5 Inspirasi Interior Rumah Jepang & Tips Menciptakannya

Audrey

Memilih desain dan gaya interior rumah yang tepat adalah PR yang cukup sulit untuk dilakukan. Hal ini karena ada banyak tipe interior yang bisa Anda pilih dan pertimbangkan, termasuk gaya interior rumah Jepang yang cukup populer di Asia dan negara lainnya.

Gaya interior Jepang memang terlihat sederhana, bersih, dan rapi. Namun, di saat yang bersamaan, gaya interior tersebut juga terlihat cantik, menarik, dan estetik. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang tertarik untuk membangun rumah dengan gaya Jepang. 

Tips Menciptakan Rumah dengan Gaya Interior Rumah Jepang

Ingin tahu bagaimana cara menciptakan rumah Jepang aesthetic dengan gaya yang menarik? Simak beberapa tips tentang hal tersebut berikut ini!

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika membuat interior rumah Jepang adalah menggunakan ornamen kayu di hampir setiap sudut ruangan. Alasannya adalah karena gaya Jepang sangat erat dengan ornamen kayu yang terlihat sangat natural.

Tips ini juga berlaku jika Anda ingin menciptakan suatu interior rumah Jepang modern home. Pastikan jika ornamen utama yang Anda gunakan dalam desain adalah kayu. Namun, Anda juga bisa menambahkan ornamen natural lain seperti batu.

Bagi Anda yang sering menonton film, drama, anime, atau variety show Jepang, mungkin Anda menyadari jika dinding rumahnya terbuat dari bahan kertas. Hal ini masih ada dan masih sering terlihat di rumah Jepang dengan gaya yang masih tradisional.

Sayangnya, bahan kertas untuk dinding rumah kurang tepat jika digunakan di Indonesia. Hal ini karena cuaca dan iklim di kedua negara sama sekali berbeda, sehingga penggunaan dinding kertas di Indonesia mudah rusak dan tidak akan tahan lama.

Baca Lainnya:   Rekomendasi 4 Pewangi Lantai Paling Wangi & Tahan Lama

Sebagai gantinya, Anda bisa membangun dinding dengan bahan acrylics. Bahan ini lebih awet karena lebih tahan terhadap cuaca ekstrem di Indonesia. Namun, gaya dindingnya tidak jauh berbeda dengan dinding yang biasa Anda temukan di rumah Jepang. 

Karakteristik interior rumah Jepang yang selanjutnya adalah penggunaan jenis pintu geser, bukan pintu ayun (swing) yang biasa ada di Indonesia. Karena itu, Anda dapat memilih jenis pintu geser ketika akan membangun rumah dengan gaya interior khas Jepang.

Selain hal-hal di atas, Anda juga harus mengetahui bagaimana karakteristik cat dinding di rumah khas Jepang. Hal ini karena cat dinding di rumah Jepang biasanya sangat khas, dengan perpaduan warna-warna subtle seperti krem, coklat, dan putih. 

Karena itu, Anda harus menghindari warna cat yang terlalu mencolok, misalnya seperti warna pink, biru, ungu, hijau, kuning, dan juga warna-warna sejenisnya. Pastikan jika warna cat yang Anda pilih terlihat natural dan bisa menciptakan suasana yang tenang serta nyaman.

Hal terakhir yang perlu Anda catat saat ingin membuat interior rumah khas negeri matahari terbit adalah soal pencahayaan ruangan. Sebab, Anda perlu memastikan jika rumah Anda mendapatkan cahaya alami yang berasal langsung dari sinar matahari.

Karena itu, jangan lupa membuat jendela yang bisa membuat ruangan Anda mendapatkan pencahayaan alami yang baik. 

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat ingin membangun interior rumah Jepang. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk membangun atau merenovasi ruangan agar sesuai dengan gaya khas Jepang yang Anda inginkan?

Penulis

Audrey