Apartemen

Sedang mencari referensi apartemen idaman? Nah ini 10+ desain & denah apartemen ✓ studio ✓ minimalis, ✓ 1 kamar ✓ 2 kamar ✓ 2 lantai. Ini idenya.


Sebelum membeli sebuah apartemen, pahami terlebih dahulu tipe-tipe apartemen yang ada.

Hal ini akan memudahkan untuk mendapatkan apartemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada beberapa jenis apartemen. Mulai dari inspirasi apartemen studio (kecil yang fungsional) hingga mewah bisa Anda dapatkan disini. Bagaimana modelnya? Berikut ulasannya.

Minimalis

denah apartemen
Sumber Gambar: hotelroomsearch.net

Model 1 – Apartemen ini yang ukurannya tidak besar namun sudah memiliki berbagai ruang.

Ruangan-ruangan ini dipisahkan dengan menggunakan dinding khusus. Tipe apartemen ini bisa memiliki 3 hingga 5 ruangan.

Ruangan-ruangan tersebut terdiri atas ruang tidur, ruang dapur, ruang tamu, ruang makan dan ruang kamar mandi. Apartemen tipe minimalis biasanya hanya memiliki satu kamar tidur saja.

Jenis apartemen minimalis cocok bagi pasangan yang baru saja menikah. Hal ini dikarenakan jumlah kamar yang hanya satu dan ruangan yang terbatas.


denah apartemen 2019
Sumber Gambar: 3dplans.com

Model 2 – Dikarenakan luas ruang yang terbatas, maka benda-benda yang ada di dalam haruslah benar-benar yang bermanfaat. Hal ini juga sangat berguna untuk menghemat ruang.


Mewah

apartemen mewah
Sumber Gambar: pngdownload.id

Tipe apartemen mewah merupakan jenis apartemen yang dikhususnya untuk masyarakat kelas atas. Biasanya memiliki minimal 4 kamar tidur.

Sesuai dengan namanya, bagian interior apartemen mewah biasanya juga dihiasi dengan barang-barang mewah.

Lokasi dari apartemen ini juga berada di tempat yang strategis. Jenis apartemen mewah dibangun di tempat yang dekat dengan akses jalan, pertokoan dan berbagai tempat penting lainnya.

Maka tidak heran jika harga dari apartemen ini juga tidak main-main. Desain interior maupun eksterior dari apartemen ini juga tidak pernah mengecewakan.


Mungil

denah apartemen mungil
Sumber Gambar: freshome.com

Apartemen kecil yang biasanya cocok ditinggali oleh satu orang saja. Sesuai namanya denah apartemen ini kecil dan tidak memiliki banyak sekat.

Setiap ruang yang ada pada apartemen ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Oleh sebab itu, dibutuhkan keterampilan khusus untuk mensiasati ruang yang ada di dalam apartemen. Warna cat dari apartemen mungil harus dibuat secerah mungkin, agar ruang terlihat lebar.

Begitu masuk dari pintu depan, maka penghuni apartemen akan langsung bisa melihat kamar tidur. Bagian lemari biasanya juga diletakkan di bagian-bagian yang bisa melekat pada dinding.

Bahkan lemari ini juga bisa berfungsi sebagai dinding tambahan.


1 Kamar

desain apartemen 1 kamar
Sumber Gambar: behance.net/Get3d

Model 1 – Yaps, apartemen ini hanya memiliki 1 kamar tidur saja.

Ada berbagai ruangan yang juga berada di dalamnya. Beberapa ruangan ini biasanya tidak jauh lebih besar dari ruangan kamar.

Bagi yang hidup sendiri seperti pelajar atau pekerja yang jauh dari orangtua, tipe apartemen ini merupakan tipe yang ideal.


denah apartemen 1 kamar
Sumber Gambar: behance.net/Get3d

Model 2 – Ini artinya walaupun hanya memiliki satu kamar, namun penghuni apartemen tetap memiliki ruang gerak yang bebas.


2 Kamar

denah apartemen 2 kamar
Sumber Gambar: 3dplans.com/apps/hosting/manco_abbott

Apartemen yang memiliki dua kamar di dalamnya. Kedua kamar ini biasanya terdiri dari kamar utama dan kamar tambahan.

Kamar utama ukurannya lebih besar dan juga luas. Namun ada juga tipe apartemen dua kamar yang luas kedua kamarnya sama.

Di dalam denah apartemen ini digambarkan jika terdapat banyak ruangan lainnya selain ruang kamar. Ruangan ini seperti ruang makan, dapur, ruang tamu bahkan ruang tambahan lainnya.

Apartemen 2 kamar cocok bagi keluarga muda yang baru memiliki satu anak. Jarak antara kamar utama dengan kamar tambahan juga tidak terlalu jauh.


Dengan Taman

apartemen dengan garden
Sumber Gambar: Credit: pexels.com

Letak atau  posisi apartemen tipe garden ini berada di bagian bawah gedung.

Hal ini dikarenakan apartemen ini lebih mengusung pada tema alam. Sehingga, pemilik apartemen akan merasa seperti selalu berada di tengah-tengah kebun.

Untuk bagian desain dalam apartemen, apartemen jenis ini memiliki gaya bebas atau tidak ada patokan khusus.

Hanya saja yang menjadi pembedanya adalah bagian luar apartemen.

Pada bagian luar apartemen aka nada kebun-kebun yang ditanami tanaman hijau. Jenis apartemen seperti ini sangat cocok bagi para pecinta alam.

Pemandangan hijau di sekitar areal apartemen pastinya juga dapat memanjakan mata. Konsep desain dan denah apartemen kebun ini biasanya sangat difavoritkan penduduk kota.


Tipe 21

desain apartemen tipe 21
Sumber Gambar: pinterest.com/milenamornelas/

Model 1 – Warna cerah biasanya mendominasi apartemen yang satu ini. Hal ini tentu saja membuat apartemen tipe 21 terasa mampu membuat penghuninya merasa selalu semangat.

Tipe apartemen ini biasanya hanya menggunakan tempat tidur jenis single bad (cukup untuk 1 orang). Hal ini dilakukan demi penghematan ruang tidur yang sangat strategis.

Jika dibandingkan dengan ukuran apartemen yang lainnya, ukuran apartemen yang satu ini merupakan yang paling kecil.


apartemen 21 meter
Sumber Gambar: cosedicasa.com

Model 2 – Jika ingin mencari tipe apartemen yang ukurannya standar namun terdiri dari 2 lantai, maka jenis apartemen ini adalah yang paling tepat.

Meskipun ukurannya terbilang kecil, namun apartemen jenis ini bisa dibuat menjadi dua bagian. Bagian pertama yaitu bagian dasar dimana bisa diletakkan kursi tamu yang mini.

Sedangkan pada bagian atas, bisa ditempatkan khusus untuk ruang tidur.


Tipe 36

desain denah apartemen tipe 36
Sumber Gambar: 36sixty.com

Keberadaan apartemen tipe 36 dianggap sebagai solusi hunian yang praktis dan modern.

Jumlah kamar pada apartemen ini hanya ada satu buah. Tentu saja ini bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan pemilik apartemen.

Tipe ini cocok untuk kebutuhan apartemen dengan ukuran kecil dan mini. Sementara itu, antar ruangannya dipisah dengan sekat yang sederhana.


Tipe Studio

model apartemen studio
Sumber Gambar: gadinggreenhillapartemen.com

Jenis apartemen seperti ini hanya terdiri dari satu ruangan saja. Jika pun ada ruangan yang lainnya, maka ruangan tersebut hanya ruangan kamar mandi.

Ukuran apartemen studio biasanya relatif kecil dan hanya terdiri dari tempat tidur serta sofa. Sekat antar ruang bisanya hanya dipisah menggunakan pembatas berupa meja..

Jenis apartemen studio ini lebih mirip seperti ruang tidur yang multifungsi. Dikarenakan luasnya yang relatif sempit dan juga hanya berupa satu ruang.


Tipe Alcove

denah apartemen alcove
Sumber Gambar: rukamen.com

Satu hal yang membedakan desain dan denah apartemen alcove adalah bentuknya yang seperti huruf  L.

Bentuk dasar dari apartemen yang satu ini memang dirancang khusus mendekati bentuk L.

Jadi, bagian ruang tamu, dapur, dan bagian ruang lainnya lurus sejajar.

Sedangkan bagian kamar akan dibuat melebar ke sisi sebelah kiri atau sebelah kanan. Dengan bentuk seperti ini, maka apartemen tipe Alcove cukup nyaman ditinggali.

Biasanya apartemen seperti ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga pemanfaatan ruangan harus bisa semaksimal mungkin.


Tipe Loft

desain apartement loft
Sumber Gambar: rumah.com

Loft merupakan jenis apartemen yang unik.

Desain dan denah apartemen yang satu ini bisa dikatakan hampir sama seperti jenis apartemen yang lainnya. Hal mendasar yang membedakan apartemen ini adalah bagian atas atau loteng.

Hal ini yang membuat apartemen ini memiliki tinggi di atas rata-rata tipe apartemen yang lainnya.

Uniknya, bagian atas dari apartemen loft ini biasanya dijadikan ruangan pribadi. Ruangan pribadi ini seperti tempat tidur.

Selain tempat tidur, bagian atas ini juga bisa dijadikan tempat membaca buku atau tempat bersantai.


Tipe Triplex

desain apartemen triplex
Sumber Gambar: pinterest.com

Tipe apartemen ini merupakan apartemen yang terdiri dari 3 tingkatan.

Ini artinya, apartemen triplex ini merupakan apartemen yang memiliki banyak ruang. Semua ruangan tersebut tersebar di setiap lantai.

Ada banyak pihak yang biasanya menawarkan apartemen dengan tampilan desain dan denah apartemen triplex.

Desain apartemen ini cocok bagi yang suka aktivitas naik turun tangga. Hal ini dikarenakan apartemen ini selalu memiliki tangga dengan desain yang unik. Desain tangga ini juga berbeda-beda.

Ada banyak desain apartemen triplex yang memiliki jenis tangga yang unik. Misalnya, desain tangga yang berbentuk ulir, ada yang lurus dan ada juga model tangga transparan seperti kaca.


Itulah informasi lengkap seputar desain dan denah apartemen berdasarkan tipe-tipenya.

Konsep lain yang bisa Anda coba untuk hunian di lahan terbatas namun tampilannya kece, yakni Rumah Minimalis.

Semoga ulasan singkat denah & desain apartemen ini bermanfaat, ya.

Vannia R

a dreamer, designer, and home-decor enthusiast.

Tinggalkan komentar