4 Biaya Interior Rumah Berdasarkan Jenis Perhitungannya

Audrey

Menciptakan hunian yang nyaman menjadi dambaan bagi setiap orang. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Anda membutuhkan jasa interior rumah yang handal. Untuk biaya interior rumah cukup beragam dari setiap jasanya.

Nyatanya biaya untuk mendesain rumah tidak semahal yang dipikirkan. Setiap orang pasti mampu membayarnya karena bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Agar  lebih hemat, Anda bisa menggunakan jasa desain interior terdekat.

Biaya Interior Rumah

Anda bisa mulai menghitung biaya interior rumah setelah mengetahui berapa besarannya. Setiap jasa interior memiliki kriteria pematokan harga yang ditetapkan berdasarkan jenisnya. Berikut penjelasan mengenai jenis dan biayanya:

Beberapa jasa interior rumah menggunakan patokan persentase dalam menentukan harganya. Penentuan harga ini cukup rumit  karena harus mengetahui keseluruhan biaya produksinya. Jadi, Anda selaku pemilik rumah perlu menghitung secara keseluruhan biaya produksi.

Nantinya pihak jasa interior akan mematok harga sekitar 3-7% dari total biaya produksi. Namun, bagi jasa interior rumah yang sudah kondang dan berkualitas akan mematok persentase lebih. Persentase tersebut bisa mencapai 10%.

Nah, Anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu ketika akan memilih jasa dengan jenis ini. Pasalnya, bisa jadi biaya yang dikeluarkan justru terlalu mahal. Agar tidak salah langkah, lebih baik konsultasi dengan ahlinya.

Biaya desain interior rumah jenis ini mungkin masih terasa asing bagi orang awam. Namun, Anda perlu memahaminya jika ingin mencari jasa interior terbaik. 

Maksud dari gambar per view adalah biaya interiornya dihitung berdasarkan gambar yang sudah jadi. Nantinya pihak jasa interior akan memberikan paket gambar kepada pemilik rumah untuk dilihat desainnya.

Baca Lainnya:   5 Inspirasi Warna Interior Rumah yang Cantik & Aesthetic

Banyak yang menganggap bahwa jenis jasa interior ini terbilang murah karena Anda bisa memperhitungkan sendiri biayanya. Apabila ingin menghemat pengeluaran, maka pilih gambar yang sederhana dan jumlahnya sedikit saja.

Biasanya, kisaran harga untuk gambar per view hanya Rp 750.000 saja. Namun apabila Anda menghendaki desain yang rumit dan mewah, harganya bisa bertambah.

Biaya interior rumah berdasarkan ukuran per meter persegi lebih banyak digunakan oleh jasa interior. Memang perhitungan ini cukup masuk akal dan menguntungkan kedua belah pihak. Pasalnya, pemilik rumah juga bisa mempertimbangkan sendiri biayanya.

Memang setiap jasa memiliki patokan tersendiri dalam menentukan harga per meternya. Hal tersebut bergantung pada kredibilitas dan kualitas yang dimiliki setiap jasa. Anda pun bisa menanyakan biaya pastinya per meter persegi.

Biasanya, harga per meter persegi berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 1.000.000. Anda bisa mulai merencanakan pembiayaannya mulai dari sekarang supaya sudah siap ketika akan merenovasi rumah.

Jasa interior dengan bayaran per jam ini lebih ke jasa konsultasi desain interior secara online. Jadi, Anda bisa melakukan konsultasi desain apa yang sekiranya cocok diterapkan pada rumah Anda.

Nantinya jasa interior tersebut akan memberikan desain dalam bentuk digital guna menentukan konsep interior rumahnya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan video call atau telepon untuk mendapatkan arahan secara jelas.

Biaya jasa desain interior ini berbeda-beda setiap jasanya. Hingga saat ini belum ada patokan yang pasti terkait biayanya.

Penutup

Itulah beberapa referensi biaya interior rumah yang wajib Anda ketahui. Sekarang Anda bisa menentukan jenis jasa interior mana yang akan dipilih karena sudah tahu kisaran biaya yang disiapkan.

Penulis

Audrey