5 Tips Membuat Desain Interior Rumah Industrial

Audrey

Desain interior rumah industrial saat ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Corak warna yang lebih netral dan penggunaan barang-barang yang cenderung minimalis, menciptakan daya tarik tersendiri bagi rumah bergaya industrial. 

Salah satu elemen yang tak boleh ketinggalan dalam mendekorasi konsep rumah industrial adalah penggunaan lantai pabrik industrial dan beton yang estetis. Ada pun elemen lain seperti kayu dan batu bata yang menjadikan rumah bergaya industrial kian menarik.

Apa Itu Rumah Industrial?

Rumah industrial merupakan desain gaya abad 19-20 yang identik dengan desain interior pabrik industri yang memiliki bangunan kasar dan terbuka, kemudian seiring berjalannya waktu arsitektur mulai memperhatikan dan mengembangkan konsep industrial ini. 

Rumah industrial minimalis saat ini sedang populer, meski terkesan kuno karena terinspirasi dari abad ke-19, banyak tempat selain rumah yang menggunakan konsep ini karena dianggap unik dan sederhana.

Tak hanya untuk hunian, konsep ini juga kerap diterapkan pada kafe dan perkantoran.

Tips Membuat Interior Rumah Industrial

Nah apabila sekarang ini Anda tertarik untuk membuat rumah bergaya industrial, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda perhatikan:

Salah satu ciri khas yang identik dengan rumah industrial adalah hadirnya unsur besi pada setiap furniture rumah. Hal ini tak lepas dari gaya interior pabrik yang selalu menggunakan besi pada seluruh furniturnya. 

Besi memiliki kesan tersendiri karena tidak terlihat terlalu mewah, tapi tetap memberikan sentuhan gaya yang khas. Jika penggunaan besi terlalu memberatkan, Anda bisa berganti dengan furnitur berbahan baja, timah dan lain-lain. 

Bahan-bahan tersebut bisa Anda aplikasikan pada sofa, tempat tidur susun, dan tangga. Pilihlah warna yang sesuai dengan kepribadian Anda. Biasanya warna industrial selalu identik dengan warna abu-abu, hitam dan warna monokrom lainnya.

Baca Lainnya:   4 Tips Memilih Karpet Lantai Tebal Anti Menyesal

Saat memilih warna untuk rumah bergaya industrial, sebaiknya pilih warna netral dan gelap, seperti abu-abu, hitam, atau coklat tua. Warna ini akan memberikan tampilan kuat dan kokoh pada interior rumah. 

Selain itu, Anda bisa menambahkan sentuhan warna cerah sebagai aksen untuk memberikan kontras yang menarik.

Tips membuat interior rumah industrial selanjutnya adalah dengan menghadirkan nuansa ruang terbuka pada rumah melalui kehadiran berbagai rak. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa nuansa nyaman dan estetis sebuah kafe sangat dipengaruhi oleh gaya penataan barang-barang pada rak pajangannya. 

Dengan begitu, Anda bisa ciptakan kembali suasana ini di hunian rumah Anda yang pastinya sangat mudah dan bisa Anda sesuaikan dengan ruangan yang Anda inginkan. 

Selain menggunakan unsur besi dan semen ekspos, ciri khas rumah industrial lainnya adalah hadirnya ruang terbuka. Ruang tanpa sekat ini akan memberikan kesan luas yang akan meningkatkan sirkulasi udara. 

Tak hanya itu, jika biasanya pada rumah konvensional langit-langit akan menggunakan plafon, namun tidak demikian halnya pada rumah industrial. Padahal, pada rumah gaya ini, plafon akan dibiarkan terbuka dan tidak diberi lapisan tambahan. 

Pakailah lampu gantung dengan desain industrial ataupun lampu tembaga yang menonjolkan efek klasik. Pertimbangkan juga untuk menggunakan lampu berwarna hangat, seperti bohlam Edison, untuk menciptakan suasana nyaman. 

Anda juga dapat menambahkan lampu sorot untuk menyorot elemen pabrik yang ingin Anda tampilkan.

Itu dia beberapa tips untuk menciptakan desain interior rumah industrial pada hunian Anda. Jadi tunggu apalagi, segera aplikasikan tips-tips di atas sekarang juga!

Penulis

Audrey