5 Desain Interior Rumah Sakit Unik di Dunia

Audrey

Pemilihan interior rumah sakit yang tepat akan menciptakan suasana nyaman bagi penghuni rumah sakit. Selain itu, untuk berkembangnya kesembuhan pasien, pemilihan interior yang tepat sangat diperlukan. Misalnya saja memilih cat tembok yang dipakai pada ruangan. 

Apabila ruangan dicat dan ditata dengan rapi dan baik, maka psikologi pasien akan terpengaruh dengan baik dan kemungkinan besar pasien akan cepat sembuh. Beberapa warna dianggap sebagai warna kalem dan tenang sehingga menciptakan suasana nyaman.

Interior Rumah Sakit Unik di Dunia

Rumah sakit merupakan fasilitas kesehatan yang tidak pernah sepi. Umumnya setiap rumah sakit menyediakan layanan gawat darurat, rawat inap, ruang operasi, dan lain sebagainya. 

Tidak jarang rumah sakit dianggap sebagai tempat dengan suasana yang menakutkan. Namun hal tersebut tidak berlaku pada sederet rumah sakit dengan desain bangunan unik berikut ini. 

Selain nyaman bagi pasien, rangkaian rumah sakit ini tentunya mampu menenangkan keluarga pasien yang sedang mengalami kekhawatiran. Seperti apa desain unik rumah sakit di berbagai belahan dunia? Berikut ulasannya untuk Anda.

Jika dilihat dari luar, Kaiser Hospital seperti rumah sakit pada umumnya. Namun perlu Anda ketahui, rumah sakit ini sudah berdiri sejak tahun 1943 dan setiap sepuluh tahun sekali tempat ini selalu mengalami renovasi. 

Fasilitas ini tidak hanya menawarkan lingkungan berteknologi maju, namun juga memenuhi standar keselamatan gempa bagi pasien dan desain interior rumah sakit yang dibuat senyaman mungkin.

Selain itu, desain rumah sakit ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas ramah lingkungan dan dirancang dengan bahan konstruksi daur ulang.

Dirancang oleh arsitek Billard Leece dan Bates Smart, desain rumah sakit Children Royal Melbourne ini terinspirasi dari helaian dedaunan. 

Baca Lainnya:   7 Jenis Jenis Pola Lantai Agar Rumah Tampak Menarik

Denah rumah sakit ini dikhususkan untuk pasien anak sehingga tercipta suasana yang menarik sehingga anak-anak tidak merasa takut untuk dibawa ke rumah sakit. 

Di dalam rumah sakit ini juga terdapat patung warna-warni dan akuarium raksasa yang megah. Dijamin anak-anak tidak akan rewel saat dirawat di rumah sakit ini.

Tidak ada alasan untuk menikmati keindahan gedung rumah sakit Harlem di New York. Bangunan rumah sakit tersebut seperti sebuah karya seni yang menakjubkan. Perancangnya adalah seorang arsitek yang luar biasa. 

Pada interior rumah sakit, dia mengubah panel kaca raksasa menjadi mural. Saat malam tiba, kaca ini akan memancarkan cahaya dari lukisan Martin Luther King, Jr. dan Ronald H. Brown yang menghubungkan paviliun-paviliun.

Rumah Sakit Hau Sheng yang terletak di Taiwan menawarkan interior bertema karakter kartun populer, Hello Kitty. Anda tidak akan menemukan ruang rawat inap yang membosankan di rumah sakit ini. 

Mulai dari sprei, bantal, gorden, bahkan dindingnya pun semuanya bernuansa pink dan Hello Kitty. Tak hanya memiliki interior yang unik, rumah sakit ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih disertai pelayanan yang ramah. 

Bahkan, para tenaga medis dan karyawan lainnya disini juga memakai seragam bertema Hello Kitty.

Warna-warna cerah memberikan tampilan berbeda di Rumah Sakit Anak Kemang di Jakarta, Indonesia. Cahaya di bagian atas jendela seolah menyinari interior ruangan dengan warna berbeda. 

Sang desainer Aboday asal Jakarta harus berpikir keras karena keterbatasan anggaran. Namun ternyata desain maupun interiornya cukup mendapat pujian luas.

Itu dia beberapa desain interior rumah sakit unik yang pastinya sangat nyaman untuk para pasien di rumah sakit tersebut.

Penulis

Audrey