut ada warna selain hijau. Ini memberikan variasi warna di ruang tamu.


Mau Tabrak Warna? Silahkan Saja!

Beberapa orang mungkin ingin berkreasi lebih dengan cara menabrakkan warna dominan. Silahkan saja, hal ini patut dicoba.

Tips untuk melakukan cara ini adalah pilih 2 warna dominan, sedangkan sisanya sebagai unsur kecil.

Karena semakin banyak warna dominan, ruang tamu akan terasa ramai. Niat awal ingin memasukkan unsur alam malah jauh dari kesan yang diberikan.


Ternyata Warna Merah Muda Juga Bisa Memberikan Nuansa Alam

Kalau selama ini warna merah muda dianggap hanya mampu memberikan kesan feminim itu salah.

Bagi pecinta warna merah muda tetap bisa menciptakan nuansa alam dalam rumah. Seperti pada gambar di atas, si pemilik rumah dengan cermat memilih unsur-unsur alam yang berwarna merah muda. Seperti tanaman pada meja, hiasan dinding, hingga penataannya.


Motif Monokrom Pun Cocok Dijadikan Perpaduan

Dekorasi Ruang Tamu Monokrom
Sumber Gambar: Instagram / @rena_iput

Bosan dengan motif tumbuhan atau hewan? Ingin desain lain tapi tetap ingin memiliki konsep alam?

Cobalah menggabungkan nuansa monokrom sebagai dekorasi ruang tamu. Pada dasarnya warna hitam-putih lebih mudah dicocokkan dengan konsep apapun.

Oleh sebab itu, tidak terlalu sulit menghadirkan alam dalam ruangan monokrom.

Bisa juga menempatkan tumbuhan hijau dalam potputih. Atau memilih tumbuhan yang berwarna putih, seperti mawar, anggrek,melati, dan lainnya. Jadikan unsur-unsur alam sebagai pelengkap agar tidakterkesan memaksa.


Hiasi Lantai Dengan Unsur-Unsur Alam

Bagian ruangan lainnya yang bisa dikreasikan adalah lantai. Jika dinding bisa dipasang wallpaper, maka untuk totalitas cobalah mengganti lantai dengan kayu.

Opsi lainnya adalah memasang keramik dengan motif bebatuan atau malah menggunakan material batu asli. Dengan begini, konsep alam sudah terlihat jelas di sana.

Sebagai variasi, lengkapi ruang tamu denganfurniture yang bergaya outdoor. Misalnya meja kayu, kursi berwarna cokelattanah, hingga tanaman hidup di beberapa pot kecil. Begitu masuk rumah, mataakan dimanjakan dengan pemandangan alam.


Motif Anyaman yang Memberikan Kesan Sederhana

Dekorasi Ruang Tamu Dengan Motif Anyaman
Sumber Gambar: Instagram / @evieninon

Dekorasi ruang tamu dengan berbagai motif anyaman juga bisa memberikan konsep alam. Motif yang didominasi warna cokelat mengesankan tradisional dan kesederhanaan.

Hal ini bisa membawa diri untuk lebih menyatu dengan alam. Ada banyak aksesoris yang bermotif atau berbentuk anyaman, seperti karpet, pot bunga, hiasan dinding, dan sebagainya.


Dengan adanya unsur-unsur alam yang masuk ke rumah bisa menjadi salah satu stress healing diri sendiri.

Semoga bermanfaat!

Vannia R

a dreamer, designer, and home-decor enthusiast.

Tinggalkan komentar