4 Inspirasi Desain Interior Rumah Bambu untuk Percantik Hunian

Audrey

Inspirasi desain interior rumah bambu yang cantik saat ini tengah menjadi tren di kalangan pecinta alam dan penggemar arsitektur unik. Bahan alami yang digunakan dalam pembuatan rumah bambu mampu memberikan kehangatan, keindahan dan suasana alami. 

Desain rumah bambu menghadirkan estetika yang unik dan menyatu dengan lingkungan sekitar. Saat membahas tentang keindahan dan keunikan rumah bambu, Anda akan dapat memahami mengapa rumah bambu populer sebagai hunian yang ramah lingkungan.

Inspirasi Desain Interior Rumah Bambu

Desain interior memiliki peran penting dalam membentuk suasana suatu ruang. Walaupun eksterior sebuah rumah terlihat sederhana atau biasa saja, namun desain interior yang tepat dapat mengubah tampilan sebuah hunian menjadi menarik, fungsional dan atraktif. 

Desain interior mempunyai kemampuan mengoptimalkan pemanfaatan ruang. Perencanaan interior yang cerdas dapat mengubahnya menjadi sebuah ruang yang multifungsi, efisien dan nyaman digunakan.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, sebuah ruang dapat disulap menjadi tempat yang menyenangkan untuk tinggal, bekerja atau berkumpul tanpa mengandalkan kesan eksterior yang sederhana.

Sama halnya seperti rumah bambu cantik atau sekedar menambahkan interior bambu pada ruangan untuk menjadikannya menarik. Berikut beberapa ide atau inspirasi yang bisa Anda ikuti untuk membuat interior ruangan berbahan bambu.

Interior rumah bambu pertama yang bisa Anda coba adalah sofa minimalis berbahan bambu. Perabotan ini tidak boleh dilewatkan dan harus ada di ruang tamu. Karena fungsinya digunakan sebagai tempat duduk dan juga bersantai bersama keluarga dan tamu. 

Namun sofa yang sama terkesan biasa saja dan kurang menarik. Jadi Anda bisa menyiasatinya dengan sofa minimalis berbahan bambu. 

Jenis bambu yang cocok digunakan pada furniture adalah bambu dengan spesies Dendrocalamus asper. Kerajinan ini bisa Anda temukan dengan harga terjangkau dari pengrajin lokal bambu.

Baca Lainnya:   Jenis-Jenis dan Tips dalam Memilih Mesin Cuci yang Bagus

Meski bambu adalah sejenis tanaman rumput, akan tetapi lantai bambu sangat mirip dengan lantai kayu, bahkan dapat diperbaiki dengan cara yang sama. Bambu sama keras nya dengan jenis kayu kebanyakan dan juga tahan terhadap kelembaban.

Ada beberapa jenis lantai bambu dengan proses pembuatan yang berbeda, seperti Stranded Bamboo ( untaian bambu), Horizontal Bamboo Flooring (lantai bambu horizontal), dan Engineered Bamboo Flooring (rekayasa lantai bambu).

Interior rumah bambu ketiga yang bisa Anda coba adalah tirai berbahan bambu. Tirai sendiri mempunyai fungsi sebagai penutup jendela. Selain itu kegunaan gorden juga untuk mengatur cahaya agar bisa masuk ke dalam ruangan. 

Tak hanya itu, fungsinya juga digunakan untuk menutupi rumah agar tidak terlihat dari luar. Tirai bambu juga bisa digunakan sebagai pembatas antara ruangan satu dengan ruangan lainnya atau bisa juga disebut dengan partisi atau sekat. 

Interior bambu pada latar belakang ruangan menjadi ide yang cocok untuk Anda yang ingin memiliki hunian dengan kesan unik dan juga menarik. Bambu bisa menjadi pilihan pengganti dinding yang sudah terlihat sangat familiar.

Terkadang tampilan dinding yang polos dan monoton akan membuat Anda merasa bosan. Sehingga perlu adanya interior yang menarik, seperti memiliki background ruangan dengan dedaunan yang rimbun akan memberikan kesan natural pada rumah.

Demikian beberapa interior rumah bambu unik yang bisa dicoba. Ternyata mengaplikasikan bambu ke dalam hunian tidak akan mengurangi estetika interior Anda, jika Anda bisa mendekorasinya dengan baik dan tepat.

Penulis

Audrey