6 Rekomendasi Merk Cat Tembok Anti Air Terbaik

Vannia Rie

Memilih cat tembok yang cocok akan menciptakan suasana rumah yang lebih nyaman. Pemilihan cat juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena cat tersebut nantinya akan menjadi latar belakang di setiap sudut ruangan Anda.

Oleh karena itu, Anda harus bisa mencari tahu apa cat terbaik yang bisa Anda gunakan.

Secara umum, terdapat dua jenis cat yang tersedia di pasaran. Pertama adalah cat interior yang dipakai khusus untuk mengecat dinding dalam ruangan.

Kedua adalah cat exterior yang dipakai khusus untuk mengecat dinding di luar ruangan. Ada pula berbagai macam varian cat, mulai dari anti air, anti noda, sampai anti cuaca ekstrem.

Jika Anda belum memiliki gambaran warna cat apa yang Anda inginkan, mencari cat yang cocok akan sedikit sulit. Lalu, apa yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih warna cat yang cocok?

Tips Memilih Warna Cat

Warna yang Cocok dengan Furnitur

Dari sekian banyak warna yang ada dan tersedia, Anda bisa memulai dari mencoret atau mengeliminasi warna-warna yang tidak cocok dengan furnitur rumah Anda. Atau Anda juga bisa memilih tiga warna dasar di awal, dan kemudian melihat pilihan spektrum yang ada. 

Memanfaatkan Cahaya Matahari dalam Ruangan

Pada ruangan yang menerima banyak cahaya matahari, Anda bisa menggunakan warna cat yang lebih terang. Hal tersebut dapat memberikan efek visual berupa ruangan yang lebih luas dan lebih lega. Sebaliknya, Anda bisa menggunakan warna yang lebih gelap untuk ruangan yang tidak terlalu mendapatkan cahaya matahari. Dengan itu, Anda akan merasa lebih nyaman dan tenang.

Buat Ruangan Kecil Terkesan Luas

Anda bisa mencari tahu lebih lanjut kira-kira warna apa saja yang bisa membantu menciptakan ilustrasi ruangan yang luas. Anda juga bisa bertanya dan meminta rekomendasi kepada kerabat dekat Anda mengenai warna apa yang cocok dan dapat membuat ruangan terkesan lebih nyaman.

Bereksperimen dengan Lebih dari Satu Warna

Tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan dua warna dalam suatu ruangan yang sama. Misal, biru tua untuk tembok di belakang TV dan warna putih untuk tembok di sekelilingnya yang dapat menciptakan kesan hangat dalam ruang keluarga.

Menganggap Plafon sebagai Tembok Kelima

Umumnya, orang-orang membiarkan langit-langit dicat dengan warna putih untuk memberikan kesan luas. Namun, tidak ada salahnya untuk mengecat plafon dengan warna-warna selain putih. Anda bisa menggunakan warna dengan shade yang lebih terang dari tembok samping untuk ruang tamu, atau shade yang sama dengan tembok untuk ruang makan.


5 Warna Cat Tembok Rumah Pilihan

Abu-abu

Tembok abu-abu dapat memberikan kesan luas pada suatu ruangan. Tidak hanya itu, warna ini juga dapat menimbulkan kesan elegan dan tenang, cocok untuk rumah yang memiliki sentuhan vintage dan modern.

Abu-abu adalah warna yang netral sehingga ini menjadi salahs atu warna favorit banyak orang, khususnya untuk tembok ruang tamu.

Hijau

Dikenal sebagai warna yang harmonis, hijau merupakan warna yang cocok untuk memberikan kesan tenang dalam seuah ruangan.

Jika Anda bukan tipe yang gemar menanam tumbuhan, warna hijau pada tembok dapat menjadi alternatif yang tepat untuk Anda yang ingin mencoba warna lain selain warna netral.

Biru

Warna ini merupakan warna favorit jutaan umat, jadi hal wajar biru masuk ke dalam daftar ini.

Biru sendiri diketahui memiliki efek menenangkan dan dapat menjadi warna yang enak untuk dipandang saat Anda baru saja pulang dari pekerjaan yang melelahkan. Begitu banyak spektrum arna biru dan hampir semua bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk mewarnai tembok rumah.

Hitam

Walaupun tidak banyak yang menjadikan warna hitam sebagai pilihan, warna ini dapat menjadi pilihan yang bagus saat Anda.

Dengan memastikan pencahayaan ruangan dan warna perabot Anda, hitam akan menarik perhatian dan bisa membantu meng-highlight perabotan atau barang-barang lain di ruangan.

Krem

Krem atau beige adalah warna yang sebagian besar orang akan pilih saat sedang mencari cat tembok di rumah.

Warna ini juga banyak ditemukan di rumah-rumah minimalis karena memberikan kesan yang luas dan classy pada keseluruhan ruangan dan.

Dari sekian banyak warna dan brand, berikut adalah rekomendasi cat tembok anti air yang cocok untuk rumah kesayangan Anda.


6 Rekomendasi Merek Cat Tembok Anti Air Terbaik

1. Danapaint Danabrite

%name
renotop.id

Merk ini sudah pastinya tidak asing di telinga Anda. Jika Anda sedang mencari cat tembok yang bisa menghasilkan efek matte setelah kering, Danabrite akan menjadi pilihan yang cocok.

Hasil cat Danabrite juga tetap memastikan Anda akan dengan mudah membersihkan noda dengan air sabun tanpa merusak hasil cat.

2. Dulux Catylac Interior

%name
qhomemart.com

Cat tembok dari Dulux terkenal dengan kualitas kelas atas dan jadi pelopor cat tembok anti air.

Dengan bahan dasar air, cat ini tidak akan terkelupas dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika Anda memiliki anak yang sering bermain air, Anda tidak perlu mengkhawatirkan dinding rumah cepat rusak.

3. Belmont Paint Indonesia Metallic Paint

%name
shopee.co.id / @bazarbangunan

Apabila Anda tidak tertarik mendapatkan hasil akhir cat matte, Belmont bisa menjadi opsi alternatif Anda. Belmont Paint mengeluarkan produk cat tembok dengan hasil akhir metallic dan sempat menjadi salah satu cat tembok dengan pembelian yang tinggi.

Tersedia berbagai macam pilihan warna, Metallic Paint dapat memberikan sentuhan mewah pada tembok rumah Anda.

4. Propan DLI480 Decorlotus

%name
propanraya.com

Varian ini adalah produk yang paling sering dicari dari merk Propan. Tidak hanya memiliki fungsi anti air, DLI480 Decorlotus juga memiliki ketahanan dari gesekan.

Terlebih lagi dengan pilihan warna yang beigut beragam, Propan dijadikan sebagai salah satu pilihan cat tembok rumah yang aman bagi anak-anak untuk bermain dan belajar. Orang tua juga tidak perlu khawatir tembok yang kotor.

5. Nippon Paint Vinilex Gloss

%name
shopee.co.id / @leomartalay

Cat glossy semakin banyak diminati karena hasil yang menarik dan memiliki daya tahan yang tinggi. Nippon Paint Vinilex Gloss berbahan dasar air dan mengandung silver ion untuk membantu Anda melindungi tembok dari bakteri.

Terlebih lagi, hasil akhir cat yang halus dapat membantu Anda membersihkan tembok yang kotor dengan lebih mudah.

6. Aquaproof

%name
aquaproof.co.id

Salah satu kekhawatiran para pemilik rumah adalah air yang remes ke dalam tembok dan bocor saat sedang musim hujan.

Cat tembook aquaproof ini memiliki daya kuat yang kedap air dan sering digunakan sebagai cat pelapis dinding exterior. Jadi, Anda tidak perlu khawatir air hujan akan menetes setelah menggunakan cat tembok ini.

Nah, demikianlah ulasan dari kami perihal apa saja produk cat tembok air yang bagus, serta rekomendasi warna hunian yang bisa Anda coba.

Semoga bermanfaat!


Wujudkan interior idaman Anda bersama DekadekoPro. DekadekoPro menyediakan jasa desain interior dengan konsep minimalis, modern, mewah, sederhana, shabby chic, dan konsep lainnya. Temukan berdasarkan kota Anda di link berikut:

Penulis

Vannia Rie

A dreamer, designer, dan home-decor enthusiast.

Tinggalkan komentar