9 Ciri Khas Desain Interior Rumah Arab dan Eksteriornya

Audrey

Saat selesai bangun rumah, kamu tentu perlu pikirkan desainnya. Baik desain interior maupun eksterior. Ada banyak pilihan desain interior. Contohnya, desain minimalis, klasik, desain interior rumah Arab, dan masih banyak lagi. 

Untuk tata rumah, tentu kamu ingin cari desain interior yang terbaik. Agar ruangan di rumah Kamu semakin menarik, kamu bisa pakai jasa desain interior rumah minimalis. Yuk simak artikel berikut yang akan bahas tentang desain interior.

Pengertian Desain Interior

Menurut Universitas Ciputra, desain interior adalah penyusun berbagai elemen interior jadi satu kesatuan. Gunanya untuk ciptakan ruangan dengan kesan estetik, nyaman, dan aman. 

Desain interior adalah ilmu atur ruangan supaya nyaman dan aman dihuni tanpa abaikan aspek estetikanya.

Ciri Khas Desain Interior Rumah Arab dan Eksteriornya

Dilansir dari situs Interior Design, desain rumah Arab biasanya pakai beberapa elemen, seperti geometri dan simetri. Tak ketinggalan motif-motif seperti ukiran, arsitektur, dan desain tekstil. 

Motif-motifnya cenderung rumit. Desain ini banyak ditemukan di arsitektur Afrika Utara dan Timur Tengah. Berikut ini beberapa ciri khas desain interior rumah Arab.

Desain interior rumah Arab ini sering tampilan bentuk-bentuk geometris yang rumit. Sebagai contoh, pola lingkaran, segitiga, jajar genjang, dan persegi.

Arab interior design ini kaya akan ornamen. Contoh ornamen yang sering dipakai adalah ukiran atau hiasan. Hiasan biasanya dipasang di dinding atau plafon.

Desain interior ini sudah lengkap dengan warna-warna yang kontras. Seperti hijau, biru, emas, merah, dan hitam. Gabungan warna-warna ini bisa tambah keindahan rumah kamu. Rumah kamu akan terlihat elegan.

Baca Lainnya:   8 Inspirasi Desain Kolam Renang yang Estetik Kekinian

Lalu, gimana dengan pencahayaannya? Desain ini biasanya pakai pencahayaan yang cerah dan hangat. Tujuannya untuk menciptakan suasana yang hangat.

Material seperti apa yang dipakai pada desain interior ini? Material-material yang biasa dipakai, antara lain:

  • Marmer
  • Batu alam
  • Keramik
  • Perak 
  • Emas 
  • Batik
  • Granit

Juga bahan-bahan yang sifatnya tradisional yang meliputi:

  • Kain Songket
  • Batik
  • Tekstil yang dihiasi dan diukir

Gimana dengan bentuk atapnya? Biasanya atapnya punya bentuk datar tanpa genteng. Atapnya tidak miring seperti kebanyakan rumah di Indonesia. 

Bentuk atap seperti ini dipilih karena jarang ada hujan. Tidak butuh bidang miring untuk alirkan air hujan ke bawah. Atap rumahnya biasanya dibuat dari beton dan tanah liat.

Menurut 99.co, dindingnya biasanya dibuat dari tanah liat. Kawasan Timur Tengah biasanya sangat panas. Dinding dari tanah liat ini gunanya untuk simpan suhu panas.

Desain rumah Arab ini bentuknya dibuat sengaja jadi kotak. Bentuk seperti ini dibuat untuk tangkal suhu panas yang masuk ke ruangan.

Ciri khas lainnya adalah rumah dengan konsep terbuka. Konsep seperti ini memungkinkan udara masuk ke rumah. Supaya udara gampang masuk, rumah biasanya dilengkapi ventilasi dan jendela ukuran besar.

Itulah beberapa ciri khasnya yang membedakannya dengan desain interior rumah yang lain. Mulai dari material yang dipakai, pencahayaan, dan sebagainya.

Demikian pembahasan tentang desain interior rumah Arab. Desain interior bisa buat rumah kamu semakin menarik. Pemilihan desain yang tepat bisa buat ramah nyaman untuk dihuni. Semoga kamu segera temukan desain interior yang pas untuk rumah kamu.

Penulis

Audrey