7 Inspirasi Warna Eksterior Rumah yang Menarik

Audrey

Tidak bisa sembarangan dalam memilih warna eksterior rumah karena pilihan warna Anda akan menentukan bagaimana kesan orang lain terhadap rumah tersebut. Hal ini karena eksterior rumah adalah bagian yang memberikan efek besar pada bangunan.

Apalagi harga pengecatan bagian luar lebih mahal dibandingkan bagian dalam rumah, jadi jangan sampai Anda salah pilih. Pastikan Anda telah memutuskan matang-matang dalam hal pemilihan warna.

Inspirasi Warna Eksterior Rumah

Pemilihan warna cat rumah bagian luar yang cerah sangat penting untuk ditentukan sebelum membangun sebuah hunian. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi warna cat untuk bagian luar rumah.

Rekomendasi pertama adalah warna abu-abu pucat yang sebenarnya tidak terlalu trendi, hanya saja bisa memberikan kesan klasik pada hunian. Abu-abu pucat juga termasuk jenis warna yang netral dan mudah dipadukan dengan warna lain.

Anda bisa menggunakan warna abu-abu sama seperti Wickham Gray yaitu hasil kombinasi antara sedikit sentuhan hitam dengan putih sehingga hasilnya bisa pucat.

Tidak hanya abu-abu pucat, Anda juga bisa menggunakan pilihan warna lain yaitu hijau lumut yang memberikan kesan sejuk, alami, segar, dan nyaman. Adapun makna warna hijau lumut adalah kedamaian dan ketenangan.

Jika Anda memilih warna hijau lumut, maka hunian akan semakin cantik. Anda juga bisa menambahkan banyak tanaman di halaman rumah sehingga tampak senada dengan hijau lumut untuk dinding luar rumah.

Inspirasi warna eksterior rumah berikutnya adalah November Rain yang tampak tren di kalangan hunian modern. November Rain adalah warna seperti kulit bunglon namun tampak seperti campuran antara warna hijau halus dengan abu-abu muda.

Baca Lainnya:   5 Referensi Desain Interior Rumah Klasik Eropa untuk Tampilan Hunian Mewah dan Elegan

Grant Beige adalah salah satu rekomendasi warna cat rumah bagian luar yang elegan dan mewah yang bisa Anda gunakan. Sebenarnya grant beige adalah warna yang sudah tren sejak 2023 namun masih digunakan sampai saat ini.

Graint beige termasuk warna netral yang bisa dipadukan dengan warna apapun dan cocok untuk hunian dengan konsep Japandi. Kesan yang ditangkap dari warna ini adalah hangat namun tampak lembut.

Adapun warna ini dihasilkan dari kombinasi tiga warna yaitu hijau dengan campuran krem dan abu-abu.

Dover white menjadi pilihan berikutnya jika Anda masih kebingungan mengenai inspirasi eksterior rumah. Sebenarnya warna ini sempat menjadi tren di tahun 2021, namun masih banyak digunakan hingga saat ini karena popularitasnya tinggi.

Kesan yang ditampilkan oleh warna dover white adalah netral, nyaman, lembut, dan ringan sehingga cocok untuk diterapkan di berbagai hunian.

Warna eksterior rumah minimalis yang bisa Anda terapkan adalah perpaduan antara pure white and green. Putih adalah warna netral yang cocok dipadukan dengan warna hijau yang bisa ditambahkan di jendela dan pintu.

Setelahnya Anda bisa menambahkan aksen bunga berwarna merah muda agar hunian tampak lebih cantik. Perpaduan warna ini akan menghasilkan kesan mewah dan modern dengan tambahan pepohonan, rumput, dan tanaman hijau.

Warna cat eksterior rumah minimalis elegan terakhir adalah white and dark chocolate. Jenis warna putih yang dipilih untuk dipadukan dengan warna coklat adalah putih gading. Anda bisa mengaplikasikan putih sebagai warna utama.

Sedangkan warna coklat di beberapa bagian saja seperti pintu dan jendela. Kesan yang ditangkap dari perpaduan dua warna ini adalah hangat dan mewah.

Baca Lainnya:   9 Tips Interior Rumah Agar Lebih Menarik

Tips memilih warna eksterior rumah dengan memastikan apakah warna tersebut cocok untuk jenis hunian Anda. Anda bisa menggunakan satu pilihan warna saja atau dipadukan dengan warna lain yang selaras. 

Penulis

Audrey