Atap UPVC

Atap ini sedang naik daun nih, ketahui lebih banyak mengenai atap UPVC disini, ada harga, karakteristik, kelebihan, & kekurangannya.


UPVC adalah kependekan dari salah atu jenis atap, Uplasticised Polyvinyl Chloride.

Ini merupakan sejenis atap yang dibuat dari bahan dasarnya sendiri merupakan turunan plastik yang telah disterilkan.

Melalui proses terbaik sehingga sangat lentur serta mampu menghasilkan jenis atap yang kuat, rigid,dan keras. Dan atap ini sangat populer dikalangan perancang bangunan.

Karakteristik Atap UPVC

illustasi atap UPVC

Tahan Terhadap Ragam Cuaca

Jenis atap ini juga sangat kokoh terhadap kondisi perubahan cuaca apapun, karena bentuknya yang sangat fleksibel. Dan ringan serta mampu melakukan penyusutan serta pemuaian dengan mudah dan benar.

Anti BPA

Apalagi yang paling penting dari jenis atap ini adalah mampu bertahan dari erosi apapun dan mengandung bahan kimia yang tidak terkombinasi dengan BPA.

Sehingga atap ini sangat aman sekali untuk tubuh. Dan yang paling penting lagi,pada jenis atap inI tidak mengandung bahan-bahan aditif yang digunakan untuk membuat plastik.

Kaku dan Solid

Karakter spesifik lainnya, jenis atap ini cenderung kaku dan terlihat gagah, yaitu karena atap ini menggunakan bahan-bahan material bersifat tertutup yang bisa meredam dan menjaga panas.


Kelebihan Atap UPVC

Biaya Maintenance yang Terjangkau

Biaya perawatan pada atap satu ini sangat hemat, karena bahan yang digunakan pada pembuatan atap ini tahan terhadap erosi apapun yang mengandung bahan kimia dengan sangat baik.

Terlebih lagi untuk jangka waktu yang sangat lama. Serta mengandung material jenis opak semi transparan sehingga dapat menembus cahaya bahkan benturan hingga 540 kilogram.

Fleksibel

UPVC mengandung beberapa material yang sangat fleksibel dan padat, sehingga dapat menjadikan kondisi ruangan mampu terjaga dengan baik dengan temperatur yang pas dan tinggi.

Isolator yang Baik

Serta, atap ini adalah isolator yang baik, sehingga listrik yang terpasang pada bangunan ini tidak akan mudah terbakar.


Kekurangan Atap UPVC

Tidak Tahan Api

Kemudian juga material penyusunnya terbuat dari hlorine atau garam dengan kadar 50 persen. Dimana rentan terbakar jika terkena api, dan mampu menahan beban.

Serta kekurangan lainnya yang dimiliki oleh jenis atap ini adalah tidak selamanya bertahan 100 persen tahan api.

Relatif Mahal

Dimana, kekurangan tersebut diantaranya adalah harga dari jenis bahan atap ini cenderung mahal jika dibandingkan dengan jenis atap apapun.

Tak Banyak Varian Warna

Serta tidak memiliki banyak varian warna yang beragam, yaitu hanya warna biru dan putih.


Cara Pemasangan Atap UPVC

Ada beberapa hal yang harus dicermati dalam memasang atap jenis UPVC ini, dimana pemasangan tersebut harus mempertimbangkan beberapa hal, yaitu dengan cara sebagai berikut:

1. Memperhatikan Tanda The Side Up

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam pemasangan jenis atap ini adalah harus memperhatikan terlebih dahulu tanda the side up pada atap tersebut.

Tanda yang menjelaskan pada bagian permukaan paling atas, sehingga tidak terjadi kesalahan saat proses pemasangan tersebut.

Dalam memasangnya, jangan lupa menggunakan skrup dengan pelindung karet yang khusus.

2. Memberikan Jarak Length Overlap

Hal yang kedua, yang harus diperhatikan dalam pemasangan atap ini adalah memberikan lubang untuk sekrup terlebih dahulu dengan ukuran pada diameternya adalah 3 milimeter.

Alasannya adalah agar sekrup memiliki tempat untuk memuai dengan tepat dan baik.

Tidak hanya itu , panjang antara jarak sambungnya adalah length overlap berukuran 200 milimeter.

3. Perhatikan Sudut Kemiringan Dengan Seksama

Langkah berikutnya adalah memperhatikan setiap sudut kemiringan yang akan digunakan, dimana sudut tersebut harus sesuai dan tepat secara seksama. Yaitu sebesar sepuluh derajat, dengan jarak tritis over hangnya adalah sebesar 100 milimeter dengan jarak maksimumnya hingga 1200 milimeter. Sehingga tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan pemasangannya menjadi terlihat fatal dan tidak seimbang.


Pengaplikasian Atap UPVC

Adapun fungsi UPVC di dalam kehidupan sehari-hari yang harus dilakukan adalah digunakan untuk pembangunan untuk pabrik, baik itu pabrik yang berorientasi kepada bahan kimia maupun pengolahan.

Lalu, juga digunakan untuk atap stadion olahraga, gedung industri bidang agrobisnis.

Berupa perikanan, pertanian, peternakan, gedung komersial, gedung serbaguna, parkir, dan perumahan.


Cara Perawatan Atap UPVC

Perawatan yang tepat dalam menjaga kestabilan atap satu ini adalah dengan senantiasa memeriksa keamanan sekrup disetiap harinya.

Agar terpasang dengan baik dan optimal sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan agar tidak terjadi kerusakan. Jangan lupa dalam pemasangan menggunakan real roofting yang tepat, dan sesering mungkin memeriksa kotoran dan sampah pada atapnya.


Jenis Atap UPVC dan Harganya

TipeUkuranKetebalanWarnaHarga
Formax Semi Transparan1,13 m2,5 mmBiru Muda, PutihRp 205.000an
Royal Roof Gel Genteng1,76 x 0,96 meterRp 302.000an
Sun Panel Doff8,2 m10 mmBiru Muda, PutihRp 135.000an
Sun Panel Semi Transparan8,2 mRp 165.000an
Advanguard Doff1,3 m2 mmCream, Abu Abu, BiruRp 170.000an
Advandguard Semi Transparan1,3 m1,5 mmPutihRp 215.000an

Demikianlah informasi penting mengenai atap UPVC semoga saja informasi ini bermanfaat.


Vannia Rie

Penulis

Vannia Rie

A dreamer, designer, dan home-decor enthusiast.

    Tinggalkan komentar