5 Inspirasi Interior Rumah Joglo Modern yang Bisa Anda Terapkan

Audrey

Interior rumah joglo modern kini banyak dipakai untuk menghadirkan suasana Joglo yang sesuai dengan gaya hidup jaman sekarang. Rumah joglo adalah rumah tradisional khas Jawa Tengah yang didominasi oleh penggunaan material kayu dan atapnya dari tanah liat.

Rumah ini adalah rumah yang kaya akan nilai filosofis. Jadi bagi Anda yang ingin memadukan kesan interior tradisional dan kekinian pada rumah joglo, maka artikel ini akan memberikan referensi interior rumah joglo modern yang bisa Anda terapkan.

Referensi Interior Rumah Joglo Modern

Seiring dengan perkembangan zaman, tentu akan mempengaruhi banyak hal misalnya pada model bangunan rumah joglo. Bagi Anda yang ingin mendesain rumah joglo agar tampak lebih modern, berikut referensi yang bisa Anda coba:

Mendesain joglo dengan batu alam mampu menjadikan tampilan interior rumah tampak lebih estetik dan seimbang. Didukung dengan bentuk atap khas joglo dengan penggunaan material batu alam pada dinding bagian dalamnya mampu menampilkan desain sempurna dan modern.

Pilih hiasan dan perabot rumah yang sesuai atau senada dengan konsep rumah joglo yang dipilih. Dalam hal ini, Anda bisa menyesuaikan warna sofa dengan cat tembok agar senada dan tampak elegan.

Ketika menggunakan bentuk atap yang identik dengan ciri rumah joglo, jangan lupa untuk menambahkan kaca fiber yang dipadukan dengan material kayu. Untuk bagian dalamnya kasih sentuhan kekinian yang mendukung kesan modern tanpa meninggalkan ciri joglo yang sebenarnya.

Desain modern rumah joglo ini kurang lengkap jika tidak didukung dengan pemilihan furniture senada dan tidak terlalu bertabrakan dengan konsep yang dipilih.

Baca Lainnya:   5 Aplikasi Desain Rumah Mudah Digunakan dan Inspiratif

Pada interior rumah joglo modern minimalis ini umumnya tidak dilengkapi dengan ornamen yang rumit, sehingga memberikan tampilan seperti model rumah sederhana yang tampak menawan.

Anda bisa menambahkan kaca bukaan berukuran besar pada bagian pintu atau jendela agar bisa memperlancar sirkulasi udara. Lalu tambahkan tirai atau gorden pada bagian jendela atau pintu kaca tersebut.

Agar suasana rumah tampak lebih segar, Anda bisa membuat kolam ikan kecil yang dihiasi dengan tanaman cantik untuk memberi kesan manis. Anda bisa memasukkan ikan-ikan hias yang mudah untuk dipelihara.

Biasanya, gaya otentik rumah joglo ini mengusung dominasi warna coklat. Jikaa ingin menghadirkan kesan joglo modern, maka pada bagian atasnya besi sentuhan cat berwarna putih.

Jangan lupa untuk menyesuaikan bagian desain interior dengan furniture serta peralatan yang pas dengan konsep rumah yang dibuat. Hal ini akan membuat tampilan luar dan dalam ruangan akan tampak begitu pangling.

Mayoritas rumah joglo modern atau tradisional biasanya hanya mengadopsi budaya lokal saja. Dengan konsep ini, Anda bisa mengkombinasikan gaya interior rumah joglo modern dengan arsitektur khas oriental.

Untuk desainnya rumah joglo ini dilengkapi dengan dinding batu alam dan taman mini yang ditumbuhi tanaman hijau yang cantik. Jangan lupa pada bagian dalam ruangan berikan sentuhan hiasan yang senada dan sekat yang tidak terlalu berlebihan.

Dengan memberikan sentuhan pada rumah joglo tradisional, maka akan menciptakan hunian yang modern dan unik tanpa meninggalkan kearifan lokalnya. Bagi Anda yang ingin menghadirkan interior rumah joglo  modern, coba pertimbangan beberapa referensi di atas.

Penulis

Audrey