6 Tips Menata Interior Rumah Sempit Agar Tampak Elegan dan Lapang

Audrey

Interior rumah sempit tidak menjadi penghalang untuk menghadirkan kesan elegan dan minimalis. Meskipun terbatas pada interior yang sempit, proses menata rumah menjadi salah satu hal yang cukup seru untuk dilakukan.

Apalagi jika rumah masih kosong atau barang-barang belum terlalu banyak, maka ini saat yang tepat untuk menata dengan ide-ide kreatif terkait interior rumah kecil ini. Tips-tips berikut mungkin bisa membantu Anda untuk menjadikan hunian sempit menjadi elegan dan lapang.

Trik Interior Rumah Sempit

Jika Anda adalah pasangan muda yang baru membeli atau membangun rumah dengan ukuran terbatas, maka menata rumah merupakan salah satu hal yang cukup seru untuk dilakukan. Hal ini karena Anda bisa mengatur sendiri terkait nuansa atau gaya interior yang diinginkan.

Untuk membantu memberikan inspirasi penataan interior rumah dengan ukuran terbatas, berikut tips yang bisa diterapkan:

Ketika memiliki hunian dengan ukuran kecil, sebaiknya Anda bisa mengurangi penggunaan sekat ruangan. Dengan adanya sekat yang sedikit ini bisa Anda siasati dengan menggunakan konsep open space.

Hunian dengan penataan interior rumah minimalis ini bisa membuat suasana dalam ruangan menjadi hangat. Selain itu, dengan menggunakan konsep open space juga menjadikan ruangan tampak rapi dan lapang.

Selain menerapkan konsep open space, Anda bisa membagi zona pada setiap spot-nya dengan fungsi masing-masing. Usahakan dalam pembagian ini tidak mengganggu atau menghambat akses dan mobilitas Anda.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan furniture yang ramping dan tidak memakan tempat.

Interior rumah sempit bisa tampak lebih sempit jika Anda memiliki tempat penyimpanan yang memakan banyak space. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa memanfaatkan area vertikal dalam rumah untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan/storage.

Anda bisa menggunakan rak dinding atau ambalan untuk dipasang pada bagian dinding rumah. Dengan adanya dua sisi dinding yang saling bertemu ini bisa untuk memaksimalkan storage ketika dipasang menyudut.

Baca Lainnya:   9 Tips Interior Rumah Agar Lebih Menarik

Tidak hanya memanfaatkan dinding vertikal saja, Anda bisa menggunakan sistem penyimpanan terbuka untuk dapur pada interior rumah sempit. Selain bisa menghemat budget, penyimpanan terbuka ini akan memudahkan ketika akan mengambil  barang.

Cermin merupakan salah satu elemen yang dirasa paling efektif untuk menghadirkan kesan luas pada desain interior hunian sempit. Tapi jika Anda salah menempatkannya, justru malah akan memberikan efek sempit pada ruangan.

Untuk itulah, pastikan Anda bisa menempatkan posisi cermin dengan tepat pada area strategis. Anda juga bisa meletakkan cermin yang langsung terpantul sumber cahaya.

Karena hunian memiliki luas yang terbatas, maka tidak perlu menggunakan banyak dekorasi pada interior rumah kecil. Anda bisa banyak bermain perpaduan warna dan shade yang tepat untuk diaplikasikan pada rumah kecil.

Sebaiknya pilih warna netral dan alami untuk bisa mendatangkan atmosfer ringan ke dalam rumah. Dengan menghadirkan nuansa terang dalam rumah yang disebabkan oleh pemilihan warna yang tepat, maka akan menghadirkan kesan lapan dan tidak sempit.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas akan menjadikan hunian yang semula sempit bisa terasa lapang dan tidak sesak jika ditata dengan tepat. Sehingga, dengan adanya interior rumah sempit bukan berarti tidak bisa dijadikan sebagai ruangan yang elegan dan minimalis.

Penulis

Audrey