5 Inspirasi Plafon Interior Rumah yang Indah dan Elegan

Audrey

Bagi sebagian orang, mungkin desain plafon interior rumah tidak mendapat perhatian khusus dalam tata letak ruangan secara keseluruhan. Beberapa orang cenderung mengutamakan desain interior dan eksterior rumah yang lebih eye catching. 

Namun, bayangkan jika sebuah rumah memiliki plafon yang tidak menarik sehingga bisa memperburuk desain rumah secara keseluruhan? Hal inilah yang menjadi salah satu perhatian sebagian orang untuk mempercantik desain plafon rumah.

Inspirasi Plafon Interior Rumah

Seperti diketahui, plafon merupakan komponen penting dalam rumah. Keberadaannya berfungsi sebagai pembatas antara atap dan ruangan. Tak hanya itu, plafon juga bisa menambah estetika interior rumah. 

Bahkan dengan dekorasi yang tepat, Anda bisa menciptakan plafon rumah yang berkelas dan mewah. Berikut inspirasi model plafon rumah yang elegan untuk Anda.

Plafon tipe tray biasanya terlihat pada ruang keluarga atau kamar tidur. Plafon baki ini dibuat dengan membuat cekungan di tengah plafon datar ke atas. Seperti sebuah baki terbalik yang diletakkan di atas ruangan. 

Plafon ini dapat memberikan efek unik pada sebuah ruangan, membuat area kecil terlihat lebih tinggi dan luas. Efek pintu masuk ke atas ini bisa dipadukan dengan lampu pada bagian vertikal agar terlihat lebih istimewa.

Model plafon interior rumah berwarna putih polos menjadi salah satu desain yang paling sering digunakan oleh penghuni rumah. Pasalnya, tampilannya yang simpel dan mudah dipadukan dengan berbagai interior yang ada. 

Aksen kayu misalnya, dapat dengan mudah menyatu dengan plafon berwarna putih polos sehingga membuat ruangan terasa lebih tenang dan ceria.

Memberikan keindahan visual pada plafon melalui motif grafis bisa menjadi pilihan menarik. Jika Anda ingin menciptakan plafon rumah mewah bergaya klasik, Anda bisa menghiasi area plafon dengan lukisan. 

Baca Lainnya:   6 Tips Desain Interior Rumah Kuno Agar Lebih Modern

Pasalnya, selain membuat dinding terlihat artistik, cara ini juga akan menciptakan titik fokus yang memukau. Selain dengan lukisan, motif gambar pada plafon juga bisa diciptakan dengan mengaplikasikan wallpaper.

Plafon jenis ini berbentuk kotak-kotak dengan pola persegi seperti wafer. Langit-langit ini terbuat dari kisi-kisi panel yang diberi aksen cetakan dekoratif. Plafon interior rumah ini merupakan gaya plafon klasik yang ada di rumah-rumah mewah dan klasik.

Dahulu, plafon coffered merupakan karya seni yang dibuat dengan ukiran kayu atau batu, namun kini tersedia cetakan dekoratif dari berbagai bahan seperti gipsum dan plastik.

Selain panel kayu, Anda juga bisa mengaplikasikan model plafon rumah dengan parket kayu. Parket kayu atau disebut juga vinyl lebih sering digunakan sebagai material penutup lantai. 

Namun material ini juga cocok diaplikasikan pada plafon. Pengaplikasian parket kayu relatif lebih murah jika dibandingkan dengan panel kayu. Anda bisa membeli plafon parket motif kayu PVC dengan harga mulai dari Rp 11 ribu per lembar.

Model plafon rumah gaya industrial mengambil inspirasi dari estetika bangunan industrial seperti pabrik, gudang atau loteng. 

Desain ini sering kali memperlihatkan elemen dan material struktur asli bangunan, sehingga menciptakan tampilan kasar, keren, dan vintage. 

Itulah beberapa inspirasi desain plafon interior rumah yang bisa Anda jadikan referensi. Tentu saja plafon rumah menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam desain dan estetika. Jadi, mari putuskan opsi mana yang paling Anda sukai?

Penulis

Audrey