6 Inspirasi Warna Cat Eksterior Rumah Agar Hunian Tampak Sejuk

Audrey

Memilih cat eksterior rumah kini tidak boleh disepelekan. Sebab, cat eksterior akan mempengaruhi tampilan suatu hunian jika dilihat dari rumah.

Selain desain, pemilihan cat juga merupakan faktor penunjang hunian terasa elegan, nyaman, dan sejuk. Jika Anda ingin menampilkan hunian dengan kesan yang sejuk, berikut kami rekomendasikan beberapa pilihan warna cat eksterior.

Pilihan Cat Eksterior Rumah yang Sejuk

Eksterior rumah yang sejuk memang menjadi idaman banyak orang. Terlebih memiliki tampilan hunian yang tampak menarik dan elegan. Hal ini dikarenakan faktor pemilihan warna cat eksterior yang sesuai. 

Jika Anda sedang mencari inspirasi warna cat eksterior rumah agar tampak sejuk, berikut rekomendasinya:

Hunian yang sejuk biasanya akan menggunakan warna putih untuk bagian eksterior maupun interiornya. Tetapi Anda juga bisa menambahkan kombinasi warna terang lainnya agar rumah tampak lebih cerah dan leluasa. 

Selain menghadirkan kesan sejuk pada rumah, warna putih juga bisa memberikan kesan bersih dan lapang. Agar tidak tampak monoton, Anda bisa memasukkan unsur warna hitam atau coklat pada bagian pintu atau kusen jendela.

Jika Anda suka bersantai di teras, tambahkan kursi gantung yang bisa Anda gunakan untuk bersantai dan untuk pemanis bagian eksterior rumah. 

Warna hijau dianggap sebagai warna terbaik untuk menciptakan hunian tampak sejuk dan unik. Untuk bagian eksterior rumah, pilih warna hijau daun untuk memunculkan kesan rindang pada rumah.

Warna cat yang lembut dan kalem sangat ampuh untuk memunculkan kesejukan pada rumah. Anda bisa memilih warna krem yang cenderung menghadirkan kesan sejuk sekaligus unik. 

Pada siang hari, eksterior rumah warna krem ini tidak terlalu memantulkan cahaya sehingga rumah menjadi lebih teduh. 

Baca Lainnya:   Ingin Mewujudkan Desain Interior Rumah American Classic? Simak 5 Tips Ini

Jangan lupa untuk menambahkan penerangan eksterior untuk menonjolkan warna cat luar rumah yang teduh dan hangat ini. Terkait penerangan eksterior rumah, sebaiknya gunakan lampu dinding sebab lebih space-saving.

Apalagi jika Anda menggunakan lampu dinding yang bergaya minimalis, tidak hanya sebagai penerang rumah saja, melainkan juga multifungsi menjadi hiasan dinding super cantik.

Warna cat eksterior rumah biru umumnya identik dengan kesan luas dan adem. Menggunakan warna ini untuk tampilan eksterior rumah tampaknya menjadi ide yang bagus untuk dicoba. Selain bisa menampilkan kesan sejuk, warna hunian biru ini bisa memanjakan mata, seperti warna langit cerah. 

Terkait pemilihan gradasi birunya pun tak perlu bingung, sebab Anda bisa memilih gradasi warna biru apa saja yang pasti akan menjadikan hunian semakin adem.

Sebagian orang menganggap warna cat kuning terlihat terlalu mencolok dana memberi kesan panas. Padahal faktanya, memilih warna kuning untuk bagian eksterior rumah bisa memberi kesan teduh pada hunian.

Tapi pastikan Anda memilih warna kuning muda agar tidak terlalu mencolok. Apalagi ditambah dengan tanaman-tanaman hijau di sekitar area rumah, menjadikan si kuning tampak lebih segar dipandang. 

Warna abu-abu disebut sebagai warna multifungsi untuk hunian. Sebab, penggunaan warna abu-abu ini bisa memberikan dua kesan sekaligus, yaitu nuansa hangat dan sejuk.

Jadi jika ingin hunian Anda tampak sejuk dan hangat dalam satu waktu sekaligus, maka pengaplikasian warna abu-abu untuk eksterior rumah bukanlah ide yang buruk.

Berbagai rekomendasi warna cat rumah bagian luar di atas bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk mengaplikasikannya. Jadi, apa pilihan cat eksterior rumah sejuk versi Anda?

Penulis

Audrey