6 Tips Pemasangan Interior Rumah Agar Tampak Rapi

Audrey

Apakah Anda baru pindah ke rumah baru? Sepertinya Anda membutuhkan tips pemasangan interior rumah baru agar lebih rapi. Memiliki interior rumah yang rapi akan membuat penghuni merasa nyaman tinggal di sana. 

Walaupun Anda tinggal sendirian, tetapi bukan berarti Anda bisa mengatur interior sesuka hati. Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk menata bagian dalam rumah agar tampak menarik.

Pemasangan Interior Rumah

Jika rumah Anda berukuran minimalis, Anda tetap bisa memanfaatkan keterbatasan interior rumah dengan menata perlengkapan rumah sesuai dengan tips-tips di bawah ini. 

Memasang interior rumah juga perlu disesuaikan dengan kepribadian, jadi bisa dimulai dengan pertanyaan apa keinginan Anda terhadap rumah tersebut. Anda ingin mengatur rumah seperti apa dan menggunakan dekorasi apa saja. 

Contohnya adalah jika ingin membuat ruangan agar terasa lebih luas maka tidak perlu meletakkan banyak perabotan rumah. 

Tips pertama dalam menata bagian dalam rumah adalah dengan membuat zonasi dalam satu area. Maksudnya adalah Anda bisa membagi area menjadi beberapa bagian yang digunakan untuk aktivitas tertentu. 

Anda bisa membagi bagian tersebut sesuai dengan kebutuhan dan pastikan tidak menghambat akses serta mobilitas dari pemiliknya. Untuk menyiasati, Anda bisa menggunakan perlengkapan rumah tangga berukuran ramping yang tidak menghabiskan banyak tempat. 

Mengatur desain interior rumah berikutnya adalah dengan menggunakan sistem penyimpanan terbuka. Keunggulan menggunakan sistem penyimpanan terbuka adalah lebih hemat dan Anda juga bisa mengambil barang dengan mudah. 

Hal ini karena Anda bisa melihat secara langsung peralatan yang tersimpan di bagian tersebut. Misalnya Anda ingin mengambil peralatan makan, bisa dengan mudah jika menggunakan sistem ini. 

Baca Lainnya:   4 Tips Memilih Karpet Lantai Tebal Anti Menyesal

Daripada membayar mahal jasa interior rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba menata rumah sendiri agar mendapatkan hasil yang sesuai keinginan. Anda juga bisa sekaligus menerapkan sistem penataan open space

Sistem ini sangat direkomendasikan untuk rumah berukuran kecil. Anda bisa meletakkan barang yang paling dibutuhkan di tempat yang mudah terjangkau.

Saat akan mengatur pemasangan interior rumah Anda bisa membuat nuansa terang dalam ruangan jika memiliki hunian minimalis. Jadi, Anda bisa menggunakan warna-warna netral dan alami yang mampu menciptakan nuansa terang dalam ruangan. 

Selain itu, perhatikan juga perpaduan warna antara dinding ruangan dengan perlengkapan rumah tangga apakah sudah sesuai atau belum. 

Daripada Anda kesulitan mencari jasa desain interior per m2, Anda bisa mengatur sendiri hunian agar lebih rapi khususnya di bagian pencahayaan. Pencahayaan adalah bagian yang penting agar bisa menciptakan keindahan dalam hunian dan mempengaruhi suasana hati. 

Anda bisa memaksimalkan pancaran sinar matahari langsung agar masuk ke celah-celah ruangan. Namun sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan beberapa lampu di bagian sudut ruangan untuk meningkatkan kenyamanan dan menghilangkan bayangan. 

Tips berikutnya adalah bisa menambah aksesoris untuk mempercantik ruangan. Anda bisa menggantungkan foto, karya seni, cermin dekoratif, dan aksesoris lainnya di bagian tertentu pada ruangan. 

Apabila Anda menambah aksesoris, pastikan sesuai dengan kepribadian agar nyaman berlama-lama di rumah. Hal ini karena rumah tersebut adalah rumah yang tempat yang akan Anda tinggali dalam jangka panjang sehingga harus mementingkan kenyamanan.

Pemasangan interior rumah bisa dimulai dengan menyesuaikan pada kepribadian Anda. Jadi, Anda perlu bertanya pada diri sendiri desain seperti apa yang diinginkan untuk mengatur hunian.

Penulis

Audrey