6 Inspirasi Desain Interior Rumah Papan

Audrey

Rumah papan sama dengan rumah kayu yang sekarang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena interior rumah papan tampak estetik jika Anda merawatnya dengan benar. 

Biasanya rumah papan ini banyak diaplikasikan di daerah pedesaan dengan desain yang tampak sederhana. Rumah papan bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang baru membangun hunian namun bingung akan memilih rumah jenis apa.

Inspirasi Interior Rumah Papan

Bagi Anda yang masih mencari-cari inspirasi interior rumah kayu sederhana bisa untuk simak penjelasan di bawah ini. 

Walaupun membangun rumah dari bahan papan atau kayu, Anda tetap perlu mengatur pencahayaan ruangan yang masuk. Karena itu cocok untuk menggunakan jendela besar agar matahari bisa menyinari seluruh ruangan. 

Anda juga bisa menambahkan perlengkapan rumah dengan warna netral seperti coklat dan abu-abu agar cocok dengan interior rumah. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan meja kayu dengan sofa berwarna senada untuk mempercantik ruangan.

Inspirasi kamar tidur yang terbuat dari bahan papan atau kayu juga bisa mengusung konsep rustic atau minimalis. Konsep ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang tidak suka desain kamar seperti kabin. 

Tambahkan juga sliding door yang transparan agar kamar Anda bisa mendapatkan cukup cahaya dari luar. Selain itu Anda juga bisa menerapkan atap miring agar kamar tidur tampak estetik.

Inspirasi interior rumah papan berikutnya adalah dengan memadukan kayu dengan batu karena sama-sama termasuk bahan alami. Anda bisa menjadikan batu sebagai dinding ruangan dan kayu untuk penyangga serta memakai perlengkapan rumah yang terbuat dari kayu.

Baca Lainnya:   5 Ide Desain Interior Rumah Minimalis Tanpa Sekat

Selain itu, inspirasi interior rumah kayu klasik yang berikutnya adalah dengan meletakkan pohon di tengah-tengah hunian. Caranya adalah dengan membangun rumah di daerah yang masih banyak pohonnya. 

Namun sebaiknya, Anda tidak menebang semua pohon agar tetap merasakan suasana segar di sana. Sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan pohon tersebut sebagai hiasan rumah papan yang dapat memberikan kesan alami. 

Setelah mengetahui bagaimana desain kamar rumah kayu sederhana berikutnya adalah mengetahui bagaimana cara menata ruang tamu agar tampak rapi. Anda bisa menambahkan perlengkapan seperti sofa yang juga bisa diletakkan di ruang keluarga dan taman belakang. 

Sofa dengan warna senada akan memberikan kesan natural dan modern pada hunian sehingga menarik dari segi estetika. Jika Anda menggunakan jenis kayu berwarna terang dan mulus, Anda bisa memasang sofa dengan warna coklat beige, ivory, atau white

Tambahkan juga dekorasi lainnya yang mendukung ruangan agar menjadi lebih modern seperti dengan menggunakan lampu hias gantung dan meja tamu dengan ukuran rendah. 

Inspirasi desain interior ruangan berikutnya adalah dengan menerapkan bahan sama full layaknya rumah papan mulai dari bangunan hingga perlengkapan rumah tangga. 

Anda bisa memulai dengan menambahkan rak kayu berukuran tinggi sehingga nuansa menjadi lebih hidup dan klasik. 

Tidak hanya digunakan untuk meletakkan buku saja, Anda bisa memanfaatkan rak tersebut untuk meletakkan koleksi lain seperti gambar. 

Tips untuk desain ruang tamu rumah kayu sederhana adalah memilih warna furniture lebih gelap atau terang satu tingkat dari lantai rumah.

Keenam inspirasi interior rumah papan di atas bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang lebih suka tinggal di rumah dengan desain kayu. Anda bisa menerapkan beberapa desain yang dirasa cocok.

Penulis

Audrey