6 Inspirasi Desain Eksterior Rumah Klasik

Audrey

Desain eksterior rumah klasik sepertinya tidak pernah lekang oleh waktu. Meski saat ini desain rumah bergaya modern sudah mendominasi masyarakat. Namun nyatanya masih banyak orang yang jatuh cinta dengan desain arsitektur rumah bergaya klasik. 

Dengan ciri khasnya yang seolah tak terkalahkan oleh arsitektur modern. Bahkan memasukkan karakter arsitektur klasik ke dalam desain hunian modern dapat memberikan ciri khas dan estetika tersendiri bagi desain rumah klasik.

Inspirasi Desain Eksterior Rumah Klasik

Bagi yang berminat mendesain rumah dengan ide atau inspirasi desain rumah klasik, tak perlu khawatir, masih banyak sekali inspirasi desain eksterior yang mengusung konsep rumah klasik unik dan berkualitas. 

Dengan mengadopsi gaya desain eksterior ini, setidaknya akan berinovasi dalam ide Anda dalam mendesain sebuah rumah. Di bawah ini beberapa inspirasi desain rumah klasik modern dan minimalis yang bisa Anda terapkan pada hunian Anda, yaitu sebagai berikut:

Desain rumah klasik modern bisa Anda terapkan pada hunian Anda jika Anda tidak terlalu menyukai banyak dekorasi. Desain ini memiliki ciri yang sama dengan desain klasik, seperti adanya pilar dan jendela berukuran besar. 

Namun pilar dan jendelanya dibuat sederhana tanpa tambahan ukiran sehingga tampilan rumah semakin kekinian.

Rumah yang menggunakan desain eksterior rumah klasik biasanya dicat dengan warna dominan monokrom pada bagian luar bangunannya. Warna putih bersih mampu membuat tampilan rumah semakin mewah. 

Pasalnya, perlu perawatan ekstra untuk mengaplikasikan warna putih pada eksterior rumah. Bagian luarnya harus selalu dijaga agar warna putihnya tidak cepat kotor dan pudar.

Baca Lainnya:   5 Inspirasi Interior Rumah Joglo Modern yang Bisa Anda Terapkan

Rumah dengan konsep vintage menjadi inspirasi desain yang estetik dan inspiratif. Selain itu, rumah vintage klasik selalu menimbulkan kesan emosional yang sangat kuat meski membentuk berbagai kenangan masa lalu. 

Beberapa desain eksterior rumah vintage yang cukup menarik antara lain menggunakan material natural dengan tekstur minimalis. Lalu, Anda juga bisa mendominasi penggunaan aksen batu bata ekspos.

Ciri khas desain eksterior rumah klasik lainnya adalah ukuran jendela dan pintunya yang besar. Biasanya dinding rumah klasik dibuat jauh lebih tinggi dibandingkan rumah biasa. 

Maka dari itu, diperlukan jendela dan pintu yang tinggi dan besar agar ukuran dinding dan pintu ideal.

Bangunan klasik ala Yunani terinspirasi dari desain kuil Yunani kuno yang menggunakan atap miring dan banyak tiang. Meski terinspirasi dari desain zaman dahulu, rumah klasik tetap terlihat menawan jika dijadikan hunian saat ini. 

Perbedaan desain ini dengan desain sebelumnya adalah penggunaan tiang dan dekorasinya lebih sedikit serta penataannya lebih baik. 

Pasalnya, ukiran pada pilar dan dinding membuat tampilan rumah sangat mencolok. Jika digunakan terlalu banyak, bisa membuat rumah menjadi norak.

Kebudayaan Jawa merupakan kebudayaan yang sangat kaya terutama dalam hal arsitektur. Dalam budaya Jawa, populer istilah rumah Joglo dan Limasan yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. 

Salah satu ciri khas desain rumah Jawa klasik adalah banyak menggunakan ukiran kayu dan dekorasi lampu yang membuat rumah minimalis sangat mengesankan.

Itu dia beberapa inspirasi desain eksterior rumah klasik yang bisa Anda coba. Terutama bagi Anda yang membutuhkan inspirasi terkait interior rumah klasik modern, ini adalah tempat yang tepat. Untuk mengetahui desain hunian lainnya kunjungi saja ke dekadeko.com.

Penulis

Audrey